Siaran Pers Kemenristekdikti
No: 20/SP/HM/BKKP/I/2019

Serahkan Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti, Menristekdikti Tekankan Insan Pers Merupakan Mitra Strategis dalam Mengedukasi Masyarakat Mengenai Program Kemenristekdikti

Jakarta – Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan apresiasi kepada jurnalis dan media yang telah turut mengedukasi masyarakat mengenai program dan kebijakan Kemenristekdikti dalam ajang Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2018. Penyerahan anugerah dilaksanakan dalam Acara Bedah Kinerja 2018 dan Fokus Kinerja 2019 yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta (28/1).

Menristekdikti Mohamad Nasir bersama Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’in, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Jamal Wiwoho, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwigjno, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, Staf Ahli Bidang Infrastruktur Heru Purnomo dan Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi secara bergantian menyerahkan apresiasi kepada para jurnalis dan media terbaik.

Menteri Nasir mengatakan bahwa jurnalis dan media merupakan mitra strategis Kemenristekdikti untuk mendesiminasikan program-program penting Kemenristekdikti yang sangat dibutuhkan dan berdampak langsung bagi masyarakat . Jurnalis dan media juga turut terlibat dalam pengembangan kebijakan Kemenristekdikti dengan memberikan masukan dan kritik membangun.

“Saya berterima kasih atas kerja sama antara kementerian dengan awak media yang ada di Indonesia. Kalau kita menjaga hubungan baik, pesan apa yang ada di kementerian itu akan sampai pada publik,” ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada Acara Bedah Kinerja 2018 dan Fokus Kinerja 2019 di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal Ainun Na’im mengatakan Anugerah Media dan Jurnalis Kemenristekdikti merupakan bentuk apresiasi Kemenristekdikti kepada insan pers dan media atas kontribusinya bagi pembangunan riset, teknologi dan pendidikan tinggi di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi mengatakan bahwa ada enam kategori dalam Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2018 yaitu Jurnalis Cetak Kategori Berita Pendidikan Tinggi, Jurnalis Cetak Kategori Berita Iptek, Jurnalis Online Kategori Berita Pendidikan Tinggi, Jurnalis Online Kategori Berita Iptek, Jurnalis Favorit dan Media Pendukung Program Kemenristekdikti.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Katergori Jurnalis Tereksis di Media Sosial merupakan kategori baru di tahun 2019 dan mendapatkan animo yang tinggi dari rekan-rekan jurnalis. Penilaian jurnalis dan media yang mendapatkan Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2018 berasal dari keterlibatan mereka dalam pemberitaan program dan kebijakan Kemenristekdikti sepanjang tahun 2018.

Penerima Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2018 sebagai berikut:
Jurnalis Cetak Kategori Berita Pendidikan Tinggi
1. Ester Lince Napitupulu (Kompas)
2. Hilmi Setiawan (Jawa Pos)
3. Maria Fatima Bona (Suara Pembaruan)

Jurnalis Cetak Kategori Berita Iptek
1. Yuni Ikawati (Kompas)
2. Prajtna Lydiasari (Suara Merdeka)
3. Rini Suryati (Kedaulatan Rakyat)

Jurnalis Online Kategori Berita Pendidikan Tinggi
1. Gumanti Awaliyah (Republika.co.id)
2. Mesyia Muhammad (JPNN.com)
3. Intan Yunelia (Medcom.id)

Jurnalis Online Kategori Berita Iptek
1. Yohanes Enggar Harususilo (Kompas.com)
2. Nur Faizah (Bisnis.com)
3. Virna Setyorini (Antaranews.com)

Jurnalis Favorit
1. Neneng Zubaidah (Sindo)
2. Syarief Oebaidillah (Media Indonesia)
3. Dian Warastuti (Waspada)

Jurnalis Tereksis Media Sosial
1. Citra Larasati (Medcom.id)
2. Indriani Eriza (Antara.com)

Jurnalis Tereksis Harapan
1. M. Hilmi Setiawan (Jawa Pos)
2. Maria Fatima Bona (Suara Pembaruan)
3. Meysa Muhammad (JPNN.com)

Media Massa Pendukung Program Kemenristekdikti
1. Tribunnews.com
2. Kompas
3. Metro TV

Pada kesempatan yang sama, didampingi Para Eselon I di lingkungan Kemenristekdikti, Menristekdikti juga meluncurkan Kode Akses Pusat Layanan Masyarakat 126. Sebelumnya, Kemenristekdikti menggunakan Call Center Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (Pintu) dengan nomor telepon 1500661. Kini, nomor telepon tersebut diganti menjadi 126, dalam rangka meningkatkan Layanan Informasi Publik, Layanan Pengaduan, dan Layanan Teknis Bidang Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Menristekdikti berharap dengan diluncurkannya call canter 126 dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik Kemenristekdikti.

Acara ini dihadiri Kepala LPNK dalam koordinasi Kemenristekdikti, Pimpinan Perguruan Tinggi se Jabodetabek, Kepala LLDikti Wilayah III, Pimpinan Bank Mandiri, Pimpinan Bank BRI, Pejabat Eselon II di lingkungan Kemenristekdikti, Pimpinan Redaksi Media Massa dan Jurnalis media cetak, elektronik dan daring dan tamu undangan lainnya.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti

Instagram: @Ristekdikti
Twitter: @Kemristekdikti
Facebook: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
YouTube: Ristekdikti TV
Website : https://ristekdikti.go.id

 

Please follow and like us:
18