Mahasiswa di Indonesia merupakan aset SDM untuk menjalankan pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Sejalan dengan program pemerintah yang fokus pengembangan SDM, Direktorat Kemahasissaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan melaksanakan kegiatan Penyamaan Persepsi untuk Calon Reviewer tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di kampus UNY pada tanggal 25-26 Januari 2019.

Rektor UNY, Prof Sutrisna Wibawa dalam sambutannya mengatakan pentingnya program kreativitas mahasiswa sebagai upaya mengembangkan mahasiswa yang unggul dan berdaya saing. Sutrisna menambahkan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa merupakan program yang strategis pada setiap perguruan tinggi. Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin mengatakan kegiatan Penyamaan Persepsi diikuti oleh 100 orang Dosen dari perwakilan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Didin menjelaskan tentang 4C yang harus dimiliki, yaitu Critical Thiking, Creative Thinking, Colaboration, dan Communication. Didin berharap Program Kreativitas Mahasiswa dapat mendorong inovasi dan pemikiran baru untuk Bangsa Indonesia. Nara Sumber kegiatan tersebut diantaranya: Misbah Fikrianto (Kasubdit Penalaran dan Kreativitas), Prof Ronny (IPB), Bandung AS (ITS), Sukinah (UNY), Tendy (ITB), Dwi Indwiani (UGM). Pada tahun 2019, Proposal PKM tembus diatas 45.000, hasil ini merupakan jumlah yang luar biasa.

Proposal tersebut nantinya akan direview dan sampai pada puncaknya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Harapannya mahasiswa di Indonesia semakin berprestasi dan memiliki kreativitas untuk berdaya saing.

 

Layanan Informasi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Kemenristekdikti

Please follow and like us:
18