Siara Pers

Asosiasi Pengelola Jurnal Ilmu Komunikasi (APJIKI) menyelenggarakan Workshop Tata Kelola Jurnal Ilmiah, Jumat (22/03/2019). Workshop ini merupakan kolaborasi APJIKi dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Bali, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Bali, The London School of Public Relations (LSPR) Bali, dan Jurnal Medium Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Auditorium LSPR Bali dengan mengangkat tema “Menuju Jurnal Internasional Bereputasi.”

Dr. Lestari Nurhayati, M.Si., selaku Sekretaris Jendral APJIKI mengatakan ia sangat berterima kasih kepada seluruh pihak sehingga acara ini dapat diselenggarakan workshop ini. “ini merupakan kegiatan yang sangat unik karena melibatkan banyak stakeholder yang sifatnya jarak jauh namun tetap lancar,” ujarnya. Dr. Rustono Farady Marta, S.Sos., M.Med.Kom. yang akrab dipanggil Frad selaku Ketua I APJIKI menambahkan bahwa kegiatan ini memperingati tahun kedua deklarasi APJIKI dan kegiatan pertama yang diselenggarakan di luar pulau Jawa.

Workshop kali ini menghadirkan dua pembicara yang ahli dalam bidang jurnal. Mereka adalah Muhamad Mustaqim, MM., M.Pd.I selaku Managing Editor Qudus International Journal Islamic Studies (QIJIS) dan Dr. Lukman, S.T.,M.Hum. selaku Kepala Subdirektorat Fasilitas Jurnal Ilmiah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI). Berbagai solusi persiapan jurnal ilmiah menuju standar internasional dibagikan secara sistematis, ditambahkan pula berbagai fasilitas tambahan KEMENRISTEKDIKTI yang memudahkan para pengelola mengoptimalkan publikasinya. Dikti akan melakukan kerja sama dg para asosiasi pengelola jurnal termasuk APJIKI untuk memperoleh dana pemberdayaan jurnal ke arah akreditasi Sinta. Asosiasi
mendapatkan prioritas untuk dibantu dalam proses klinik mengakreditasikan jurnalnya masuk Sinta maksimal Sinta3. Perlu passion selaku pengelola jurnal yang menentukan kontinuitas dan kredibilitas untuk diakreditasi” ujar Frad yang bertindak sebagai moderator. Diharapkan peserta mampu memanfaatkan kesempatan ini untuk peningkatan mutu jurnal yang dikelolanya dan mengembangkan nilai-nilai kerja sama baik di bidang asosiasi maupun akademis.

Pada akhir acara ditutup dengan penandatanganan MoU antara Ketua Umum APJIKI Dr. Puji Lestari,SIP, M.Si (yang juga Editor in Chief Jurnal Komunikasi ASPIKOM terakreditasi Sinta2 ) dengan 13 pengelola jurnal komunikasi yang berasal dari Medan, Palu, Gontor, Mataram, Semarang, Jakarta, Bandung, Banten, Cirebon, dan Surabaya. Ketua Umum APJIKI yang juga dosen UPN”Veteran” Yogyakarta akan selalu mendukung program Kemristekdikti untuk pengembangan jurnal Ilmu Komunikasi menuju akreditasi Sinta dan jurnal bereputasi internasional. (mnd/lsa/pj Apjiki Apjiki)

Puji Lestari
Ketua Umum APJIKI