Ristek Headline |
Jumat 28 Agustus 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 19 Agustus 2015
The 5th Steering Committee Meeting in The Field of Geothermal Energy

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
Info Pengadaan Barang Dan Jasa

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 28 April 2011
Menristek Membuka Workshop "Dampak Kenaikan Permukaan Laut Pada Lingkungan Pantai Indonesia"
Print PDF Facebook Twitter Email

Dampak pemanasan global sudah sangat serius dan kian nyata berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Meningkatnya suhu bumi menyebabkan lapisan es di antartika dan greenland semakin menipis dan menyebabkan kenaikan permukaan laut. Indonesia sebagai negara kepulauan perlu meningkatkan kewaspadaannya, terutama dalam menghadapi dampak kenaikan permukaan laut yang mengancam wilayah pantai dan pesisir indonesia beserta infrastrukturnya.

Dalam upaya mengantisipasi dampak kenaikan permukaan laut dilingkungan pantai negara kita, Bakosurtanal menyelenggarakan workshop "Dampak Kenaikan Permukaan Laut Pada Lingkungan Pantai Indonesia"

Workshop  "Dampak Kenaikan Permukaan Laut Pada Lingkungan Pantai Indonesia" telah dibuka oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata, pada Rabu, 27 April 2011, kemarin, bertempat di Hotel Santika.

Menteri Negara Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata mengatakan, dampak lain dari pemanasan global misalnya adalah munculnya ancaman terhadap keanekaragaman hayati, meningkatnya berbagai hama dan penyakit (yang mengancam menurunkan produksi pangan), dan kerusakan terumbu karang yang dikhawatirkan merusak kehidupan masyarakat lokal yang berada disekitarnya.

"Dengan memahami hal diatas, sudah seharusnya komunitas Iptek bersatu dan bersinergi untuk mengembangkan berbagai teknologi yang mampu menjadikan kita beradaptasi dan bermitigasi terhadap pemanasan global, atau sekarang dikenal sebagai teknologi hijau (teknologi ramah lingkungan)"ujar, Menristek.

Lebih lanjut, Menristek mengatakan, komunitas iptek harus berkontribusi untuk melengkapi data sehingga kebijakan dan perencanaan program yang diambil akan semakin tepat sasaran. Data fenomena pemanasan global dan dampaknya pasti terkait dengan posisi, sehingga data dan informasi merupakan hal yang esensial untuk dimiliki.

Kebijakan dan program strategis terkait adaptasi dan mitigasi pemanasan global yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat perlu disosialisasikan dan didiskusikan bersama dalam workshop ini. Strategi nasional yang kita lakukan sekarang dalam menghadapi pemanasan global akan menetukan kualitas lingkungan kita di masa depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam workshop ini telah menghadirkan pembicara utama yaitu Kepala Bakosurtanal, Kepala BMKG, Kepala Balitbang Kementerian PU, Deputi  Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Kesra, Deputi Bidang Pemetaan Dasar Bakosurtanal, dan Deputi Bidang Sumber Daya Alam Bakosurtanal. (md/humasristek)



Senin 24 Agustus 2015
Sekjen Kemenristekdikti : Mahasiswa UNSOED Harus Jadi Pemimpin Berkarakter Kebangsaan
Senin 24 Agustus 2015
Workshop and Exhibition SATREPS 2015
Senin 24 Agustus 2015
KKN Kebangsaan: Pengabdian dan Pemupukan Rasa Persatuan dan Cinta Tanah Air
Sabtu 22 Agustus 2015
Menristekdikti Kunjungi Kampus 2 UNIPA Sorong
Jumat 21 Agustus 2015
Menristekdikti Kembangkan STP di Papua Barat
Kamis 20 Agustus 2015
Dies Natalis UNM: Menristekdikti Hadiri Seminar Nasional dan Internasional
Senin 17 Agustus 2015
Menko Maritim Pimpin Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-70
Senin 17 Agustus 2015
Menristekdikti Lepas Mobil Surya ITS
Kamis 13 Agustus 2015
Menristekdikti Hadiri Serah Terima Jabatan Menko Maritim
Rabu 12 Agustus 2015
FGD: Membedah Industri Albumin dari Segala Aspek
[ Berita lainnya ]