Ristek Headline |
Wednesday, April 23, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, October 14, 2010
Inovasi Teknologi Menuju Peningkatan Daya Saing Industri Berbasis Potensi Daerah
Print PDF Facebook Twitter Email

Salah satu elemen penting dalam upaya penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas) adalah Sistem Inovasi Daerah (SIDA). SIDA merupakan upaya pemberdayaan iptek dan inovasi berdasarkan keunggulan lokal. Pemberdayaan ini tentunya merupakan salah satu cara untuk mendorong produktifitas masyarakat sehingga diharapkan akan memperkuat pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional.

“Kami meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi nasional ke depan akan lebih banyak tertumpu pada sumber-sumber pertumbuhan baru di daerah. Dengan munculnya produk-produk unggulan daerah yang dikemas dengan teknologi yang diproduksi oleh para pelaku usaha di daerah, hal ini akan semakin meningkatkan pendapatan daerah dan mengurangi ketergantungan daerah pada eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan,” jelas Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata pada saat memberikan sambutan pada Launching Sistem Inovasi Daerah (SIDA) di Palembang, 14 Oktober 2010.

Lebih lanjut Menristek menegaskan bahwa kolaborasi antar aktor-aktor dalam Sistem Inovasi merupakan faktor kunci  untuk mewujudkan inovasi yang dapat meningkatkan perekonomian daerah berbasis potensi unggulan daerah. “SIDa memerlukan dukungan penuh kebijakan, tidak hanya kebijakan iptek namun juga kebijakan ekonomi, industri, pengembangan SDM, dan faktor terkait lainnya.  Kolaborasi antar aktor-aktor inovasi yang baik dapat terwujud dalam bentuk sinergi yang baik bila pemerintah dapat berperan dengan baik sebagai “nakhkoda”, ujar Suharna.

Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan telah mempunyai komitmen untuk mengembangkan SIDa yang berbasis potensi daerah.  Komitmen ini telah dituangkan dalam Rencana Aksi yang disusun oleh Balitbangda Pemprov Sumatera Selatan. Salah satu rencana aksi yang sedang dilaksanakan oleh Pemprov Sumsel adalah menata dan memperbarui infrastuktur mulai dari jalan hingga pelabuhan. Hal ini tentunya merupakan upaya untuk menarik investor datang dan menanamkan modal di bidang-bidang ekonomi, terutama yang terkait dengan inovasi dan teknologi.

Oleh karena itu diharapkan Gubernur Sumatera Selatan dapat memimpin kolaborasi antar actor-aktor sistem inovasi di Sumatera Selatan.  Menurut Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, inovasi daerah sangat erat kaitannya dengan daya saing daerah. “Daya saing daerah ini awalnya dimulai dengan dukungan rakyat.  Rakyat akan mendukung apabila ada hal yang  unggul dan dapat dibanggakan”, ujar Alex.
Keunggulan Provinsi Sumsel sebagai penghasil karet terbesar di Indonesia, dimanfaatkan oleh Pemprov dan Balitbangda dengan pengembangan teknologi karet.  “Oleh karena itu, apresiasi perlu diberikan sebesar-besarnya terhadap upaya yang dikoordinir Balitbangda untuk mengembangkan SIDA dengan focus teknologi karet di Provinsi Sumsel ini”, ujar Suharna.

Pada acara ini Menristek turut menandatangai kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tentang kerja sama Pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Sumatera Selatan yang kemudian dilanjutkan dengan  penabuhan beduk sebagai tanda Launching Sistem Inovasi Daerah Sumatera Selatan yang merupakan launching SIDA pertama di Indonesia. 
Pada acara yang dihadiri sekitar 300 orang ini turut hadir Deputi Bidang Jaringan IPTEK, Idwan Suhardi, Kepala BPPT, Marzan Iskandar, Kepala LIPI, Lukman Hakim, Rektor Universitas Sriwijaya, Badia Perizade, Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UKM serta perwakilan dari Balitbangda dari hampir seluruh provinsi se-Indonesia, Balitbang Kementerian Depdagri, Unsur Pimpinan Daerah Se-Sumatera Selatan, Universitas Sriwijaya, Industri/bisnis dan pemangku kepentingan lainnya.

Pembukaan Pameran Teknologi
Dalam kesempatan itu juga, Menristek didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Kepala BPPT, Kepala LIPI dan Kepala Balitbangda membuka Pameran Teknologi  yang akan berlangsung pada 14-16 Oktober di Lapangan Parkir Stadion Bumi Sriwijaya dan berkesempatan meninjau beberapa stand peserta pameran.

Di stand Balitbangda Pemprov Sumsel, Menristek ditunjukkan hasil inovasi berupa kapal cepat yang dilengkapi dengan kipas di bagian atas. Hal ini untuk menghindari kipas tersangkut tanaman rawa, ujar Kepala Balitbangda Pemprov, Eko Retnaningsih. Selain itu, Menristek dan Gubernur Sumsel berkesempatan meninjau stand Universitas Sriwijaya dan melihat hasil-hasil inovasi berupa model roket dan robot buatan mahasiswa.

Diharapkan dengan adanya inovasi dari berbagai unsur masyarakat dan keterlibatan akademisi serta mahasiswa akan semakin memperkuat kegiatan litbang yang terpadu dengan proses produksi pada industri di daerah. Kementerian Ristek juga akan terus mendorong agar pemuda dan mahasiswa di daerah banyak tumbuh menjadi para teknoprenur berbasis iptek. (asn/mha/ad-ikm/humasristek)



Tuesday, April 22, 2014
PP-IPTEK Rayakan Ke-23 Tahun Eksistensinya Dalam Pembudayaan Iptek
Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK
Tuesday, April 22, 2014
Sosialisasi Kode Etik Penelitian di Universitas Jember
Tuesday, April 22, 2014
Free Access Jurnal Ilmiah Internasional bagi LPNK-RISTEK
Monday, April 21, 2014
Peningkatan Kapasitas SDM Iptek Melalui Program Jenesys 2.0
Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
[ Berita lainnya ]