Ristek Headline |
Monday, April 21, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Friday, April 11, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, September 1, 2005
Seminar “Memasyarakatkan Teknologi Daur Ulang Sampah Skala Rumah Tangga”
Print PDF Facebook Twitter Email
Masih dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Ke-10, Dharma Wanita Ristek dan LPND Ristek ikut berpartisipasi dengan menyelenggarakan sebuah seminar “Memasyarakatkan Teknologi Daur Ulang Sampah Skala Rumah Tangga”. Acara ini akan diawali dengan pembukaan Bazar oleh Ibu Sri Kusmayanto Kadiman sebagai penasehat Dharma wanita Ristek & LPND Ristek (LIPI, LAPAN, BATAN, BAKOSURTANAL, BAPETEN, BSN, dan BPPT). Seminar juga dihadiri oleh Sesmen Ristek mewakili Menristek sekaligus membuka acara ini. Tiga Nara sumber akan memaparkan pengetahuannya dan membagi pengalamannya kepada seluruh peserta seminar. Peserta seminar adalah dari organisasi Darma Wanita termasuk Ibu Kabinet Indonesia Bersatu dan LSM Perempuan.

Peduli sampah di rumah adalah sebuah kepedulian akan pentingnya usaha meminimalisir atau mereduksi jumlah sampah rumah tangga dengan menggunakan kembali (reuse) material-material yang masih dapat dimanfaatkan, demikian dikatakan oleh Dr. Ir. Tusi A. Adibroto, M.Si dari BPPT dalam makalahnya berjudul “Sistem Teknologi Pengelolaan Sampah Kota Secara Terpadu”. Dua nara sumber lain juga akan memberikan pengetahuannya yaitu Ibu Lala Ghozali, dari Gerakan Peduli Lingkungan Pekayon-Pondok Pekayon Indah -Bekasi selatan dengan judul “Peluang dan Tantangan Usaha Daur Ulang Sampah Rumah Tangga”. Organisasi ini berdiri sejak 4 April 2003, dengan visi misinya telah berhasil mendapatkan penghargaan peduli lingkungan dari wali kota bekasi dan gubernur Jawa Barat.

Pembicara selanjutnya, Ibu Harini Bambang Wahono dengan topik “Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Sampah”, mengatakan bahwa dapur adalah sumber sampah yang paling kecil, namun jika sampah ini dikelola maka jumlah sampah yang timbul akan dapat ditekan. Ibu-ibu rumah tangga hanya memerlukan kesadaran dan kepedulian, namun tugas ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat dan pemerintah. Dalam makalahnya akan disampaikan kita-kiat menanggulangi sampah dengan prinsip 3 R (reuse, reduce and recycling) yaitu mengurangi, memakai kembali dan mendaur ulang.

Pada akhir seminar akan diadakan Kunjungan ke Banjarsari-Cilandak, Jakarta Selatan yaitu sebuah percontohan pengelolaan sampah dengan teknologi sederhana yang limbahnya dapat dimanfaatkan kembali, antara lain menjadi pupuk, kertas daur ulang, dsb. (humasristek)


Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Monday, April 7, 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Monday, April 7, 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Monday, April 7, 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Thursday, April 3, 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Thursday, April 3, 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
Wednesday, April 2, 2014
Kunjungan Mahasiswa UNLAM ke Pusat Studi Biofarmaka IPB
[ Berita lainnya ]