Ristek Headline |
Senin 26 Januari 2015
 
 

Ristek TV
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Senin 19 Januari 2015
Penandatanganan Nota Kesepahaman Penegerian Universitas Andi Djemma

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 04 Oktober 2011
Pra-Rakornas: Pembahasan Materi Komisi Pangan dan Pertanian
Print PDF Facebook Twitter Email

Sebagai tindaklanjut dari audiensi Kementerian Ristek kepada Kepala Balitbang Kementerian Pertanian tentang kesediaan menjadi ketua komisi Pangan – Pertanian pada penyelenggaraan Rakornas Ristek 2011, telah diselenggarakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan materi komisi pangan dan pertanian pada hari Jumat, 30 September 2011.

Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Haryono. Dalam sambutan pembukaannya, Haryono mengatakan bahwa Kementerian Pertanian dalam upaya pemenuhan kecukupan pangan di Indonesia telah menyusun roadmap pangan yang merujuk pada RPJMN, serta menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah lainnya seperti Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Oleh karena itu, terjadi perubahan-perubahan dinamis, terutama pada target-target produksi.

Kementerian Ristek sebagai penyelenggara Rakornas Ristek menyampaikan bahwa isu yang akan diangkat dalam Rakornas meliputi tindaklanjut Rakornas 2010, MP3EI, dan tindaklanjut Hakteknas 2011.  Demikian kata Teguh Rahardjo deputi bidang relevansi dan produktivitivas Iptek di awal membuka rapat tersebut.  Lebih lanjut dikatakan bahwa tema Rakornas Ristek 2011 adalah “Sinergi R&D Nasional untuk meningkatkan kemampuan SDM dan Iptek Nasional”. Untuk itu, Rakornas Ristek 2011 diharapkan akan menghasilkan produk/isu yang menjadi target bersama, peta permasalahan secara komprehensif serta dukungan/intervensi Pemerintah yang diperlukan untuk mempercepat tercapainya target tersebut.

Dalam penyiapan materi komisi pangan dan pertanian, Haryono menyarankan agar materi difokuskan untuk mendukung MP3EI terutama pada program dan kegiatan di koridor Sulawesi, Maluku dan Papua serta bidang pangan lainnya yang potensial dan menjadi fokus nasional di lintas koridor.

Beberapa permasalahan dalam pengembangan bidang pangan dan pertanian pun telah diidentifikasi, diantaranya adalah luasan areal tanam/pertanian yang hanya mencapai angka 0.3 Ha/petani; kebijakan otonomi daerah yang menyulitkan kendali produksi pangan dari Pusat; diversifikasi pangan, teknologi pasca panen serta ancaman perubahan iklim.

Hadir dalam pembahasan materi komisi pangan dan pertanian adalah Kepala Balitbang Kementerian Pertanian dan jajarannya, BATAN, BPPT, LIPI, LAPAN, BAPPENAS dan internal Ristek diwakili oleh Deputi Bidang Kelembagaan, Staf Ahli Bidang Pangan dan Pertanian, Deputi Bidang Relevansi dan Produktivitas Iptek, dan Asisten Deputi Relevansi Kebijakan Riptek.  Untuk penyempurnaan materi sidang komisi, Tim sepakat akan melakukan pertemuan kembali untuk pembahasan materi lebih detil. (ad1-dep4/ humasristek)



Jumat 23 Januari 2015
Peluncuran Gerakan Bugar dengan Jamu
Senin 19 Januari 2015
Penandatanganan Nota Kesepahaman Penegerian Universitas Andi Djemma
Sabtu 17 Januari 2015
Kunjungan Menristekdikti ke Politeknik Negeri Jember
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Jember
Jumat 16 Januari 2015
Menristekdikti Terima Audiensi Walikota Tangsel tentang Penyelenggaraan TGIF 2016
Kamis 15 Januari 2015
Menristekdikti Luncurkan SNMPTN 2015
Rabu 14 Januari 2015
Menristekdikti Hadiri Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil Ketua MK
Jumat 09 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman
Kamis 08 Januari 2015
Mendorong Perguruan Tinggi Dalam Rangka Menghadapi MEA
[ Berita lainnya ]