Ristek Headline |
Selasa 04 Agustus 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 03 Juli 2015
DWP Menyambut Bulan Suci Ramadhan

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 26 September 2011
Pengembangan Industri Berbasis Teknologi
Print PDF Facebook Twitter Email

Upaya untuk mendorong perkembangan industri pemula berbasis teknologi, perlu mendapat perhatian yang serius dalam upaya penguatan inovasi nasional. Kecenderungan perkembangan perekonomian yang sehat dan berdaya saing akan makin ditentukan oleh kemampuan menumbuhkembangkan inovasi. Dalam tahap inilah perkembangan industri pemula atau perusahaan baru berbasis teknologi menjadi makin penting. Salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan industri berbasis teknologi dapat dilihat dari perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Bali.

Data dan informasi tentang hal tersebut bisa diperoleh dengan cara melakukan pertemuan/diskusi  yang dilakukan oleh Kabid Legislasi Iptek di Kantor Dinas Perindag Koperasi Kab/Kota Bali dimana telah melakukan pembinaan Koperasi dan UKM melalui pembinaan strategis di bidang perdagangan, pertanian, non pertanian dan aneka jasa seperti tatarias wajah dan rambut, tata boga, anyaman, diklat internet dan teknologi (online shopping). Demikian dikatakan oleh Ayu Sri Wahyuni yang mewakili Kabid Pengkajian dan Pengembangan Dinas Koperasi, Propinsi Bali. Sebagai contoh dari data keragaan UKM Provinsi Bali per 30 Juni 2011 antara lain diperoleh data sebagai berikut : Industri Perdagangan (sektor formal dan informal) berada di Kabupaten Bangli dengan jumlah sekitar 23.573; Industri Pertanian (sektor formal dan informal) berada di Kabupaten Gianyar dengan jumlah sekitar 33.858; Industri Non Pertanian (sektor formal dan informal) berada di Kabupaten Gianyar dengan jumlah sekitar 21.728; dan Aneka Jasa (sektor formal dan informal) berada di Kabupaten Jembrana dengan jumlah sekitar 5.461.

Sedangkan Kepala UPT UMKM Provinsi Bali, Subrati mengatakan bahwa industri rumahan kebanyakan belum banyak tersentuh teknologi seperti pada hasil anyaman , ukiran, pengembangan bidang pertanian seperti strawberry di desa Pancasari (Bedugul) dan pelatihan pembuatan kripik talas dan kepada masyarakat desa setempat diberikan pelatihan untuk pengolahan hasil pertaniannya. Untuk kerajinan anyaman berada di Kabupaten Gianyar, namun belum dikembangkan secara teknologi dan belum ada kerjasama dengan para pihak terkait.

Diskusi terselenggara atas kerjasama Dinas Perindag Koperasi, UPT UMKM Propinsi Bali pada hari, Rabu  21 September 2011 dengan menyimpulkan bahwa masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan mengimplementasikan iptek ke dalam inovasi dengan teknologinya yang berbasis pada kebutuhan masyarakat, sehingga diharapkan dengan penguasaan dan pemanfaatan teknologi serta sumber daya manusia yang handal dan terampil dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. (kaprog-adleg.dki/ ad4-dep1/ humasristek)



Kamis 30 Juli 2015
KPU Libatkan Kemenristekdikti Dalam Verifikasi Ijazah Calon Kepala Daerah
Rabu 29 Juli 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Riau
Rabu 29 Juli 2015
Menristekditi: Mahasiswa Harus Menjadi Agen of Change
Rabu 22 Juli 2015
Kemenristekdikti Gelar Halal Bihalal Usai Ramadhan 1436 H.
Rabu 08 Juli 2015
Rapat Pra Rakornas Tahap ke- 2
Minggu 05 Juli 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Muria Kudus
Jumat 03 Juli 2015
Buka Bersama Kemenristekdikti
Jumat 03 Juli 2015
Menristekdikti Terima Kunjungan Duta Besar Jerman
Rabu 01 Juli 2015
Pelantikan Dirjen di Kemenristekdikti
Minggu 28 Juni 2015
Menristekdikti Kunjungi UNTAD
[ Berita lainnya ]