Ristek Headline |
Kamis 03 September 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 19 Agustus 2015
The 5th Steering Committee Meeting in The Field of Geothermal Energy

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
Info Pengadaan Barang Dan Jasa

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 22 September 2011
Iptek Voice : Peningkatan Penelitian Iptek di Bidang Pertanian
Print PDF Facebook Twitter Email

Di bidang pertanian dan ketahanan pangan, iptek telah mampu meningkatkan produktivitas dan mutu hasil pertanian. Akan tetapi sementara itu, Indonesia masih terus membangun kemampuan bidang pertaniannya dengan berbagai peningkatan risetnya. Kegiatan penelitian di Indonesia masih terus didorong menjadi prioritas utama dalam rencana strategis pembangungan nasional.


Terkait dengan hal tersebut, diperlukan strategi yang terpadu dan kerjasama antar stakeholder bidang pertanian agar penelitian bidang pertanian semakin dapat berkontribusi didalam pembangunan nasional.


Maka, Kesepakatan Bersama antara Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pertanian tentang Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Pertanian dilakukan untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis sumber daya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor dan kesejahteraan petani, maka diperlukan kerjasama antara Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pertanian agar bisa menghasilkan inovasi yang mendukung tercapainya program tersebut.


“Kesepakatan bersama ini dilakukan dalam rangka mendukung peningkatan kemandirian pangan, kita ingin meningkatkan produksi salah satunya dengan jalur intensifikasi yang dituang dalam riset. Kerjasama ini menjadi penting agar penelitian ke depan terfokus sehingga bsia dikerjakan bersama, diharapkan akan menghasilkan output lebih baik drpd bekerja sendiri-sendiri. Misalnya melalui peningkatan bibit unggul yang berkualitas sehingga produktivitas bisa lebih dari sekarang,” kata Menteri Pertanian RI, Siswono, pada 20 September 2011. 


Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata mengatakan dana riset untuk bidang pangan cukup besar, yang menjadi penting adalah apa yang dibutuhkan untuk kementerian teknis saat ini.


“Jangan biarkan peneliti melakukan riset yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak ada gap antara kebutuhan dengan kemampuan inovasi. Kita jembatani dengan bangun sinergi ini. Sehingga kedepan kontribusi iptek dengan pembangunan bidang pangan akan lebih dirasakan sehingga prodfuktivitas dalam membangun kemandirian  pangan akan tercapai,”kata Suharna.


Menristek juga menyampaikan,  pilar peningkatan SDM dan kemampuan iptek harus diperhatikan secara serius. Kalau pembangunan bangsa ini hanya berbasis pada sumber daya alam maka pertumbuhan perekonomian tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)





Jumat 25 September 2015
Science Camp Nasional 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Indonesia Meraih Medali Emas dalam Asean Plus Three Junior Science Odyssey 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Lahirkan Para Intelektual Muda
Jumat 28 Agustus 2015
Menristekdikti: Saatnya Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian
Jumat 28 Agustus 2015
Pelantikan Eselon 2 Kemenristekdikti: Energi Baru di Lingkungan Kemenristekdikti
Kamis 27 Agustus 2015
Menristekdikti: Perbaikan yang Tepat Sasaran
Senin 24 Agustus 2015
Sekjen Kemenristekdikti : Mahasiswa UNSOED Harus Jadi Pemimpin Berkarakter Kebangsaan
Senin 24 Agustus 2015
Workshop and Exhibition SATREPS 2015
Senin 24 Agustus 2015
KKN Kebangsaan: Pengabdian dan Pemupukan Rasa Persatuan dan Cinta Tanah Air
Sabtu 22 Agustus 2015
Menristekdikti Kunjungi Kampus 2 UNIPA Sorong
[ Berita lainnya ]