Membangun Sinergi Kelembagaan Iptek
Monday, January 31, 2011

Deputi Bidang Kelembagaan Iptek, Benyamin Lakitan menyatakan, kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) ditujukan untuk menguatkan Sistem Inovasi Nasional (SINas), sekaligus membangun sinergi kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Hal tersebut disampaikan pada Rapat Kerja Deputi Bidang Kelembagaan Iptek yang bertempat di Lantai 8 Gedung 2 BPPT, pada hari Selasa 25 Januari 2011 yang lalu.

Dalam acara tersebut hadir Staf Ahi Menteri Bidang Pangan dan Pertanian, Masrizal, Staf Khusus Menteri Hubungan Lembaga, Tjahyo Pranoto,  Asdep Pengembangan Kelembagaan Iptek Fajar Suprapto, Asdep Penataan Kelembagaan, Sadjuga, Asdep Kompetensi Kelembagaan I Wayan Budiastra, Asdep Legislasi Iptek, Dadit Herdikiagung, Asdep Budaya dan Etika, Vemmie Diana Koswara, serta seluruh Kabid dan kasubid serta staff deputi kelembagaan Iptek.

”Penguatan SINas dilakukan dengan mensinergikan pilar (panggung) SINas berupa kebijakan ekonomi, infrastruktur sosial, pendidikan, ketenagakerjaan, iptek serta pajak dan keuangan. Sinergitas ini ditujukan agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi antara kebutuhan dan supply teknologi bagi pengguna dan pengembang teknologi selaku aktor utama SINas,” ujar Benyamin pada kesempatan tersebut.

Staf Khusus Menteri Hubungan Lembaga, Tjahyo Pranoto juga menegaskan, melalui SINas, diharapkan kapasitas adopsi, inovasi dan diseminasi teknologi untuk masyarakat dapat terwujud, dan terjadi akomodasi teknologi yang diselaraskan dengan kebutuhan pasar. Tjahyo menghimbau, untuk menghasilkan kebijakan iptek yang efektif, maka harus dihindari kegiatan yang tumpang tindih dan parsial melalui keterbukaan komunikasi lintas deputi. Hal ini ditujukan agar terjadi pengawalan secara efektif dan menghindari capaian orientasi pelaksanaan program kerja yang hanya sebatas administratif.

Perumusan kebijakan harus dilakukan secara pro aktif agar dapat menghasilkan kebijakan yang dapat diimplementasikan kementerian teknis terkait lainnya, sehingga tercapai keberhasilan penguatan SINas.

Pada raker tersebut, masing-masing Asisten Deputi (Asdep) mempresentasikan kegiatannya untuk tahun 2011, dengan tujuan agar menghasilkan kegiatan yang selaras dan menghindari tumpang tindih antar asisten deputi. Selain itu, juga dibahas mengenai upaya yang dilakukan untuk menguatkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).

Rangkaian acara raker ditutup dengan kegiatan gathering yang diselenggararakan di Kebun Raya Cibodas, Bogor,  pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 28-29 Januari 2011. Kegiatan gathering ini ditujukan untuk memperkuat rasa kekeluargaan internal kedeputian dan membentuk karakter individu yang profesional, percaya diri, dan memiliki komitmen kerjasama dengan tujuan untuk mencapai kinerja lembaga yang lebih baik. (Dep-KI/AN/humasristek)