Lomba Kreatifitas Anak Dan Guru TK Tingkat Kota Tanggerang Selatan Tahun 2010
Jumat 16 April 2010

Pendidikan Anak Pada Usia Dini (PAUD) merupakan tanggung jawab seluruh elemen Masyarakat, bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah saja. Dengan hal tersebut diharapkan anak-anak dapat mengem,bangkan kreatifitasnya sesuai umur dan kemampuannya. Hal ini sejalan dengan program pemerintah seperti yang disampaikan Presiden SBY  pada 25 Juni tahun lalu pada Pekan Produk Kreatif 2009 (PPKI) mengatakan perlunya memberikan pendidikan kreatif kepada anak sedini mungkin. Tujuannya agar anak memiliki kreativitas dan inovasi di bidang produksi kreatif.

Sebanyak 396  Taman Kanak-kanak (TK) di kota Tangerang selatan mengikuti dalam lomba kreativitas dalam rangkaian menyambut hari Pendidikan Nasional . Lomba kreatifitas yang melibatkan guru dan anak-anak TK antara lain lomba rancang bangun, menyanyi solo, senam irama ceria, kolase, tari kreasi guru, mewarnai gambar dan melukis, finger painting serta lomba untuk guru adalah paduan suara, membuat alat peraga edukasi, clift chart/gambar/poster balik.

Tujuan dari lomba ini adalah untuk menumbuhkan sikap sportif, displin, jujur dan kebersamaan, mengembangkan 7 bidang pengembangan yang ada di TK, memperkenalkan serta mengembangkan rasa berkompetensi secara sehat, mempererat rasa persaudaraan dan sikap saling menghargai serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak didik, antar guru TK ujar kepala Dinas Pendidikan kota Tangerang Selatan dalam sambutannya.


Acara ini dilangsungkan pada hari kamis tanggal 15 April 2010 di gedung Graha widya Bakti hasil kerjasama antara Puspiptek, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak dan Dinas Pendidikan kota Tangerang Selatan. Hadir pada acara adalah Wali kota Tangerang Selatan, HM. Shaleh Kepala Dinas Pendidikan Tangerang Selatan Drs.Dadang Sofyan, Kepala Puspiptek R.Jeni Ruslan serta Ketua forum pemerhati pendidikan Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany.

Pada kesempatan acara dalam sambutannya Kepala Dinas Kota Tangerang Selatan menyampaikan Ucapan terima kasih  Kepada Puspiptek yang telah memfasilitasi semua lomba ini ditempat yang cukup megah. Selanjutnya pada saat sambutan kepala Puspiptek mengatakan bahwa berharap dari sekian banyak anak anak yang hadir di Puspiptek, akan ada yang menjadi peneliliti.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat  meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini dan meningkatkan martabat guru taman kanak-kanak, sebagai salah satu upaya bentuk perhatian kepada anak didik sejak usia dini, sekaligus memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan bakat kreativitasnya. Sedangkan bagi kalangan para guru mampu meningkatkan semangat berkompetisi serta menuangkan gagasan kreatif dan inovatif, yang berdampak terhadap perbaikan proses belajardan mengajar, karena Guru mempunyai peran yang sangat strategis mulai dari proses pembelajaran sampai mengembangkan kecerdasan anak. Untuk itu seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merintis cara-cara baru agar anak didik mempunyai rasa senang dan ketertarikannya mengikuti proses belajar mengajar.(humasristek/Puspiptek/D)