Ristek Headline |
Kamis 24 Juli 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 16 Juli 2014
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Asdep Jaringan Penyedia Dengan Pengguna dan Menristek

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 29 Juli 2008
IPTEK VOICE : RISTEK MEDCO ENERGY AWARD
Print PDF Facebook Twitter Email
Inovasi dari peminat bidang energi kali ini tertuang pada acara lomba MEDCO Energy Award, antusiasme para peserta terlihat pada banyaknya makalah yang diterima oleh panita acara.
Siaran IPTEK VOICE hari Selasa, 29 Juli 2008 pukul 08.30-09.00 WIB mengulas topik “Ristek Medco Energy Award” dengan narasumber Prof. Dr. Martin Djamin sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Energi.

“Sebenarnya kalau kita membuat perencanaan energi maka semua itu sudah dapat direncanakan, misalkan pada tahun sekian diperkirakan kebutuhan energinya akan mencapai sekian sehingga kita seharusnya tahu apa yang harus dipersiapkan, jadi kalau kita mengikuti rencana seperti itu kita sebenarnya aman namun dikarenakan sesuatu hal banyak hal yang menyebabkan rencana itu belum tercapai, contohnya kita akan mempunyai energy mix sampai tahun 2025 dengan begitu setiap tahun akan ada tahapan yang harus kita penuhi, tahapan iniliah yang belum bisa terpenuhi keseluruhannya jika bisa terpenuhi maka saya yakin sumber energi kita akan aman,” jelas Martin.

“Untuk kebutuhan listrik kita memang mengalami sedikit krisis, karena kebetulan seperti kita ketahui kita itu memiliki energy base load dan pick load, dan permasalahannya pada energy pick load itu kita membutuhkan energi yang besar, seharusnya kita punya cadangan 30% dari pick load itu dan sekarang tidak tercapai mungkin hanya sekitar 20% untuk listrik terutama daerah Jawa, Bali dan Madura, sehingga begitu ada pembangkit listrik yang mengalami keterlambatan kedatangan bahan baku atau ada yang mengalami kerusakan atau juga sedang menjalani pemeliharaan, pada akhirnya pembangkit tersebut tidak bekerja sehingga kita kekurangan pasokan listrik,” terang Martin.

“Perlu diperhatikan bahwa inovasi maksudnya adalah sesuatu yang belum pernah dibuat oleh orang lain, karena saya pernah menemukan di suatu desa di Garut dia membuat pembangkit listrik tenaga air mini tapi hanya bermodalkan dengan adanya air terjun lalu dengan membuat turbin dari kayu hasilnya generatornyapun berputar dan itu adalah kreatifitas karena teknologinya sudah ada, sedangkan inovasi kalau kita melihat di lingkup Ristek saja itu kan kita punya program insentif dan untuk bidang energy itu banyak sekali peminatnya dan untuk acara lomba MEDCO Energy Award ini juga banyak peminatnya terbukti ada 42 makalah yang telah sampai kepada kami untuk kami seleksi,” jelas Martin

“Sementara untuk pengumuman pemenang lomba Medco Energy Award akan diumumkan tanggal 4 Agustus 2008, sekarang ini sudah sampai tahap evaluasi jadi kita ada 8 orang reviewers baik dari peneliti dan industri,” jelas Martin.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE langsung dari studio mini Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Gedung BPPT II lt.8, Jl. M.H.Thamrin 8, Jakarta setiap hari Selasa pukul 08.30-09.00 WIB dan Kamis pukul 16.30-17.00 WIB di RRI Pro2 FM Jakarta (105.0 FM).

IPTEK VOICE "The Sound of Science". (ap-mi/adpdki)


Kamis 17 Juli 2014
Menristek Resmikan Workshop Fasilitas Pilot Plant Riset Baterai Lithium
Senin 14 Juli 2014
Menristek Hadiri Peresmian RS Pusat Otak Nasional
Selasa 08 Juli 2014
Sinkronisasi Kebijakan, Program dan Pendanaan Iptek 2015-2019
Senin 07 Juli 2014
Buka Puasa Bersama : Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Pengabdian Kita
Senin 07 Juli 2014
DWP Kemenristek Serahkan Santunan Pendidikan
Jumat 04 Juli 2014
Pengembangan Teknologi Transportasi Multiguna Pedesaan Hasil Konsorsium Riset
Jumat 04 Juli 2014
Peresmian Bio Center Plant dan Ground Breaking Unit Produksi Enzim PT Petrosida Gresik
Kamis 03 Juli 2014
Pengembangan Industri Perdesaan Berbasis Sumber Daya dan Produk Lokal Ternak Ruminansia Kecil dalam Wadah Konsorsium
Selasa 01 Juli 2014
Kemenristek Dorong Penguatan Jaringan Riset dalam Pengembangan Energi Alternatif di Kota Surakarta
Selasa 01 Juli 2014
Indonesia - Iran: Dua Negara Islam Bersahabat yang Berkomitmen untuk Melaksanakan Penelitian dan Produksi Iptek Bersama
[ Berita lainnya ]