Ristek Headline |
Jumat 18 April 2014
 
 
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 11 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 19 Juni 2013
Sosialisasi Pedoman Penyusunan Kode Etik Pelaku Penelitian
Print PDF Facebook Twitter Email

Asdep Budaya dan Etika, Deputi Bidang Kelembagaan Iptek bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (LPPM UNS) melaksanakan sosialisasi tentang Pedoman Penyusunan Kode Etik Pelaku Penelitian pada hari Kamis, 13 Mei 2013 bertempat di LPPM UNS. Deputi Bidang Kelembagaan Iptek, Mulyanto, Asdep Budaya dan Etika Iptek Vemmie D. Koswara, disertai Kabid Evaluasi dan Kasubid Perguruan Tinggi dan Lemlitbang hadir pada acara tersebut. Acara dihadiri oleh enam LPPM Universitas di lingkungan Solo Raya, Unit Penjaminan Mutu UNS Solo, Balitbangda Kabupaten di Solo dan sekitarnya, berbagai pusat studi di lingkungan UNS, dosen, peneliti dan pegiat iptek di Solo.


Ketua LPPM UNS, Darsono menyampaikan bahwa kode etik pelaku penelitian adalah poin penting karena pada situasi global seperti pada saat ini, transaksional ide dan pemikiran akan mempunyai ciri-ciri perfect mobility, yaitu pertukaran yang sempurna yang dapat terjadi di mana-mana dengan percepatan luarbiasa tentang hal tersebut, yang menyebabkan percepatan pengunggahan ide, fenomena tersebut memungkinkan munculnya resiko miss conduct, dimana peneliti dapat terkena sebuah sanksi. Disisi lain Darsono menyampaikan bahwa adanya pedoman penyusunan kode etik pelaku penelitian merupakan acuan bagi Tim UNS dalam menyusun kode etik penelitian UNS. “Diharapkan di akhir tahun 2013 draft naskah dapat diselesaikan sehingga dengan adanya naskah kode etik tersebut menjadi payung legilitas bagi LPPM UNS untuk menata kelola riset di lingkungan UNS dan melakukan pengabdian secara lebih baik,” harap Darsono.


Deputi Bidang Kelembagaan Iptek, Mulyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas Kemenristek terkait dengan lembaga litbang adalah bagaimana agar lembaga litbang yang ada di tanah air dapat menjadi lembaga litbang yang unggul setara atau bahkan dapat melebihi mitranya yang ada di luar negeri, bagaimana Kemenristek dapat mendorong berbagai penelitian yang ada di lemlitbang sehingga dapat meningkat, baik infrastrukturnya, sumberdayanya, ataupun terkait dengan jaringannya. Mulyanto menyampaikan rasa syukur dengan telah disahkannya UU tentang Pendidikan Tinggi, yang didalamnya menyatakan kewajiban Perguruan Tinggi untuk mengalokasikan dana minimal 10 % dari anggaran DIPA yang diterimanya untuk kegiatan penelitian.


Dalam presentasinya Asdep Budaya dan Etika, Vemmie D. Koswara menyampaikan tentang maksud dan tujuan sosialisasi, gambaran tentang etika profesi yang terkait dengan Sistem Inovasi Nasional, perlunya kode etik profesi peneliti dan perguruan tinggi. Vemmie juga menyampaikan bahwa nilai-nilai universal seperti kejujuran harus ditanamkan di dunia penelitian, sejak mahasiswa atau bahkan sejak anak diperkenalkan kepada dunia riset.


Pada tanggal 14 Juni 2013, Tim Kemenristek melanjutkan pertemuan dengan Rektor UNS, Ravik Karsidi, di kantor Rektorat UNS, menyampaikan naskah Pedoman Penyusunan Kode Etik Pelaku Penelitian kepada Rektor, adapun Rektor UNS menyampaikan mengenai program Unggulan UNS yaitu biodiversitas, UMKM, javanologi, biofarmaka, energi baru dan terbarukan, dan ketahanan pangan. Dalam kesempatan ini Rektor UNS juga menyampaikan komitmennya untuk menyusun kode etik penelitian UNS dengan mengadopsi pedoman penyusunan kode etik pelaku penelitian, serta ketertarikannya untuk mengikuti program KNAPPP dan Pusat Unggulan. (ad5-dep1/ humasristek)



Rabu 16 April 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Rabu 16 April 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Senin 14 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Selasa 08 April 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Selasa 08 April 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Senin 07 April 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Senin 07 April 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Senin 07 April 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Kamis 03 April 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Kamis 03 April 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]