28 Peneliti Indonesia Terima Hibah Toray
Senin 18 Maret 2013

The Indonesia Toray Science Foundation didirikan pada Desember 1993 melalui sumbangan dari Toray Industries, untuk berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta promosi pendidikan sains di Indonesia, independen dari kepentingan bisnis perusahaan di negeri ini. 
 
Selama bertahun-tahun, yayasan The Indonesia Toray Science  Foundatioan telah memberikan hibah kepada peneliti yang bekerja dalam ilmu alam dan penelitian dasar.  Tahun 2013, The Indonesia Toray Science Foundation kembali memberikan hibah kepada dua puluh delapan  peneliti sebesar 15 Milyar Rupiah dalam bentuk hibah untuk mendanai penelitian ilmiah dasar yang dilakukan oleh para peneliti muda. 
 
Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek), Gusti Muhamad Hatta, mengakui bahwa pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, bukan hanya tanggung jawab perguruan tinggi, R&D Institutes atau Pemerintah, tetapi juga swasta turut memainkan peran penting. Dalam rangka mendorong penelitian dan inovasi, Kementerian Riset dan Teknologi juga memiliki beberapa program diantaranya insentif program SINas (Sistem Inovasi Nasional ).
 
“Setiap tahun, Kemenristek mendanai sekitar 400 Juta Rupiah atau USD 40.000 proposal penelitian individu dan sekitar 1 – 2 miliar rupiah atau USD 100.000 – USD 200.000 Penelitian konsorsium, 2. Program pengembangan kapasitas, termasuk beasiswa dan penelitian, 3. Program mobilitas (Pertukaran Ilmuwan),“ ujar Menegristek didampingi Deputi Bidang Pendayagunaan IPTEK, Idwan Suhardi di acara Science and Technology Award, Science and Technology Research Grant Science Education Award  di Hotel Shangrila, Senin, 18 Maret 2013.
 
Dalam kesempatan yang sama Presiden Toray Industries, Akihiro Nikkaku dalam sambutannya mengatakan, tahun lalu Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan sementara sebagian besar dari dunia menderita perekonomian yang lesu.                                       
 
“Jika Indonesia ingin mencapai pertumbuhan yang stabil dengan memanfaatkan kemampuan potensial, memperkuat landasan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mengembangkan para ilmuwan dan insinyur untuk melaksanakannya ini benar-benar penting. Selama 19 tahun terakhir sejak berdirinya, yayasan Toray telah memberikan total 15 milyar rupiah dalam bentuk hibah untuk mendanai penelitian ilmiah dasar yang dilakukan oleh para peneliti muda,” ujar Akihiro Nikkaku. (mt/humasristek)