Ristek Headline |
Tuesday, September 2, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, November 29, 2012
Hari Menanam Pohon Indonesia
Print PDF Facebook Twitter Email

 

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono bersama  seluruh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan para pejabat tinggi negara serta duta besar negara sahabat melaksanakan penanaman pohon pada puncak acara Hari Menanam Pohon Indonesia  (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2012 di Kawasan Hutan Kota, Komplek Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Rabu, 28 November 2012.

 

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap tanggal 28 November  dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008. Tema peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun ini adalah “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau”. Pemilihan tema ini dimaksudkan bahwa Indonesia konsisten melaksanakan pembangunan  berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya hutan sebagai salah satu inti penggerak perekonomian, penyediaan lapangan kerja bagi rakyat, pengentasan kemiskinan dan ramah lingkungan.

 

Dalam kesempatan ini Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, gerakan menanam pohon dicanangkan pada tahun 2007. Bentuk kegiatannya, antara lain, rehabilitasi hutan dan lahan, mengelola tanaman industri, hutan rakyat, hutan kemasyarakatan, dan hutan desa. Pada tahun 2010 sudah tertanam 1,3 miliar pohon dan pada tahun 2011 tertanam 1,5 miliar pohon.

 

"Pada tahun 2012, sampai dengan akhir Oktober telah teralisasi sebanyak lebih dari 732 juta batang pohon yang kita tanam dari target minimal 1 miliar yang telah kita tetapkan," ujar Zulkifli Hasan.

 

Dalam kesempatan yang sama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan, bahwa sekarang ini yang lebih dibutuhkan adalah aksi nyata. Masyarakat sudah menyadari pentingnya menanam pohon demi menjaga lingkungan. 

"Sudah cukup kita bicara kesana kemari, yang penting adalah tindakannya. Yang penting adalah aksinya, pelaksanaannya, karena kita kita ingin kelangsungan di bumi ini terjaga," Ujar Susilo Bambang Yudhoyono .

 

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, mencontohkan ketika terjadi kebuntuan dalam KTT Perubahan Iklim 2009 di Kopenhagen, Denmark, dengan sukarela Indonesia menyampaikan komitmennya untuk menurunkan emisi karbon secara signifikan.

 

"Dengan sepenuh hati demi anak cucu kita, demi bumi kita, kita ingin mengurangi emisi karbon sebesar 26 persen sebelum tahun 2020, tanpa terlalu banyak debat dan berdiskusi kita menata kembali hutan kita, moratorium untuk lahan gambut, kita memerangi kebakaran hutan, kita memerangi illegal logging, kita menghutankan kembali, dan yang tidak kalah penting kita menanam pohon dengan target 1 miliar pohon" ujar Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Seusai memberikan sambutan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta Menteri Kehutanan memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional. Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mendapat peringkat Platinum Gold karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut-turut sebagai juara I.  Selanjutnya Juara I tahun 2011 diterima oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jatim melakukan penanaman pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih oleh provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara. 

 

Untuk tingkat Kabupaten masing-masing diterima oleh Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Sompie S.F Singal. Sedangkan tingkat Kota masing-masing diterima oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Walikota Metro Lukman Hakim.  

 

Kementerian Kehutanan juga memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon tahun 2011 diantaranya kepada para pelaku usaha non kehutanan; PT. Astra Internasional Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Adaro Energy, Tbk, Pt. Indominco Mandiri, dan PT Jarum. Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada PT. Sarmiento Parakantja Timber (Kalteng), PT. Erna Juliawati (Kalbar), dan PT. Korintiga Hutani (Kalteng). Seusai memberikan sambutan, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berdialog dengan penerima penghargaan yang diteruskan dengan melakukan penanaman pohon. 

 

Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) ini. Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono menanam pohon  Manglid (Manglieta glauca), Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono menanam Sempur (Dillenia SP), Wakil Presiden Boediono menanam Tanjung (Mimusops elengi), Ibu Wakil Presiden  Herawati Boediono menanam Kenari (Canarrium S), dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka (Michelia champaca) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki).Pada kesempatan tersebut Menterii Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta beserta Ibu Violet Hatta ikut serta menanam pohon.(mt/humasristek)

 



Thursday, September 25, 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Friday, August 22, 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Friday, August 22, 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Thursday, August 21, 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Tuesday, August 19, 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Monday, August 18, 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Sunday, August 17, 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Wednesday, August 13, 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
[ Berita lainnya ]