Ristek Headline |
Wednesday, April 23, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Wednesday, October 17, 2012
Peluang Ekspansi Bisnis melalui Kolaborasi Industri dan Lembaga Litbang di Koridor Kalimantan
Print PDF Facebook Twitter Email

Tantangan persaingan global, peluang pengembangan usaha, masih kurangnya pemanfaatan hasil litbang oleh industri serta adanya kesempatan untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa telah mengilhami Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, menyelenggarakan acara Diskusi Identifikasi Kebutuhan Teknologi serta Potensi Teknologi Aplikatif untuk Mendukung Program MP3EI Di Kalimantan yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat, 12 Oktober 2012.

 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Jaringan Iptek ad interim,  Amin soebandrio, mewakili Menteri Negara Riset dan Teknologi, mengemukakan adanya peluang ekspansi bisnis dengan adanya program MP3EI. Berkaitan dengan hal tersebut, dukungan lembaga litbang sebagai pemasok dan pengembang teknologi akan diperlukan.


Sementara itu, Hotmatua Daulay, Asdep Jaringan Pusat dan Daerah, melaporkan bahwa kegiatan diskusi ini merupakan salah satu, dari rangkaian kegiatan Kemenristek, khususnya Deputi Jaringan Iptek yang bertanggungjawab pada koridor Kalimantan.


Beliau mengungkapkan target yang diharapkan adalah terjadinya interaksi antara Penyedia dan Pengguna Teknologi serta terpetakannya kebutuhan teknologi bagi suksesnya pelaksanaan MP3EI di Koridor Kalimantan. Hasil dari acara ini berupa identifikasi kebutuhan teknologi, kemudian ditindaklanjuti melalui acara serupa yang diagendakan pada tanggal 30 Oktober 2012 mendatang, dengan agenda pemaparan dari penyedia teknologi sebagai jawaban identifikasi kebutuhan teknologi.



Diskusi berlangsung dalam tiga komisi yang disesuaikan dengan 22 Kegiatan Ekonomi Utama yang berada di Koridor Kalimantan, yakni komisi I Batubara dan Migas, komisi II Pertambangan dan Mineral dan komisi III Perkayuan dan Perkebunan.



Di akhir diskusi, komisi I memperlihatkan adanya peluang teknologi nasional untuk dapat berkiprah khususnya dalam hal proses produksi, karena selama ini teknologi yang digunakan masih berasal dari luar negeri yang memiliki konsekuensi pembayaran royalti selama penggunaannya.



Sementara itu pada komisi II, peluang teknologi yang dapat dikembangkan adalah teknologi pembangkit listrik skala kecil dan pengayaan bahan baku. Teknologi ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi selama proses produksi serta menghasilkan produk yag berkualitas. Pada komisi terakhir, yakni komisi III, cukup banyak peluang teknologi yang dapat dikembangkan oleh penyedia teknologi, mulai dari menghasilkan benih unggul, teknologi penanaman, pengolahan skala rumah tangga, hingga pengolahan limbah.



Sesuai dengan agenda yang direncanakan yakni penyelenggaraan diskusi tahap II, maka tim perumus dan makalah Deputi Bidang Jaringan Iptek tengah mempersiapkan teknis pelaksanaan diskusi, termasuk penentuan lembaga litbang yang akan mempresentasikan teknologi yang dimilikinya guna menjawab permasalahan Industri. Diharapkan nantinya lembaga litbang yang melakukan presentasi pada diskusi tahap II, sudah membawa kosep teknologi yang proven dan aplicable. (ad-4/dep-3/humasristek)



Tuesday, April 22, 2014
PP-IPTEK Rayakan Ke-23 Tahun Eksistensinya Dalam Pembudayaan Iptek
Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK
Tuesday, April 22, 2014
Sosialisasi Kode Etik Penelitian di Universitas Jember
Tuesday, April 22, 2014
Free Access Jurnal Ilmiah Internasional bagi LPNK-RISTEK
Monday, April 21, 2014
Peningkatan Kapasitas SDM Iptek Melalui Program Jenesys 2.0
Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
[ Berita lainnya ]