Ristek Headline |
Wednesday, September 3, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


INFO IPTEK
Monday, September 17, 2012
Tepung Tulang Ikan Tuna Sebagai Campuran Pakan Ternak Ayam
Print PDF Facebook Twitter Email

Yogyakarta selain dikenal sebagai tempat wisata budaya, kini juga mulai dikenal sebagai tempat wisata kuliner. Berbagai macam masakan, mulai dari nabati sampai hewani darat ataupun laut, mudah dijumpai. Salah satunya adalah usaha makanan dari ikan tuna. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan produksi industri ikan tuna selalu naik tiap tahunnya. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, selama lima tahun terakhir kenaikannya mencapai 5,94%.

Di sisi lain, saat ini harga pakan ternak ayam kampung sudah melonjak tinggi.  Padahal ayam kampung merupakan hewan ternak yang paling digemari oleh sebagian besar masyarakat. Ayam kampung banyak dikonsumsi oleh konsumen yang fanatik dan dilihat dari serapan pasar, kecenderungannya selalu kekurangan, sehingga potensi pasarnya sangat terbuka luas.

Dari hal tersebut, mahasiswa FMIPA UNY yaitu Bagoes Sadhewo Satria (Prodi Pendidikan Kimia), Happy Susi Agustina (Prodi Fisika), dan Siti Fatonah (Prodi Biologi) memanfaatkan limbah tulang ikan tuna yang kaya kalsium sebagai sumber pakan ayam kampung. Selain itu, pemanfaatan limbah tulang ikan ini sekaligus untuk mengurangi dampak buruk pencemaran lingkungan akibat dari pembuangan limbah industri pengolahan tuna.

Menurut Bagoes, dilihat dari segi kandungan nutrisi, tepung tulang ikan tuna banyak mengandung kalsium yang berperan dalam pembentukan tulang ternak. Kalsium bagi ternak mampu menjaga keroposan akibat asupan kalsium yang minim dari pakan umum.

“Cara pembuatan tepung tulang ikan tuna diawali dengan membersihkan tulang ikan tuna, kemudian dilanjutkan dengan mengeringkan tulang yang sudah dibersihkan. Tulang tersebut kemudian dihancurkan hingga menjadi tepung kasar, serpihan-serpihan tulang tadi direndam dalam air kapur 10% selama semalam, kemudian dicuci dengan air tawar. Hasil perendaman dikeringkan sampai kadar air 5%, sehingga menghasilkan tepung tulang ikan tuna,” jelasnya.

Hasil penelitian uji efektivitas dari pakan ayam yang dicampur dengan tepung tulang ikan terhadap perubahan berat badan ayam kampung sebanyak 6 ayam dengan 3 perlakuan. Perlakuan pertama adalah 3 genggam tepung tanpa tambahan pakan, perlakuan kedua 2 genggam tepung dan 1 genggam pakan, dan perlakuan ketiga adalah 1 genggam tepung dan 2 genggam pakan.

Ayam pada perlakuan pertama memiliki berat awal pertama 265 gram, pada bulan kedua menjadi 290 gram, dan pada bulan ketiga adalah 325 gram. Sedangkan ayam pada perlakuan kedua memiliki berat awal pertama 270 gram, pada bulan kedua menjadi 300 gram, dan pada bulan ketiga adalah 320 gram. Dan ayam pada perlakuan ketiga memiliki berat awal pertama 300 gram, dan pada bulan kedua menjadi 350 gram, dan pada bulan ketiga adalah 375 gram.

“Hasil pengujian terhadap ketiga perlakuan itu memperlihatkan bahwa yang paling efektif adalah perlakuan ketiga (1 genggam tepung tulang ikan dan 2 genggam pakan). Hal tersebut terlihat dari penambahan berat badan ayam yang terlihat signifikan atau cepat, faktor jenis kelamin ayam (betina lebih banyak makan), dan campuran pakan dari pabrik yang sudah diberi penambah nafsu makan, sehingga ayam sudah terbiasa dengan pakan buatan pabrik,” kata Bagoes. (uny.ac.id/ humasristek)



Wednesday, August 27, 2014
Mahasiswa ITS ciptakan "Smart Solar Panel"
Friday, August 22, 2014
Rangka Sepeda Buatan Dosen ITS Raih Piagam Paten
Wednesday, August 20, 2014
Ukur Tinggi dan Berat Badan Lebih Praktis Dengan Nutrisomatic
Friday, August 15, 2014
Mahasiswa UGM Kembangkan Teknik Pembibitan Tebu Berkualitas
Friday, July 4, 2014
Waterman: Alat Semprot Pestisida Semi Otomatis
Thursday, July 3, 2014
Tim Aplikasi Quick Disaster UGM Raih Global Winner di London
Wednesday, July 2, 2014
Mahasiswa FT-UB Ciptakan Prototipe Mobil Berbahan Bakar Batu Kapur
Tuesday, July 1, 2014
Ciptakan Aplikasi untuk Smart Watch, Mahasiswa UI Raih Prestasi di Ajang Hackathon
Monday, June 30, 2014
Dosen FK UI Rancang Alat Deteksi Stroke Termurah
Friday, June 27, 2014
SIPAGI Sikat Gigi Praktis Untuk Perjalanan
[ Berita lainnya ]