Ristek Headline |
Thursday, November 27, 2014
 
 

IQE

CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, September 13, 2012
Peran Insentif Riset SINas dalam Meningkatkan Produktivitas Riset di Universitas Hasanuddin
Print PDF Facebook Twitter Email

Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insentif Riset SINas) yang berupa skema pendanaan riset ini ditujukan untuk penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas) melalui peningkatan sinergi, produktivitas, dan pendayagunaan sumberdaya litbang nasional, serta peningkatan peran sektor produksi/swasta dalam kegiatan litbang. Sasaran yang ingin dicapai adalah peningkatan produktivitas (academic of excellence) dan pendayagunaan hasil litbang nasional (economic value).


Kemenristek melalui Insentif Riset SINas tahun 2012 mendanai 8 judul proposal penelitian di Universitas Hasanuddin dengan jumlah total dana senilai Rp. 2.425.000.000,-. Dalam rangka melakukan pemantauan pelaksanaan Insentif Riset SINas di Universitas Hasanuddin, dilakukan pertemuan dengan para peneliti penerima dana Insentif Riset SINas yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (LP2M UNHAS). Pertemuan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 6 September 2012 guna mengetahui perkembangan terkini maupun kendala-kendala yang dihadapi baik oleh lembaga pengelola maupun para penelitinya.


Berdasarkan kegiatan monitoring eksternal yang telah dilakukan oleh tim Kemenristek dan reviewer, diketahui bahwa LP2M UNHAS selaku lembaga pengelola telah melaksanakan manajemen supervisi dengan baik terhadap kegiatan/riset yang dilakukan oleh para peneliti. Hasil kegiatan telah ada yang berbentuk fisik seperti prototype atau model. Kerjasama dengan pihak luar sudah dilakukan dengan cukup baik. Bahkan ada satu judul penelitian yang menjalin kerjasama internasional dengan Chiba University Jepang. Pelaksanaan kegiatan konsisten dengan perencanaan awal yang tertulis dalam proposal. Hampir semua kegiatan berorientasi ke arah keunggulan akademis yaitu berupa publikasi ilmiah dan paten. Bahkan Penelitian dengan judul Pengembangan industri produk pangan kesehatan dari komoditas kakao dan kedele telah menghasilkan produk minuman susu coklat kedelai yang telah diajukan permohonan patennya ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM pada bulan Februari 2011. Pada bulan Oktober mendatang akan dilakukan analisis ekonomi dan difusi teknologi melalui pelatihan produksi minuman coklat kedelai kepada mitra, untuk selanjutnya dilakukan uji coba produksi dan komersialisasi produk oleh mitra. Sementara penelitian dengan judul Integrasi sistem informasi jaringan sensor hidrometeorologi nirkabel dan model hidrodinamik berbasis gis untuk peringatan dini bencana banjir telah menghasilkan 7 publikasi, diantaranya 4 makalah dipresentasikan pada seminar internasional dan 3 makalah pada seminar nasional, direncanakan akan dipublikasikan 3 makalah lagi.


Penelitian dengan judul Produksi konsentrat protein dari ikan gabus danau sentani sebagai “food supplement” sumber albumin untuk meningkatkan gizi masyarakat papua barat telah menghasilkan konsentrat protein albumin Ikan Gabus yang sudah dipatenkan dan dikomersialkan dengan merk “Probumin Sentani”. Produk konsentrat protein ini dijadikan sebagai food supplement yang dapat meningkatkan status gizi masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal melalui difusi dan internalisasi produk dan teknologi pada masyarakat di Wilayah Jayapura, Papua. Pada kegiatan ini dilakukan kemitraan dengan Dinas Perindagkop Jayapura dan melibatkan berberapa stakeholder yang terkait antara lain peneliti dari Universitas Hasanuddin, mitra industri dan Pemda Irian Jaya. Untuk kelancaran dan kesinambungan pemanfaatan iptek maka akan dibentuk unit pelaksana kegiatan berupa Kelompok Intermediasi Alih Teknologi.


Penyusunan manuskrip penelitian dengan judul Target protein GLI terimmobilisasi pada magnetic beads asam karboksilat untuk penemuan dan pengembangan bahan obat antikanker untuk publikasi jurnal nasional terakreditasi akan dilakukan pada bulan ke-9 dan 10, pada saat yang sama peneliti akan mengikutsertakan hasil penelitian ini pada acara “Wallace-Darwin Science Symposium” yang akan berlangsung di Makassar. Sejauh ini tim peneliti telah mengoptimalkan metode magnetic beads untuk penemuan dan pengembangan antikanker (target-oriented separation) yang berpotensi menggeser metode isolasi konvensional (bioassay-guided separation) yang kurang efektif. Pada akhir tahun direncanakan akan publikasi di jurnal internasional dan tahun depan akan didaftarkan untuk memperoleh paten.


Penelitian dengan judul Percepatan ketersediaan benih kentang unggulan melalui introduksi paket bioteknologi ramah lingkungan untuk mendukung pemanfaatan lahan marginal di kabupaten toraja utara terseleksi dalam 104 inovasi paling prospektif Bussiness Innovation Centre 2012 dan akan diseminarkan dalam seminar internasional “the 4th International Conference for Biosciences and Biotechnology (ICBB) di Bali pada 20 September mendatang. (ad2-dep4/ humasristek)



Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman
Friday, September 5, 2014
Menristek Hadiri Acara MP3EI
Wednesday, September 3, 2014
Soft Launching Belitung Timur Taman Pintar
Monday, September 1, 2014
Pengembangan dan Peningkatan Sistem Informasi Iptek Nasioal (SIIN) dan SDM
Friday, August 29, 2014
Kemenristek Dorong Pembentukan Sub Forum Bidang Fokus Energi dan Air di Jawa Barat
Friday, August 29, 2014
Kunjungan Bupati Purbalingga dalam Rangka Perintisan Pengembangan Science Center di Purbalingga
Thursday, August 28, 2014
Membangun Kolaborasi Riset Industri, Universitas dan Pemerintah yang Tepat
Wednesday, August 27, 2014
8 Fraksi DPR RI Setujui RUU Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
Monday, August 25, 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
[ Berita lainnya ]