Ristek Headline |
Monday, September 22, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


PIDATO MENTERI
Thursday, August 30, 2012
Sambutan Menteri Negara Riset dan Teknologi, Hakteknas Ke-17, Bandung, 30 Agustus 2012
Print PDF Facebook Twitter Email
Bandung, 30 Agustus 2012

 

 

SAMBUTAN
MENTERI NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI

PADA
ACARA PUNCAK
HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-17

Bandung, 30 Agustus 2012


Bismillahirrahmaanirrahim
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

Selamat Pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Presiden Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara, Ibu Hj. Ani Yudhoyono,
Yang kami hormati Bapak/Ibu Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II,
Yang Mulia Duta Besar Negara-Negara Sahabat,
Yang kami hormati Bapak-Bapak Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah,
Yang kami hormati Bapak Gubernur Jawa Barat beserta Ibu,
Yang kami hormati Bapak Walikota Bandung beserta Ibu,
Yang kami hormati Bapak-Bapak Menteri Negara Riset dan Teknologi dalam kabinet-kabinet terdahulu,
Yang kami hormati Bapak/Ibu Gubernur Kepala Daerah dari seluruh Indonesia, 
Yang kami hormati Bapak/Ibu yang mewakili Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, dan hadirin yang berbahagia,

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita, sehingga kita semua dapat hadir pada Acara Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-17 Tahun 2012. Peringatan Hakteknas diselenggarakan di berbagai lembaga kementerian dan non-kementerian, maupun pemerintah daerah. Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Peringatan Hakteknas Ke-17 telah berlangsung sejak bulan Februari dan akan terus diselenggarakan hingga bulan Desember 2012. Peringatan Hakteknas diikuti oleh para pelajar, sektor usaha, para peneliti dan perekayasa di berbagai lembaga pemerintah, para pemerhati iptek serta anggota masyarakat lainnya.

Peringatan Hakteknas ke-17 secara nasional pada tahun ini dipusatkan di Bandung, dengan rangkaian acara meliputi Karnaval Kreativitas IPTEK yang rutenya dari depan Kampus ITB ke Gedung Sate dan kembali ke Kampus ITB lagi; Pameran RITech (Research, Innovation and Technology Expo) di Sabuga ITB; Workshop & Talkshow yang dilakukan di Sabuga ITB dan PT. Pindad; serta the 10th Triple Helix International Conference yang dilaksanakan di Grand Royal Panghegar; dan ditutup dengan klimaks berupa Acara Puncak di Gedung Merdeka hari ini yang Presiden berkenan untuk menghadirinya.

Seluruh acara tersebut dimulai pada hari Rabu, 08 Agustus 2012 hingga Sabtu, 11 Agustus 2012 dan diakhiri dengan Acara Puncak ini. Dengan kelima acara yang dilakukan serentak di berbagai tempat di kota Bandung tersebut, kita semua berharap agar tag-line hakteknas tahun ini, yaitu “Bandung Lautan IPTEK” dapat terlaksana. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami menghaturkan penghargaan yang setinggi-tingginya pada Pemerintah Daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung yang  telah memberikan dukungan sehingga rangkaian acara Hakteknas Ke-17 Tahun 2012 dapat terselenggara dengan meriah, tertib, dan lancar.

Bapak Presiden Republik Indonesia yang terhormat dan hadirin yang berbahagia,
Salah satu maksud dilakukannya peringatan Hakteknas adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat hasil kerja keras masyarakat ilmiah selama setahun ini sekaligus sebagai bentuk pertanggung-jawaban kami terhadap dukungan sumber daya yang diberikan oleh bangsa dan negara. Untuk maksud tersebut, di pameran RITech ditampilkan 145 stand yang terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu Komoditas Koridor Ekonomi, Konektivitas dan Sumber Daya Manusia. Ketiga bagian ini sesuai dengan tiga pilar pembangunan yang tercantum dalam Master-plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang disahkan pemerintah bulan Mei tahun lalu.

Seperti telah disinggung sebelumnya, selain pameran yang statis di Sabuga, peringatan Hakteknas tahun ini juga dimeriahkan dalam bentuk pameran berjalan berupa karnaval yang kita namakan Karnaval Kreativitas IPTEK. Karnaval tersebut diikuti oleh 53 kendaraan hias yang tergabung dalam berbagai wahana iptek dan melalui jalan-jalan protokol di Kota Bandung.

Pada acara Workshop & Talkshow, dibahas 6 topik yang sedang hangat dibicarakan, yaitu sains-teknopreneurship, iptek untuk keamanan nasional, Inovasi Berbasis Nilai Etika dan Budaya Bangsa, Energi Terbarukan, Teknologi Jembatan dan Terowongan, serta Sosialisasi Undang-undang Geospasial. Seluruh pendapat dan paparan dari narasumber akan sangat bermanfaat dalam menjelaskan kepada masyarakat tentang berbagai isu tersebut.

Peringatan Hakteknas di Bandung kali ini juga punya nuansa internasional dengan diselenggarakannya The 10th Triple Helix International Conference. Pertemuan ini dilakukan berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya dan tahun ini Indonesia dipercaya menyelenggarakan konperensinya yang ke sepuluh. Konperensi ini mengumpulkan berbagai ahli dan praktisi inovasi di berbagai belahan dunia untuk membahas bagaimana tiga aktor utama inovasi, yaitu ilmuwan (academician) sebagai penghasil iptek, swasta (business) sebagai pengguna iptek dan pemerintah (government) sebagai pencipta iklim inovasi melalui regulasi, dapat saling berinteraksi sehingga penemuan-penemuan baru dapat dipakai oleh pasar dan memutar roda ekonomi.

Acara-acara tersebut masih dilengkapi dengan berbagai acara pendukung seperti PISAR Airborne Campaign yang memasang peralatan pemantauan bumi pada pesawat terbang biasa. Selama ini, peralatan seperti ini biasanya dipasang pada satelit. Selain itu, pada tanggal 26 Juni yang lalu, telah dilakukan Peluncuran (launching) terhadap serangkaian acara Hakteknas ini dengan bintang utama fun-drive mobil listrik. Menindak-lanjuti arahan Bapak Presiden, telah dibentuk tim terpadu mobil listrik yang terdiri dari beberapa kementerian dan swasta. Berdasarkan hasil rapat koordinasi antar berbagai pemangku kepentingan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan Teknologi dan pihak industri mematangkan konsep Pusat Pengembangan Teknologi dan Industri Otomotif (PPTI-O). Pembentukan PPTI-O ini dinilai sangat strategis karena lembaga ini berfungsi untuk mengintegrasikan, mensinergikan, dan mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan nasional dalam rangka mewujudkan industri otomotif nasional yang mandiri. PPTI-O diperlukan untuk mendukung industri otomotif  karena industri ini sangat kompleks dan membutuhkan penanganan yang komprehensif dan berkelanjutan. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa para anak bangsa inovator mobil listrik telah berkumpul menunjukkan hasil karya masing-masing. Mohon Bapak Presiden berkenan untuk meninjau pameran kecil mobil listrik tersebut.

Bapak Presiden Republik Indonesia yang terhormat dan hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan ini, ijinkanlah kami juga melaporkan kepada Bapak Presiden kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama setahun terakhir oleh masyarakat iptek dalam koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), misalnya telah menghasilkan prototipe mobil listrik berkapasitas 14 tempat duduk disertai pengembangan baterai sebagai sumber tenaganya. Sedangkan Badan Informasi Geospasial (BIG) telah mengembangkan peta rupa bumi dan peta batas wilayah negara di darat dan di laut. Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) telah merancang satelit, pesawat nir awak dan uji peluncuran roket. Pada tahun 2012 Badan Standarisasi Nasional (BSN) telah menerbitkan 90 Standar Nasional Indonesia (SNI), akreditasi terhadap berbagai laboratorium dan memberikan bimbingan teknis kepada sejumlah industri dan organisasi dalam menerapkan SNI. Dalam bidang pangan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan teknik mutasi radiasi dan membuat bibit unggul tanaman pangan tahan hama, produktivitas tinggi, enak rasanya dan tahan terhadap perubahan cuaca. Hal yang sama juga dilakukan terhadap bidang kesehatan untuk keperluan diagnosis dan terapi penyakit.

Bapak Presiden Republik Indonesia yang terhormat dan hadirin yang berbahagia,
Puncak dari semua acara ini adalah arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia kepada masyarakat IPTEK yang akan kita dengarkan bersama-sama pada hari ini. Kesempatan seperti ini tentu menjadi harapan kita bersama karena menjadi titik awal bagi iptek untuk membangun bangsa, karena kita, sebagaimana bangsa-bangsa lainnya di dunia, yakin bahwa hanya dengan iptek sajalah Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain dan pada akhirnya menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bagi bangsanya. Dengan harapan besar seperti inilah, kami mohon perkenan Bapak Presiden untuk menyampaikan arahan yang akan menjadi pegangan bagi semua pihak dalam menjadikan inovasi sebagai pemacu peningkatan daya saing bangsa.

Dengan perkenan Bapak Presiden pula, pada kesempatan ini kami atas nama masyarakat iptek juga bermaksud memberikan penghargaan anugerah iptek tahun 2012 kepada lima kategori yaitu pemerintah provinsi, masyarakat, pranata litbang, duta iptek dan wanita peneliti, atas sumbangsihnya dalam ikut memajukan budaya iptek di Indonesia.

Bapak Presiden Republik Indonesia yang terhormat dan hadirin yang berbahagia,
Akhirnya, atas nama Kementerian Riset dan Teknologi dan seluruh masyarakat Iptek di tanah air, kami mengucapkan terimakasih atas perkenan Bapak Presiden hadir dalam acara yang penting ini. Kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan rangkaian peringatan Hakteknas tahun ini. Kami yakin, kerja keras Ibu dan Bapak sekalian merupakan wujud nyata dukungan untuk menjadikan iptek sebagai penggerak utama kemandirian bangsa menuju Indonesia yang lebih sejahtera. Semoga Allah SWT selalu berkenan memberikan hati yang bersih serta fikiran yang jernih pada kita semua. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Menteri Negara Riset dan Teknologi,
Gusti Muhammad Hatta



 Wednesday, August 20, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Pengukuhan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan 2014, 20 Agustus 2014
 Monday, August 11, 2014
Laporan Menteri Riset dan Teknologi, Acara Puncak Hakteknas ke-19
 Monday, August 11, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Acara Penyerahan Apresiasi Iptek Dalam Rangka Hakteknas ke-19
 Monday, August 11, 2014
Keynote Speech Menteri Riset dan Teknologi, Pembukaan Seminar Inovasi Iptek Bidang Food, Energy & Water (FEW) Dalam Rangka HAKTEKNAS kE-19, 11 Agustus 2014
 Thursday, June 19, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Senten 2014, 19 Juni 2014
 Tuesday, June 17, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Opening Remark IOPC, 17 Juni 2014
 Friday, June 13, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Workshop PUI, 13 Juni 2014
 Wednesday, June 11, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Launching Hari Nusantara, 11 Juni 2014
 Wednesday, June 11, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Launching Hakteknas ke-19, 11 Juni 2014
 Tuesday, June 10, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Rakornas BIG, 10 Juni 2014
[ Berita lainnya ]