Ristek Headline |
Wednesday, April 23, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
PIDATO MENTERI
Friday, August 10, 2012
Sambutan Menteri Negara Riset dan Teknologi, Peringatan Hakteknas Ke-17 Tahun 2012, Bandung, 10 Agustus 2012
Print PDF Facebook Twitter Email
Jakarta, 10 Agustus 2012

 

 

SAMBUTAN
MENTERI NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI

PADA
UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL  KE-17 TAHUN 2012

Jakarta, 10 Agustus 2012

 

Para peserta upacara dan hadirin yang saya hormati,
Saudara-Saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita, sehingga kita semua dapat bersama-sama memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-17. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas yang diperingati pada setiap tanggal 10 Agustus ini, sesuai Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995 adalah untuk memperingati keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tahun ini, peringatan Hakteknas adalah peringatan yang ke-17. Dalam kurun waktu ini, kita secara bersama-sama berupaya untuk menumbuhkan sikap dan kehendak dalam mengembangkan dan menghargai prestasi yang lebih tinggi di bidang teknologi sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Dalam Peringatan Hakteknas ke-17 ini, tema yang dipilih adalah “Inovasi untuk Kemandirian Bangsa”. Tema ini dipilih, agar penelitian dan pengembangan iptek lebih bertumpu pada kebutuhan riil masyarakat (demand driven), mencari solusi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong pemenuhan kebutuhan riset yang lebih aplikatif. Riset yang dapat memenuhi kebutuhan industri untuk menghasilkan produk barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan publik, serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, maupun lembaga pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam rangka membangun kemandirian bangsa, teknologi yang dikembangkan harus sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dengan dukungan potensi sumberdaya yang ada.

Pemilihan tema ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mendorong intensitas dan kualitas komunikasi, interaksi antara lembaga riset atau perguruan tinggi (sebagai aktor pengembang teknologi) dengan industri atau pengguna teknologi. Adanya keterpaduan antara teknologi yang dihasilkan dengan kebutuhan merupakan sasaran penguatan inovasi nasional. Selain itu tema di atas juga menekankan pada berbagai capaian kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan iptek sebagai bagian dari upaya penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan iptek sebagaimana disebutkan dalam UU No. 18 Tahun 2002.

Para peserta upacara dan hadirin yang saya hormati,
Peringatan Hakteknas yang kita rayakan di bulan Agustus ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kontribusi iptek bagi kesejahteraan rakyat, peningkatan produktivitas dan daya saing produk industri. Penguasaan dan pemanfaatan iptek akan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional, apabila berbagai hasil-hasil penelitian, pengembangan maupun perekayasaan, dan penerapan iptek dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat, termasuk sektor usaha dalam memberikan alternatif solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Peningkatan penguasaan dan pemanfaatan iptek juga akan membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan profesionalisme individu, dan meningkatkan pendapatan individu dan masyarakat, yang pada akhirnya dapat memajukan perekonomian bangsa.

Pada dewasa ini peradaban manusia mengalami pergeseran menuju masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge based society). Pergeseran paradigma ini berimplikasi terhadap arah pembangunan negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia, dari pembangunan berbasis sumberdaya alam menjadi pembangunan berbasis masyarakat berpengetahuan. Karenanya penguasaan dan pemanfaatan iptek yang didukung kemampuan sumberdaya manusia akan menjadi faktor yang menentukan daya saing sebuah bangsa.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Dalam kalender kegiatan Peringatan Hakteknas ke-17 tahun 2012, peringatan hari kebangkitan teknologi nasional ini telah atau akan diselenggarakan di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian dan non kementerian, maupun pemerintahan daerah. Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Peringatan Hakteknas ke-17 telah diselenggarakan sejak bulan Februari sampai dengan bulan Desember, yang diikuti pula pelajar, sektor usaha, para peneliti dan perekayasa di berbagai lembaga pemerintah, para pemerhati iptek, serta anggota masyarakat lainnya. Peringatan Hakteknas ke-17 juga diisi berbagai pameran, seminar, maupun kegiatan-kegiatan lain yang menunjukkan keberhasilan kegiatan penelitian dan perekayasaan yang telah dicapai oleh berbagai lembaga litbang, perguruan tinggi, maupun pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Memperhatikan upaya-upaya yang perlu terus dikembangkan untuk mengenalkan berbagai hasil penelitian dan perekayasaan iptek, maka dengan mengucapkan ‘Bismillahirohmannirohim’, pada hari ini, Jumat, tanggal 10 Agustus tahun 2012, marilah kita melaksanakan Peringatan Hakteknas ke-17 yang acara puncaknya akan diselenggarakan di Bandung. Harapan kita semua, puncak acara dan seluruh rangkaian acara Peringatan Haktenas ke-17 tahun 2012 ini dapat berjalan lebih lancar dan lebih berhasil dari tahun-tahun sebelumnya. Berhasil dalam arti mampu lebih menyadarkan orang untuk mengerti tentang iptek dan mengiptekan segala proses kegiatan manusia sehingga mampu menciptakan kesejahteraan umat manusia Indonesia. Peringatan Hakteknas ini diharapkan menandai bangkitnya kembali semangat kebersamaan dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, makmur, mandiri dan sejahtera melalui penguatan inovasi secara nasional.

Selanjutnya dengan ini, pelaksanaan Peringatan Hakteknas ke-17 tahun 2012 saya nyatakan secara resmi dimulai.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Menteri Negara Riset dan Teknologi
Gusti Muhammad Hatta



 Thursday, April 17, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Jenesys Program, 17 April 2014
 Tuesday, April 15, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Leader Forum Kalangan Usia Muda, 15 April 2014
 Friday, April 11, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Tanam Pohon SIKIB-DW Ristek, 11 April 2014
 Thursday, March 27, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Seminar Dukungan Insentif, 27 Maret 2014
 Wednesday, February 26, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Penganugerahan BPPD Utama, 26 Februari 2014
 Tuesday, February 25, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Pesantren Sukamanah, 25 Februari 2014
 Saturday, February 22, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Seminar Nasional Matematika, 22 Februari 2014
 Wednesday, February 19, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Forum CSR ke-23, 19 Februari 2014
 Monday, February 17, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Peresmian Laboratorium MRCPP, 17 Februari 2014
 Tuesday, February 11, 2014
Sambutan Menteri Riset dan Teknologi, Kick Off RKSA, 11 Februari 2014
[ Berita lainnya ]