Ristek Headline |
Sabtu 23 Mei 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

surat
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 20 Mei 2015
Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 16 Agustus 2012
Iptek Voice : Memonitor Level Muka Air Tanah
Print PDF Facebook Twitter Email

Untuk melestarikan ketersediaan air tanah, kedua alat hasil penelitian Kenda Research dapat digunakan untuk memonitor dan mendata level muka air tanah ketika dieksplorasi lebih dalam, sehingga dari situ akan ketahuan dan konservasi air tanah dapat dilakukan lebih mudah.

Arikenda Natadikarta dari Kenda Research mengatakan semakin lama kecenderungan permukaan air tanah semakin menurun yang semula posisinya berada di 50 meter kini makin lama makin turun. Artinya, cadangan air didalam tanah semakin sedikit. Dengan kondisi air yang semakin dalam itu, secara langsung bisa mencerminkan cadangan air didalam tanah menipis.

Cycal-3 water level monitoring berfungsi untuk memantau level muka air tanah, dimana kita bisa mengetahui kedalaman air disuatu titik. Dengan menggunakan sensor yang dimasukkan ke dalam sumur, sensor ini akan membaca perubahan level air yang kemudian diterjemahkan ke dalam grafik.

Penurunan muka air berlangsung setiap hari dari mulai jam berapa sampai jam berapa. Itu mencerminkan kebiasaan menyedot air yang dilakukan oleh industri atau masyarakat kapan saja. Jikaini termonitor maka akan dapat diatur, kapan secara bergantian pengguna dapat menyedot air.

“Besarnya penurunan bisa kelihatan dari grafik tersebut.  Tiap periode tertentu alat ini akan mengirim secara live data ke server. Selain itu, waktu pembacaan dan pengirimannya pun bisa diatur,” tegas Dedi Marhenda Senior System Architect Kenda Research pada siaran Iptek Voice, 16 Agustus 2012.

Alat ini sudah digunakan di beberapa tempat seperti Bandung, Bogor, Jakarta, Banten, Sulawesi, dan lain-lain. Khusus di Bandung yang sudah memanfaatkan alat ini diantaranya Dinas Pertambangan dan Energi.
 
Ketika kita sudah mengetahui bagaimana keadaan air tanah, maka tindakan selanjutnya adalah memonitor pengambilan air tanah tersebut. Watermeter Data Logging, menghasilkan data pengambilan jumlah air tanah dari tiap sumur  dalam satu hari.

“Dalam UU sudah diatur setiap perusahaan yang mengambil ari tanah itu dibatasi perharinya, per sumur berapa diambil perharinya. Kami membantu pemerintah mengawasi pengambilan air tanah tersebut. Kebanyakan yang menggunakan adalah industri, perhotelan dan instansi besar. Dari pengamatan kami perusahaan itu kan pemakaiannya dibatasi, faktanya dilapangan setelah kami lihat datanya pemakaian mereka jauh dlebih dari itu untuk satu sumur. Kami berharap dengan data-data dari alat kami ini ditindaklanjuti oleh pihak terkait untuk menindak perushaan yang mengambil air berlebih seperti itu,” kata Dedi.


Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Rabu 20 Mei 2015
Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107
Selasa 19 Mei 2015
Kemenristekdikti Sepakati Kerja Sama Peningkatan Produksi Sapi Unggul dengan Pemprov Jawa Barat
Jumat 15 Mei 2015
Lulusan Politeknik Harus Kompeten dan Siap Kerja
Jumat 15 Mei 2015
Pemanfaatan Iptek untuk Pertanian dan Peternakan
Sabtu 09 Mei 2015
Presentasi Publik Hasil Pemantauan Teluk Buyat Tahun 2014
Jumat 08 Mei 2015
Roadshow Panitia Hakteknas ke-20 di PT PAL dan ITS
Kamis 07 Mei 2015
Kegiatan Supervisi Pusat Unggulan Iptek
Kamis 07 Mei 2015
Hari Kekayaan Intelektual
Kamis 07 Mei 2015
Menristekdikti Bersama Menko PMK Luncurkan Program 100 STP
Selasa 05 Mei 2015
Workshop Tip and Trick Penulisan Jurnal Internasional
[ Berita lainnya ]