Ristek Headline |
Friday, April 18, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Friday, April 11, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Friday, August 3, 2012
Geliat Inovasi di Universitas Negeri Surakarta
Print PDF Facebook Twitter Email

Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat vital dalam upaya mendukung MP3EI, salah satu pilar untuk mendukung keberlangsungan MP3EI adalah penguatan Sumber Daya Manusia dan IPTEK. Tentunya, aktor utama untuk penguatan pilar tersebut salah satunya adalah berada di perguruan tinggi. Kesadaran tentang peran perguruan tinggi sejatinya telah ada jauh sebelum MP3EI diluncurkan, bahkan sejak 1993, pemerintah khususnya Kemenristek telah mengeluarkan beragam instrumen kebijakan untuk mendorong lembaga penelitian untuk berinovasi, salah satunya adalah program insentif riset kompetitif.

 

Keberadaan program insentif riset tersebut telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap tingkat partisipasi Perguruan Tinggi didalam kegiatan inovasi. Data 2011, menunjukkan bahwa tingkat partisipasi perguruan tinggi negeri didalam kegiatan tersebut mencapai angka tertinggi yaitu sebesar 43 persen.

 

Untuk menjaga kualitas hasil riset serta peningkatkan kinerja lembaga penerima Insentif Riset SINas, termasuk Perguran tinggi, Keasdepan Relevansi Program Riset Iptek bersama dengan tim Reviewer melakukan kegiatan monitoring secara periodik diseluruh lembaga penerima insentif riset khususnya untuk tahun anggaran 2012.

 

Dari kegiatan monitoring yang dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2012 di LPPM UNS Surakarta, diketahui bahwa lembaga tersebut telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara professional dalam melakukan manajemen supervisi, mendorong kerjasama antar peneliti dan antar institusi, maupun dalam pantauan atas aspek administrasi umum dan keuangan. Adapun keempat judul kegiatan penelitian yang dimonitor menunjukkan pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan didalam proposal, baik didalam bentuk draft publikasi ilmiah, rencana pengajuan draft paten, serta contoh dari prototipe produk. Adapun kendala-kendala yang dihadapi sudah dapat dicarikan solusinya.

 

Bahkan, kandungan Iptek maupun prospek pemanfaatannya cukup baik, khususnya untuk pengembangan material ferroelektrik Barium Zirconium Titanat (BZT), pengembangan dan penerapan stretching technology pada proses produksi pintu dan dinding kereta api, serta aplikasi komposit geopolimer untuk tabung motor dan cone nose roket D-230.

 

Penelitian terkait formula ferroelektrik sangat penting karena material ferroelektrik BZT yang mempunyai sifat unggul untuk aplikasi memori. Adapun penerapan stretching technology sangat penting pada manufaktur pintu dan dinding kereta api. Bahkan aplikasinya dapat digunakan pada sektor lain, hal ini dikarenakan banyaknya industri manufaktur di Indonesia yang melibatkan pengelasan plat tipis dalam skala besar, sebagai contoh adalah industri karoseri mobil/bus, industri kapal, industri lemari file dan lain-lain. Adapun keuntungan utama dari aplikasi komposit geopolimer ini pada D-230 adalah ringan, tahan suhu api, tahan aus, dan kekuatan tinggi . (ad2-dep4/ humasristek)



Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Monday, April 7, 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Monday, April 7, 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Monday, April 7, 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Thursday, April 3, 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Thursday, April 3, 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]