Ristek Headline |
Senin 27 April 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

Panggilan CPNS 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 22 April 2015
Menristekdikti Menghadiri KAA 2015

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 31 Juli 2012
Iptek Voice : Anugerah Iptek 2012
Print PDF Facebook Twitter Email

Selama ini banyak hasil kreativitas dan inovasi masyarakat yang telah mendatangkan manfaat bagi banyak orang, tetapi penghargaan terhadap hal ini masih kurang, sehingga Kementerian Riset dan Teknologi tahun ini kembali melaksanakan program pemberian Anugerah Iptek.

Sebagai mahluk sosial, manusia senang apabila keberadaannya diakui. Berangkat dari hal natural tersebut, pemerintah memberikan pengakuan secara khusus bagi pribadi-pribadi yang mendedikasikan diri dan berpartisipasi di bidang iptek. Anugerah iptek merupakan suatu upaya untuk memberikan semangat bagi insan iptek dan orang lain untuk meningkatkan kemampuan iptek anak bangsa.

Kementerian Ristek memiliki tugas untuk membangun dan menguatkan SINas yang merupakan rangkaian subsistem yang kompeks meliputi masyarakat, pemerintahan dan lembaga litbang. Maka untuk terus mendorong SINas, masing-masing komponen ini akan diberikan penghargaan.

Dimulai dari masyarakat/ perorangan yang berperan dalam Sistem Inovasi Nasional (SINas) meliputi peneliti, industri, atau komunitas yang aktif. Masyarakat grass root yang tidak berlatarbelakang peneliti tetapi kreatifitasnya menghasilkan suatu inovasi bernilai ekonomi akan diberikan penghargaan yang disebut Labdhakretya. Kemudian kepada para peneliti yang tekun dan karya ilmiahnya bagus serta pantas untuk menjadi duta iptek yang bisa memberikan motviasi kepada orang muda yang lain akan diberikan penghargaan Widyasilpawijana. Dan selanjutnya penghargaan Widyamaheswara akan diberikan juga kepada Tokoh Teladan Iptek atas prestasi dan kontribusinya yang luar biasa dalam bidang Iptek di Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

“Dari sisi lembaga, penghargaan juga turut diberikan kepada lembaga penelitian yaitu suatu unit yang memiliki tugas utama melakukan penelitian dan pengembangan. Penghargaan Prayogasala akan diberikan kepada pranata litbang yang menghasilkan penelitian yang bagus, ditunjukkan dalam publikasinya, paten yang digunakan industri, berguna bagi masyarakat banyak, manajemen, dll,” ujar Asisten Deputi Penataan Kelembagaan Kementerian Ristek, Sadjuga dalam siaran Iptek Voice, 31 Juli 2012.

Selain itu daerah yang memiliki badan litbang di tingkat provinsi juga turut didorong untuk menggiatkan dan mengakitfkan iklim inovasi di daerahnya juga turut diberikan penghargaan Penghargaan Budhipura juga akan diberikan kepada pemerintah provinsi yang memiliki kebijakan, anggaran dan semangat untuk mengembangkan dan menerapkan iptek didaerahnya.

Sadjuga mengatakan, dari lembaga biasanya yang masuk sekitar 60-an nominasi, 30 orang untuk perorangan, dan untuk Budhipura sendiri targetmya semua provinsi ikut tapi yang sudah memiliki balitbangda baru sekitar 17-an.

“Ini suatu upaya bahwa kita itu memang harus membangun budaya untuk saling menghargai. Recognisi atau pengakuan atas suatu karya sangat penting. Ini untuk menciptakan suatu iklim bagi litbang dan perkembangan msyarakat, kita harapkan di komunitas juga pada levelnya dapat memberikan penghargaan-penghargaan sesuai porsinya, sehingga dapat menjadi suatu piramid,”tambah Sadjuga.

Pemberian anugerah iptek 2012 sendiri nanti rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden RI pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 17 di Bandung.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Kamis 16 April 2015
Kemenristekdikti Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo ke-4
Kamis 16 April 2015
Plagiat di Dunia Pendidikan Tinggi Perlu Diberantas
Kamis 16 April 2015
Panen Kedelai Kemenristekdikti bersama Polres dan Pemkot Banjarbaru
Selasa 14 April 2015
Tantangan Para Rektor untuk Tingkatkan Publikasi dan Riset
Senin 13 April 2015
Presiden RI Hadiri NIF 2015
Minggu 12 April 2015
Menristekdikti Jalan Sehat bersama BSN
Rabu 08 April 2015
DWP Kemenristekdikti Selenggarakan Seminar Kanker Serviks
Selasa 07 April 2015
Wisuda Pascasarjana Univeristas Pertahanan
Sabtu 04 April 2015
Kompetisi Roket Air Regional Cilacap 2015
Minggu 29 Maret 2015
Kuasai Iptek untuk Kembangkan Diri yang Tangguh
[ Berita lainnya ]