Menhut Ikut Coba Mobil Listrik
Tuesday, July 3, 2012

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan berkesempatan mencoba mobil listrik bebas emisi yang baru-baru ini diuncurkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Uji coba tersebut dilakukan setelah Menhut menerima kunjungan kerja Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenristek, Zulkifli Halim, Staf Ahli Bidang Hankam, Hari Purwanto, Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Idwan Suhardi, dan Asdep Iptek Pemerintah, Pariatmono, pagi ini, Selasa, 3 Juli 2012.

Pengembangan prototype mobil listrik kini sedang terus diupayakan. Penggunaan mobil listrik yang bebas emisi dapat mengurangi dampak lingkungan yang tercemar (pengurangan gas carbon monoksida ) karena polusi yang dihasilkan mobil berbahan bakar fosil.

 

Penggunaan mobil listrik ini di lain pihak juga dapat ikut meminimalisir isu global warming. Dimana seluruh negara di dunia kini berupaya mencari solusi untuk menanggulangi masalah global warming salah satunya dengan menggalakkan carbon trading (proyek perdagangan pengurangan karbon).

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, BIG dan Kemenhut juga membicarakan kerjasama untuk pemetaan perkebunan dan hutan dengan penggunaan data satelit penginderaan jauh resolusi rendah. Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Menhut, BIG berkesempatan menawarkan pemetaan tersebut dapat dioptimalkan dan ditingkatkan sepenuhnya dengan dasar Inpres Nomor 6 tahun 2012 yang berisikan tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan Dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi. Hal ini dikarenakan, penggunaan resolusi rendah untuk memantau keadaan hutan dan perkebunan belumlah maksimal.

Penggunaan data dengan menggunakan resolusi rendah menghasilkan gambar yang tidak tajam dan tidak dapat menembus gangguan cuaca. Terutama untuk melihat daerah rawa, bakau, gambut, perkebunan, dan sebagainya. Sementara itu, jika menggunakan resolusi tinggi, pencitraan yang dihasilkan permukaan dengan ketajaman tinggi dapat memberi gambaran keruangan yang  menyeluruh dalam area yang luas. (ba/humasristek)