Ristek Headline |
Wednesday, September 3, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, April 5, 2012
Iptek Voice : Sentra HKI untuk Inovasi
Print PDF Facebook Twitter Email

HKI (Hak Kekayaan Intelektual) merupakan hak yang diperoleh dari sebuah kekayaan intelektual dari proses penelitian yang dilakukan. Secara regulasi politik hukum yang ada cukup komplit untuk menempatkan HKI sebagai sesuatu yang strategis dalam pembangunan dan perekonomian.

“Sayangnya, peraturan tersebut belum terlalu membumi sehingga tidak ditangkap sebagai sesuatu yang sangat penting di kalangan peneliti. Ada kesenjangan antara kekomplitan regulasi dengan kenyataan peningkatan HKI di lapangan,” kata Sabartua Tampubolon, Kepala Bidang Masyarakat, Asisten Deputi Urusan Kekayaan Intelektual dan Standardisasi Iptek Kemenristek, pada siaran Iptek Voice, 5 April 2012.

Ada kewajiban yang diatur undang-undang bagi perguruan tinggi dan lembaga litbang untuk membentuk sentra HKI. Akan tetapi, pada saat tahun 2010 dilakukan survey dan diperoleh data baru hanya terdapat 45 sentra HKI yang sudah terbentuk.

“Itu angka yang sangat sedikit sebetulnya dibandingkan jumlah perguruan tinggi dan lembaga litbang yang ada. Dan dalam dua tahun terakhir, diperoleh hasil sekitar 76 sentra HKI yang terbentuk baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta dan lembaga litbang,” tambah Sabartua.

Oleh karena itu, Kementerian Ristek memperkenalkan program pembentukan sentra HKI untuk mendekatkan isu HKI ke kalangan peneliti di perguruan tinggi maupun lembaga litbang dengan harapan mereka nantinya dapat membentuk sendiri sentra HKI, yang sebagian diantaranya nanti dapat difasilitasi.

Fungsi dari sentra HKI yang akan dikembangkan yaitu sosialisasi HKI, pendaftaran HKI, komersialisasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan iptek. Akan tetapi, sentra HKI yang sudah ada kini masih bergerak di dua fungsi yang pertama. Sentra HKI dapat membantu para peneliti didaerah untuk mendaftarkan proses paten mereka.

Setidaknya ada empat komponen yang diperkenalkan dalam program pembentukan HKI, yaitu harus ada komponen kelompok manajemen, komponen kelompok hukum, komponen kelompok teknologi, dan komponen ahli pemasaran untuk kepentingan komersialisasi iptek.

“Sentra HKI kita harus diakui memang sekarang belum sepenuhnya siap menjadi sentra inovasi. Tapi diharapkan sentra HKI ini perannya dapat dimaksimalkan sehingga dapat menjadi pintu bagi lembaga litbang dan perguruan tinggi untuk menjembatani mereka dengan industri,” kata Sabartua.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Kamis pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)




Thursday, September 25, 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Friday, August 22, 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Friday, August 22, 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Thursday, August 21, 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Wednesday, August 20, 2014
Open Source Software Flagship Meeting: Pemanfaatan dan Pengembangan Open GIS
Tuesday, August 19, 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Monday, August 18, 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Sunday, August 17, 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
[ Berita lainnya ]