Ristek Headline |
Rabu 02 September 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 19 Agustus 2015
The 5th Steering Committee Meeting in The Field of Geothermal Energy

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
Info Pengadaan Barang Dan Jasa

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 30 September 2011
Iptek Voice : Wood Pellet Sumber Energi dari Limbah Kayu
Print PDF Facebook Twitter Email

Satu lagi sumber energi alternatif dikembangkan dari hasil hutan, yaitu Wood pellet (Wood Biomass Energy). Bahan bakunya berasal dari limbah industri penggergajian, limbah tebangan dan limbah industri kayu lainnya. Hasil olahan ini dikemas dalam bentuk pellet yang berdiameter 6 – 10 mm dan panjang 10 – 30 mm serta mengandung energi setara 4,7 kilowatt hour (kwh) per kilogram.

Gustan Pari dari Balitbang Kementerian Kehutanan  mengatakan permintaan wood pellet di tingkat dunia cukup tinggi.  produksi wood pellet dunia telah menembus angka 10 juta ton, jumlah ini belum memenuhi kebutuhan dunia yang mencapai 14 juta ton.

“Wood Pellet dihasilkan dari limbah-limbah kehutanan, pertanian seperti serbuk gergaji yang umumnya jarang dimanfaatkan. Prosesnya sangat sederhana, dikeringkan pada kadar air maksimal 10 persen selanjutnya di press lalu dipanaskan dengan tekanan sekitar 180 derajat celcius,” jelas Gustan.

Gustan melanjutkan, setelah jadi, wood pellet diaplikasikan untuk tenaga listrik dengan dipanaskan boiller kemudian dimasukkan ke dalam tungku gasifikasi. “Memanaskan air uapnya untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik seperti proses hydrothermal menggunakan air,” katanya. Diperlukan sekitar 1 kg wood pellet untuk menghasilkan 4,5 KWH listrik.

Wood Pellet termasuk ramah lingkungan karena emisi Co2 yang dikeluarkan dari hasil pembakaran nya rendah dan dari bahan baku renewable. Tujuan penggunaannya selain untuk mengurangi limbah lingkungan juga untuk menghasilkan listrik melalui sumber-sumber energi baru dengan meningkatkan roda perekonomian industri-industri kecil di daerah.

“Secara teknologi kita sudah siap, tinggal menjajaki pihak industri untuk mulai mengembangkan wood pellet ini. Kita kaya dengan sumberdaya alam, hanya untuk mengoptimalkan pemanfaataannya diperlukan usaha dan inovasi, ” kata Gustan.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Jumat 25 September 2015
Science Camp Nasional 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Indonesia Meraih Medali Emas dalam Asean Plus Three Junior Science Odyssey 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Lahirkan Para Intelektual Muda
Jumat 28 Agustus 2015
Menristekdikti: Saatnya Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian
Jumat 28 Agustus 2015
Pelantikan Eselon 2 Kemenristekdikti: Energi Baru di Lingkungan Kemenristekdikti
Kamis 27 Agustus 2015
Menristekdikti: Perbaikan yang Tepat Sasaran
Senin 24 Agustus 2015
Sekjen Kemenristekdikti : Mahasiswa UNSOED Harus Jadi Pemimpin Berkarakter Kebangsaan
Senin 24 Agustus 2015
Workshop and Exhibition SATREPS 2015
Senin 24 Agustus 2015
KKN Kebangsaan: Pengabdian dan Pemupukan Rasa Persatuan dan Cinta Tanah Air
Sabtu 22 Agustus 2015
Menristekdikti Kunjungi Kampus 2 UNIPA Sorong
[ Berita lainnya ]