Ristek Headline |
Kamis 03 September 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 19 Agustus 2015
The 5th Steering Committee Meeting in The Field of Geothermal Energy

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
Info Pengadaan Barang Dan Jasa

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 02 Agustus 2011
SPEKLOK : Diseminasi Teknologi Perontok Kacang Tanah di Jepara
Print PDF Facebook Twitter Email

Sebagai langkah tindak lanjut pelaksanaan Diseminasi Teknologi Spesifik Lokasi Pasca Panen Kacang Tanah di Kabupaten Jepara, Tim Pelaksana SPEKLOK – Asdep Iptek Masyarakat dengan dukungan  Tenaga Ahli dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (MEKTAN)-Litbang Kementerian Pertanian menyelenggarakan ujicoba serta modifikasi prototype alat perontok kacang tanah dan pelatihan pengoperasian alat pada Rabu – Jumat, 27-29 Juli 2011. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud implementasi dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Diseminasi ini mengambil tempat di Sanggar Iptek Masyarakat di desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengembangkan prototype alat perontok kacang tanah sesuai kebutuhan. Selain itu masyarakat diharapkan dapat memperbaiki alat perontok apabila terjadi kerusakan.

Pelaksanaan kegiatan yang didukung penuh oleh Bappeda serta Dinas Pertanian Kabupaten Jepara ini dihadiri oleh kelompok Tani Kacang Tanah se-Kabupaten Jepara. Untuk Selanjutanya prototype yang sudah dimodifikasi oleh masyarakat bersama tenaga ahli dari Mektan akan dikelola oleh koperasi Klaster SULEBU. Dalam kesempatan ini, Tenaga Ahli dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian-Litbang Kementerian Pertanian, Ir. Achmad Ashari, dan Teknisi Subari didampingi Tim Pelaksana SPEKLOK, Ari Hendrarto Saleh-Kabid Transfer Iptek dan Doni Dwi H.W -  Analis Kebijakan Iptek Masyarakat.

Sunardi, Ketua Klaster Kacang Tanah SULEBU yang terlibat langsung dalam proses modifikasi dan ujicoba alat perontok kacang tanah menyampaikan banyak terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi atas bantuan teknologi untuk perontok kacang tanah. Bupati Jepara, Drs. H. Hendro Martojo, MM yang juga hadir pada saat itu menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Kementerian Riset dan Teknologi terhadap rakyat Jepara yang telah memberikan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Dalam penerapan teknologi alat perontok kacang tanah ini diharapkan dapat berpengaruh signifikan terhadap perkembangan klaster. Kuantitas dan kualitas kacang tanah yang sebelumnya menggunakan metode manual dapat lebih ditingkatkan setelah menerapkan teknologi tersebut.(ADIM)



Jumat 25 September 2015
Science Camp Nasional 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Indonesia Meraih Medali Emas dalam Asean Plus Three Junior Science Odyssey 2015
Sabtu 29 Agustus 2015
Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Lahirkan Para Intelektual Muda
Jumat 28 Agustus 2015
Menristekdikti: Saatnya Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian
Jumat 28 Agustus 2015
Pelantikan Eselon 2 Kemenristekdikti: Energi Baru di Lingkungan Kemenristekdikti
Kamis 27 Agustus 2015
Menristekdikti: Perbaikan yang Tepat Sasaran
Senin 24 Agustus 2015
Sekjen Kemenristekdikti : Mahasiswa UNSOED Harus Jadi Pemimpin Berkarakter Kebangsaan
Senin 24 Agustus 2015
Workshop and Exhibition SATREPS 2015
Senin 24 Agustus 2015
KKN Kebangsaan: Pengabdian dan Pemupukan Rasa Persatuan dan Cinta Tanah Air
Sabtu 22 Agustus 2015
Menristekdikti Kunjungi Kampus 2 UNIPA Sorong
[ Berita lainnya ]