Ristek Headline |
Sabtu 02 Agustus 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 16 Juli 2014
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Asdep Jaringan Penyedia Dengan Pengguna dan Menristek

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 07 Agustus 2012
Fasilitasi Pembentukan Konsorsium Pangan Berbasis Kemaritiman
Print PDF Facebook Twitter Email

Permasalahan utama dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia adalah selain rendahnya sinergi diantara pelaku litbang juga rendahnya  pemanfaatan hasil litbang oleh masyarakat maupun industri. Terkait dengan hal tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk konsorsium dengan melibatkan segenap pemangku kepentingan (stakeholders) mulai dari peneliti, pelaku industri dan masyarakat.  Demikian disampaikan oleh Masrizal selaku Staf Ahli Bidang Pangan dan Pertanian Menristek dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Konsorsium Pangan Berbasis Kemaritiman di Kantor Kemenristek di Jakarta, 6 Agustus 2012. Lebih jauh diungkapkan oleh Masrizal, bahwa dengan dibentuknya konsorsium maka diharapkan dapat mengurangi overlapping kegiatan penelitian yang selalu terjadi saat ini sekaligus dapat membangun link and match antara pengembang teknologi dan pengguna teknologi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Sahat Panggabean, Kabid Pemetaan Asdep Kompetensi Kelembagaan menjelaskan tujuan dari inisiasi pembentukan Konsorsium Pangan Berbasis Kemaritiman yang merupakan kelanjutan program tematik pangan yang pada tahun lalu telah berhasil membentuk Konsorsium Lahan Sub Optimal.  Dijelaskannya bahwa pembentukkan konsorsium ini adalah merupakan salah satu komitmen Kemenristek dalam memfasilitasi kegiatan riset sekaligus sebagai bagian dari indikator kinerja utama Kemenristek, utamanya yang terkait dengan kolaborasi riset lembaga litbang dengan litbang perusahaan serta Jumlah pemanfaatan teknologi hasil litbang nasional di industri dan masyarakat.

 

Kepala Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Ngurah Nyoman Wiadnyana menyambut baik inisisasi yang dilakukan oleh Kemenrsitek. Wiadnyana juga menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung dan berperan aktif dalam implementasi rencana aksi yang akan diusung oleh konsorsrium. Sedangkan Minhadi Noer Sjamsu yang mewakili Sekretaris Balitbang Kelautan dan Perikanan mengharapkan agar konsorsium yang akan dibentuk ini dapat bersinergi dengan Komisi Litbang Kelautan dan Perikanan yang sebelumnya telah dibentuk oleh Kementerian Kelautan Perikanan.

 

Dalam sesi diskusi, Thomas Dharmawan dari Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan (AP51) mengisyaratkan diperlukannya ketegasan dan kejelasan dalam konsorsium yang dibentuk nanti, khususnya dikaitkan dengan beberapa isu penting seperti: kedudukan asosiasi/industri, legal aspek keberadaan anggota dalam konsorsium, pengawalan konsorsium serta Impelementasi hasil riset oleh lembaga komersial atau masyarakat.

 

 FGD yang juga dihadiri beberapa Asdep terkait di lingkungan Kemenristek,  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institut Pertanian Bogor (IPB), PT Perikanan Nusantara, Induk Koperasi Perikanan Indoneisa (IKPI) menyepakati untuk mendukung berdirinya Konsorsium Pangan Berbasis Kemaritiman. (ds, ad3-dep1/ humasristek)



Kamis 17 Juli 2014
Menristek Resmikan Workshop Fasilitas Pilot Plant Riset Baterai Lithium
Senin 14 Juli 2014
Menristek Hadiri Peresmian RS Pusat Otak Nasional
Selasa 08 Juli 2014
Sinkronisasi Kebijakan, Program dan Pendanaan Iptek 2015-2019
Senin 07 Juli 2014
Buka Puasa Bersama : Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Pengabdian Kita
Senin 07 Juli 2014
DWP Kemenristek Serahkan Santunan Pendidikan
Jumat 04 Juli 2014
Pengembangan Teknologi Transportasi Multiguna Pedesaan Hasil Konsorsium Riset
Jumat 04 Juli 2014
Peresmian Bio Center Plant dan Ground Breaking Unit Produksi Enzim PT Petrosida Gresik
Kamis 03 Juli 2014
Pengembangan Industri Perdesaan Berbasis Sumber Daya dan Produk Lokal Ternak Ruminansia Kecil dalam Wadah Konsorsium
Selasa 01 Juli 2014
Kemenristek Dorong Penguatan Jaringan Riset dalam Pengembangan Energi Alternatif di Kota Surakarta
Selasa 01 Juli 2014
Indonesia - Iran: Dua Negara Islam Bersahabat yang Berkomitmen untuk Melaksanakan Penelitian dan Produksi Iptek Bersama
[ Berita lainnya ]