Ristek Headline |
Saturday, November 1, 2014
 
 

IQE

CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Tuesday, July 31, 2012
Kiat Sukses di Ajang Kompetisi Tahunan Berkualitas dengan Dana Penelitian 1 Milyar USD/tahun
Print PDF Facebook Twitter Email

Sebagai salah satu dukungan bagi para peneliti dalam memanfaatkan dana penelitian melalui kerjasama internasional, pada tanggal 24 Juli 2012 Kementerian Riset dan Teknologi kembali mengadakan kegiatan bertajuk Sosialisasi Kerjasama Penelitian dalam Skema Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS) tahun 2012. Bertempat di Ruang Rapat VIP Gedung BPPT II lantai 3, kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Jaringan Iptek melalui Asisten Deputi Jaringan Iptek Internasional sejak tahun 2009 ini dihadiri oleh tak kurang dari 50 peneliti dan akademisi dan dari berbagai institusi/lembaga riset pemerintah.

 

Dalam sambutan pembukaan, Deputi Bidang Jaringan Iptek Ad Interim, Amin Soebandrio, mengutarakan bahwa program dana hibah penelitian yang disponsori pemerintah Jepang ini merupakan salah satu kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. “Meskipun kompetisi untuk mendapatkannya cukup berat, mengingat program ini bertaraf internasional dan diikuti oleh 34 negara, namun sejak keikutsertaannya tahun 2008, para peneliti Indonesia terbukti mampu memenangkan dana penelitian berkisar 1 Milliar USD/tahun melalui 7 (tujuh) proposal riset dari total 66  proposal yang diajukan dan kemudian dievaluasi oleh pemerintah Jepang”, ujarnya.

 

Acara sosialisasi yang berjalan secara interaktif tersebut menyajikan paparan mengenai program SATREPS secara menyeluruh dari Mr. Koji Aribayashi, First Secretary for Science and Technology, Kedutaan Jepang untuk Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi berjudul International S&T Policy and Overview SATREPS Program in Indonesia: 2008-2012 oleh Nada Marsudi, Asdep Jaringan Iptek Internasional yang menjelaskan tentang kebijakan iptek internasional yang mengedepankan kepentingan nasional yang mengacu pada RPJMN 2010 – 2014.

 

Selanjutnya adalah presentasi dan success story sharing dari Yopi, Kepala Bidang Biologi Bioproses yang mewakili tim dari Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menjadi pemenang Program SATREPS tahun 2012 dari Indonesia dengan judul penelitian Innovative Bio-Production Indonesia (iBioI): Integrated Bio-Refinery Strategy to Promote Biomass Utilization using Super-microbes for Fuels and Chemical Production, serta Pratiwi P. Sudarmono dari tim Fakultas Kedokteran-Universitas Indonesia dengan proposal penelitian Emerging Infectious Diseases: Development of Vaccines and Natural Substance based Antiviral Drugs for Control and Prevention of Flavi-and Related Viruses, bersama mitra kerjasamanya Fakultas Kedokteran-Universitas Kobe yang  memenangkan SATREPS Program di tahun 2010.  

 

Dikemas khusus sebagai ajang interaktif dalam berbagi informasi termasuk tips dan trick dalam meningkatkan peluang memenangkan dana penelitian, diskusi berlangsung hangat dengan moderator Nada Marsudi. Dalam sesi tanya jawab tersebut para peserta sosialisasi diminta untuk memahami prosedur mendasar dari pengajuan penelitian SATREPS, memiliki mitra kerjasama yang sudah solid dengan manajemen waktu yang tepat dalam pengajuan proposal bersama melalui pemerintah masing-masing mutlak menjadi keharusan untuk lolos tahap awal seleksi ini, selain itu para proposal penelitian yang diajukan harus termasuk dalam 4 bidang fokus penelitian yang disyaratkan SATREPS (environment and energy, bio-resource utilization, natural disaster prevention, dan infectious disease control) dan tujuh bidang fokus iptek nasional.

 

Saat sesi sharing, Yopi, serta Pratiwi P. Sudarmono juga menyarankan untuk memilih counterpart yang bukan hanya sudah memiliki hubungan yang solid dalam waktu lama namun juga memiliki kredibilitas dan track record bagus dalam penelitian yang akan diajukan, pilihlah judul penelitian yang sifatnya “mendunia” dengan tema yang spesifik dan implementasi area yang jelas, dengan kata lain penelitian yang dipilih sudah ditetapkan penerapannya sekiranya proyek tersebut berhasil dilaksanakan dan bisa berkesinambungan dengan proyek lainnya. Yang tak kalah pentingnya adalah memilih dan membangun tim yang baik, solid serta kompeten dalam bekerjasama sehingga keseluruhan proses tersebut bisa berjalan lancar sejak tahap perancangan, pengajuan, penelitian, dan pengaplikasiannya.

 

Pada penutupan acara, Amin Soebandrio mendorong para peneliti untuk terus mencoba berkompetisi, belajar dari pengalaman guna meningkatkan kompetensi dan kualitas penelitian, dan tak lupa menitipkan pesan kepada pihak Jepang agar di tahun yang akan datang  jumlah proposal penelitian dari Indonesia bisa bertambah (lebih dari 1 proposal/tahun), mengingat Indonesia kaya akan ragam objek penelitian disamping kualitas kerjasama iptek yang terus meningkat antar institusi-institusi penelitian Indonesia-Jepang yang menunjukkan perkembangan positif di setiap tahunnya. (ad5-dep3/ humasristek)



Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman
Friday, September 5, 2014
Menristek Hadiri Acara MP3EI
Wednesday, September 3, 2014
Soft Launching Belitung Timur Taman Pintar
Monday, September 1, 2014
Pengembangan dan Peningkatan Sistem Informasi Iptek Nasioal (SIIN) dan SDM
Friday, August 29, 2014
Kemenristek Dorong Pembentukan Sub Forum Bidang Fokus Energi dan Air di Jawa Barat
Friday, August 29, 2014
Kunjungan Bupati Purbalingga dalam Rangka Perintisan Pengembangan Science Center di Purbalingga
Thursday, August 28, 2014
Membangun Kolaborasi Riset Industri, Universitas dan Pemerintah yang Tepat
Wednesday, August 27, 2014
8 Fraksi DPR RI Setujui RUU Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
Monday, August 25, 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
[ Berita lainnya ]