Ristek Headline |
Selasa 02 September 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 23 Juli 2012
Iptek Voice : Ristek Kalbe Science Awards 2012
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi ke-17 dan Hari Ulang Tahun PT Kalbe Farma Tbk ke-46, Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia bersama PT Kalbe Farma Tbk tahun ini kembali menyelenggarakan Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA) untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2008.

Ketua Penyelenggara RKSA 2012, Johannes Suthya, mengatakan program ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada Peneliti Indonesia yang memiliki dedikasi dan telah bekerja keras dalam menghasilkan karya penelitian di bidang kesehatan.

“Dari jumlah peserta setiap dua tahunnya bertambah, kalau tahun sebelumnya ada 150-an peneliti di tahun ini ada 170-an peneliti yang mengikuti,” kata Johannes pada siaran Iptek Voice, 23 Juli 2012.

Ketua Juri RKSA 2012, Amin Soebandrio mengatakan ada dua kategori RKSA 2012 yaitu Best Research Awards, diberikan untuk hasil penelitian terbaik pada bidang-bidang penelitian yang ditentukan yang memberikan pengaruh positif dalam bidang life sciences dan teknologi yang terkait dengan kesehatan.

Kategori kedua adalah Young Scientist Award diberikan kepada peneliti muda Indonesia yang berprestasi atas kiprahnya dalam melaksanakan berbagai penelitian dan telah memberikan pengaruh positif dalam bidang life sciences dan teknologi yang terkait dengan kesehatan.
 
“Pada usia yang muda mereka sudah bisa menunjukkan prestasi yang tinggi. Itu dibuktikan dari publikasi yang mereka hasilkan, tentu publikasi ini tidak didasarkan hanya pada review saja tapi publikasi yang merupakan laporan hasil penelitian secara keseluruhan. Kedua kategori ini yang kita ingin lihat,” ujar Amin yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menristek Bidang Kesehatan dan Obat.

Untuk Young Scienticst akan dipilih satu orang untuk mendapatkan hadiah nominal sebesar Rp.50 juta. Sedangkan untuk kategori best research dipilih tiga pemenang yang berhak mendapatkan Rp. 75 juta, Rp. 50 juta dan Rp. 30 juta.

“Yang ingin kita tekankan disini adalah recognition, pengakuan baik dari pemerintah maupun dunia usaha terhadap hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Indonesia. Tidak hanya itu, ini juga memberikan akses kepada peneliti untuk dapat dikenal terutama oleh dunia usaha,” imbuh Amin.

Penelitian yang diutamakan adalah pengembangan obat dan diagnostik, bisa juga prosedur pengobatan misalnya ditemukan suatu calon obat dari bahan alam Indonesia, atau pengembangan diagnostik penyakit-penyakit yang dominan di Indonesia. 

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Kamis 25 September 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Senin 25 Agustus 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Jumat 22 Agustus 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Kamis 21 Agustus 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Rabu 13 Agustus 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
[ Berita lainnya ]