Ristek Headline |
Rabu 28 Januari 2015
 
 

Ristek TV
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 27 Januari 2015
Ristekdikti Dukung Pelatihan Pertanian di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 03 Juli 2012
Iptek Voice : Membangun Usaha Berbasis SPEKLOK di Cilacap
Print PDF Facebook Twitter Email

Kegiatan Diseminasi Teknologi Spesifik Lokasi merupakan kegiatan penerapan atau perluasan teknologi dengan pola pendampingan dari daerah dan Teknologi yang digunakan sudah terbukti kehandalannya (proven technology) dan dapat diterapkan di lokasi sesuai kondisi daerah.

Tahun ini, Kementerian Ristek kembali mengembangkan program SPEKLOK untuk daerah salah satunya di Kabupaten Cilacap yang merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah. Beberapa hal yang akan menjadi fokus program Speklok di Cilacap antara lain adalah  (1) kebutuhan teknologi pengolahan sabut kelapa untuk memenuhi permintaan pasar ekspor dari 2 kontainer menjadi 20 kontainer setahun – (2) kebutuhan teknologi produksi briket tempurung kelapa untuk memenuhi pasar 300 ton perbulan – (3) kebutuhan keahlian desain produk berbahan baku sabut kelapa agar berdaya saing di pasar.

Pengembangan UMKM di Cilacap berbasis kaster dengan mengembangkan SIDa. Para pelaku usaha di kabupaten Cilacap dikumpulkan menjadi klaster. Secara formal baru klaster sebutret (serabut karet) yang baru dibentuk. Tapi sebetulnya dilapangan, klaster pengolahan makanan hasil laut dan pertnaian juga sudah dilaksanakan pembinaannya.

Permasalahan di pengembangan serabut kelapa terpadu di Cilacap adalah adanya keinginan untuk mengembangkan potensi kelapa mulai dari kulit, batok, serabut, daging kelapa, dan air kelapanya agar semua dapat bermanfaat.

“Ini yang kami ingin, menjadikan klaster sebutret kelapa terpadu ini melalui Speklok,” kata Agus Tisngadi, Kasubid Pengembangan Dunia Usaha Industri dan Pariwisata, Bappeda Kabupaten Cilacap pada siaran Iptek Voice, 3 Juli 2012.

Produk unggulan di Cialcap selain kelapa, juga terdapat olahan hasil laut yang melimpah yang juga sedang dikembangkan yaitu industri kerupuk ikan tengiri. Potensi ini juga butuh sentuhan dari Kemenristek untuk pengembangannya baik kemasan maupun produknya sendiri.

Speklok di Cilacap diharapkan dapat menggairahkan masyarakat untuk melakukan inovasi dan membangun kebersamaan antara pencipta teknologi dan pengguna. Dalam hal ini Kemenrsitek bersama Bappeda bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

“Masyarakat Cilacap sangat antusias sekali. Kami jadi seperti banjir permohonan proposal dari para pelaku usaha. Kami pacu melalui APBD juga minggu lalu kami sudah melakukan pelatihan untu pengrajin tempurung kelapa,” kata Agus.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Selasa 27 Januari 2015
Ristekdikti Dukung Pelatihan Pertanian di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta
Jumat 23 Januari 2015
Peluncuran Gerakan Bugar dengan Jamu
Senin 19 Januari 2015
Penandatanganan Nota Kesepahaman Penegerian Universitas Andi Djemma
Sabtu 17 Januari 2015
Kunjungan Menristekdikti ke Politeknik Negeri Jember
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Jember
Jumat 16 Januari 2015
Menristekdikti Terima Audiensi Walikota Tangsel tentang Penyelenggaraan TGIF 2016
Kamis 15 Januari 2015
Menristekdikti Luncurkan SNMPTN 2015
Rabu 14 Januari 2015
Menristekdikti Hadiri Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil Ketua MK
Jumat 09 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman
[ Berita lainnya ]