Ristek Headline |
Selasa 07 Juli 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 30 Juni 2015
Pelantikan Dirjen Kemenristekdikti

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 16 November 2011
Iptek Voice : Standar Proses Produksi yang Baik Untuk IKM
Print PDF Facebook Twitter Email

Selain menjadi salah satu pilar sektor industri, IKM juga penyedia lapangan kerja.  Hasil produksi industri Kecil dan Menengah (IKM) lokal sudah harus memiliki kemampuan dan daya saing guna membendung produksi dari negara lain di pasar dalam negeri. Di beberapa kawasan di Indonesia, IKM telah membuktikan sebagai tumpuan masyarakat setempat sebagai pendorong utama ekonomi.

”IKM memang sangat berperan dari pertumbuhan ekonomi secara nasional. Dulu ketika krisis ekonomi terjadi pada saat industri nasional banyak yang bangkrut, justru IKM tumbuh dan bertahan,” kata Oka Sofyan pada program siaran Iptek Voice, 16 November 2011.

Secara tidak langsung, apa yang dilakukan pelaku usaha sebagian besar sudah menerapkan standar hanya belum banyak yang terdokumentasi.Diperlukan suatu pencerahan bagaimana pentingnya suatu dokumentasi untuk mencapai hasil dan kualitas produk yang baik. Konsistensi proses dan kualitas produk terjamin dari waktu ke waktu.

”Karena pelanggan menginginkan suatu jaminan. Perlu diberikan dorongan dan kesadaran betapa pentingnya suatu jaminan itu. Industri pengolahan pangan misalnya, aspek keselamatan, unsur higienis dan kualitas harus betul-betul jadi perhatian utama,” lanjut Oka.

Standar dan cara produksi produk tertentu yang baik di Indonesia telah diatur oleh regulator terkait dan diwujudkan dalam bentuk standar proses produksi, dan telah diimplementasikan di IKM dalam kerangka pembinaan instansi terkait.

”Standar Wajib lebih kepada standar keselamatan dan lingkungan hidup. Sebagai pelaku usaha harus ada regulasi wajib dalam menghasilkan sesuatu yang dinikmati orang banyak (perlindungan konsumen),” kata Oka.

Dikatakan Oka, masih banyak IKM yang belum menerapkan standar dengan tepat. Hal-hal seperti tidak memakai baju atau alas kaki ketika bekerja, proses produksi yang tidak bersih, hal-hal kecil yang kadang tidak menjamin keselamatan dan kehigienisan suatu produk.

Quality, cost dan delivery merupakan tiga unsur tersebut yang bersamaan harus diperhatikan dalam proses produksi secara serius dan konsisten karena pasar akan lebih tertarik jika semuanya terjamin.  IKM wajib untuk memenuhi aktifitas mereka dengan prinsip-prinsip dan panduan-panduan cara yang baik, dalam menjamin bahwa proses dan hasil produk IKM berkualitas secara konsisten.


Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Selasa 28 Juli 2015
Menristekdikti Kunjungi UNTAD
Rabu 01 Juli 2015
Pelantikan Dirjen di Kemenristekdikti
Rabu 17 Juni 2015
Sosialisasi Inkubasi Bisnis Teknologi di Yogyakarta
Selasa 16 Juni 2015
Kesepahaman antara Kemenristekdikti, KemenLHK, dan Kemendikbud
Selasa 16 Juni 2015
Sosialisasi Inkubasi Teknologi di Politeknik Negeri Jember
Senin 15 Juni 2015
Integrasi Sistem Pendidikan dan Sertifikasi Berbasis KKNI
Senin 15 Juni 2015
Menristekdikti Resmikan IHRI
Senin 15 Juni 2015
Menristekdikti Lantik Pejabat Eselon I Kemenristekdikti
Minggu 14 Juni 2015
Menristekdikti Hadiri Diskusi Interaktif di Undana
Sabtu 13 Juni 2015
UMP Akan Menjadi Pusat Unggul Kelapa Kopyor
[ Berita lainnya ]