Ristek Headline |
Saturday, August 23, 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, August 12, 2014
Penutupan RITECH EXPO 2014

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Wednesday, March 30, 2011
LARAS untuk Membangun Interoperabilitas Data dan Informasi Iptek
Print PDF Facebook Twitter Email

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan adanya tuntutan pengguna akan kebutuhan akses informasi yang cepat, tepat, global, dan dapat diakses dari lokasi manapun, maka pada tahun 2011 Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) bekerjasama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun sistem pengelolaan karya ilmiah nasional.

Sistem aplikasi (software) yang digunakan ini disebut LARAS, merupakan kepanjangan dari Library and Archieve Analysis Sistem. Sistem ini menggunakan platform berbasis open source, sehingga dapat dimodifikasi dan dikembangkan oleh masing-masing pengguna sesuai dengan kebutuhan.

Dengan LARAS, interoperabilitas data dan informasi antara satu institusi dengan institusi lainnya dapat berlangsung, dan dapat diindeks oleh mesin pencari, sehingga berdampak pada peningkatan akses terhadap karya ilmiah peneliti Indonesia.

Deputi Bidang Sumber Daya Iptek, Freddy Permana Zen, berharap apabila telah terjadi interoperabilitas, maka informasi yang telah tergabung di Pustaka Iptek akan dapat diperluas aksesnya secara interoperabilitas dengan informasi dari Kementerian Pendidikan Nasional dan lembaga lainnya.

“Hal ini alangkah baiknya, karena akan terjadi resources sharing dan akumulasi informasi iptek yang besar sekali”, ungkap Freddy. Ia juga berharap agar instalasi aplikasi LARAS dapat cepat diselesaikan di setiap pusat penelitian LPNK, sehingga interoperabilitas informasi dapat tercipta baik secara nasional maupun secara global.

Demikian ungkap Freddy pada Workshop bertema “Aplikasi Digital Library (LARAS), Selasa 29 Maret 2011 kemarin, di Ruang Komisi Utama Lt 3 BPPT. Workshop yang bertujuan untuk mengembangkan konten karya ilmiah nasional dalam akses perpustakaan digital Pustaka Iptek, diselenggarakan oleh Deputi Sumber Daya Iptek melalui Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek.

Narasumber dihadirkan dari Pusat Dokumentasi Ilmiah LIPI, membahas konsep tentang sistem interoperabilitas data dan informasi iptek di lingkungan KRT dan LPNK. Selain itu, dijelaskan pula prosedur instalasi dan konversi sistem aplikasi perpustakaan digital LARAS, pembuatan desain dan tampilan dalam LARAS, serta interoperabilitas aplikasi perpustakaan digital KRT dan LPNK. Kemudian dilakukan praktek instalasi dan pengisian data LARAS.

Penjelasan metode penelusuran data dan informasi oleh Simon Colvey selaku Regional Sales Manager for South East Asia dari EBSCO juga turut menjadi bagian dari kegiatan workshop.

EBSCO merupakan kumpulan sumber informasi iptek internasional yang menyediakan informasi ptek secara online dalam berbagai jurnal dan E-book. EBSCO telah memberikan langganan jurnal ilmiah internasional secara gratis selama 3 bulan. Saat ini urnal internasional dari EBSCO sudah dapat dikunjungi di http://pustaka.ristek.go.id dan diperbolehkan untuk mengunduh artikel.

Komitmen para peserta untuk mewujudkan interoperabilitas informasi iptek pun muncul di akhir workshop. Selanjutnya, disusun rencana pemantauan penerapan aplikasi perpustakaan digital LARAS. Diharapkan dalam waktu satu bulan setelah Workshop, LARAS telah mulai diterapkan di pusat-pusat penelitian / kajian di LPNK. Tim Asdep Data dan Informasi Iptek akan memantau tentang kemajuan serta kendala penerapan sistem aplikasi LARAS ke unit-unit kerja para peserta.

Workshop dihadiri oleh anggota Fordatin (Forum Data dan Informasi Iptek Nasional), para pustakawan dan pengelola jaringan dari setiap puslit LPNK Ristek, baik yang berlokasi di Jakarta maupun puslit LPNK yang berlokasi di Serpong, Bandung dan Yogyakarta. Workshop ini merupakan salah satu upaya untuk menyelaraskan platform komunikasi dan standard yang digunakan untuk interoperabilitas antara KRT dan LPNK Ristek. (Ad-4/Dep-2/humasristek).



Monday, August 18, 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Sunday, August 17, 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Wednesday, August 13, 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
Wednesday, August 13, 2014
Menristek Dapat Pengahargaan Bintang Mahaputra Adipradana
Wednesday, August 13, 2014
Penutupan RITECH EXPO 2014
Wednesday, August 13, 2014
Wujud Penghargaan Kemenristek Bagi Pegiat Iptek Tanah Air
Tuesday, August 12, 2014
Puncak Peringatan Hakteknas ke-19
Tuesday, August 12, 2014
Seminar Nasional Iptek 2014 : Membangun Ide untuk Kemandirian Pangan, Energi dan Air
Monday, August 11, 2014
Musrennas Iptek 2014 : Iptek untuk Daya Saing Bangsa
Monday, August 11, 2014
RITECH Expo 2014
[ Berita lainnya ]