Ristek Headline |
Rabu 03 September 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 31 Mei 2011
Sosialisasi Program SIDA di Provinsi Banten
Print PDF Facebook Twitter Email

SIDA merupakan salah satu program Kementerian Riset dan Teknologi untuk meningkatkan interaksi antara aktor atau unsur kelembagaan IPTEK khususnya untuk peningkatan rantai nilai teknologi dan daya saing daerah berbasis inovasi. Program SIDA bertujuan untuk meningkatkan diseminasi teknologi-teknologi yang dihasilkan oleh lembaga litbang untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan industri di suatu daerah.

Asisten Deputi Kompetensi Kelembagaan, I Wayan Budiastra beserta staf melakukan sosialisasi program SIDA di Provinsi Banten pada Kamis, 26 Mei 2011 bertempat di ruang rapat ekonomi Bappeda Provinsi Banten.

Sosialisasi dihadiri oleh segenap SKPD Provinsi Banten, Bappeda Banten, Balitbangda Banten, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten, Dinas Pertanian dan Hortikultura, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kehutanan, serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sosialisasi telah dibuka oleh Kepala Balitbangda Banten, Moh. Ali Fadilah. Melalui paparan dapat diidentifikasi bahwa provinsi Banten telah memiliki beberapa program terkait teknologi yaitu Pos Pelayanan Teknologi dan Warung Teknologi.

Selanjutnya, I Wayan Budiastra memberikan paparan dan sosialisasi tentang konsep SIDA dan tahap-tahap pengembangan SIDA. Dalam sosialisasi ini terungkap bahwa Provinsi Banten memiliki beragam komoditas unggulan. Komoditas pertanian berupa golden melon, anggrek, sedap malam, padi, kakao, gula aren, manggis, kelapa. Komoditas peternakan berupa kerbau, domba, dan itik. Komoditas perikanan dan kelautan berupa kerang hijau, rumput laut, bandeng dan cupang. Pemerintah Provinsi Banten masih mengidentifikasi komoditas yang dijadikan fokus pengembangan SIDA.

Forum menyepakati untuk membentuk Kelompok Kerja (pokja) SIDA Banten. Diharapkan melalui pokja ini, pengembangan SIDA Banten lebih cepat direalisasikan. Langkah awal yang dapat dilakukan oleh pokja adalah  melakukan studi dan menentukan komoditas apa yang akan dikembangkan.

Setelah sosialisasi dilanjutkan kunjungan ke Desa Tenjoayu, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Desa Tenjoayu merupakan kawasan minapolitan dengan komoditas utama rumput laut dan bandeng. Rumput laut yang dihasilkan adalah Gracilaria sp, E. cottonii dan Sargassum sp. Di dalam kawasan ini telah ada mesin pengering rumput laut yang merupakan produk dari BPPT dan gudang penyimpanan.

Salah satu lembaga yang diharapkan berperan penting dalam pengembangan SIDA Banten adalah BPTP Banten. Pada Jumat, 27 Mei 2011 dilakukan sosialisasi program SIDA di BPTP Banten. Sosialisasi dihadiri oleh para peneliti dan penyuluh di BPTP Banten.

Dalam diskusi ini para peneliti menyambut dengan baik program SIDA Banten. Mereka memberikan usulan agar diberikan perhatian berimbang antara peneliti dan penyuluh. Sebagai contoh pemberian insentif tidak hanya pada para peneliti tetapi juga para penyuluh, mengingat penyuluh merupakan lini terdepan dalam transfer teknologi antara peneliti dan pengguna (masyarakat). (ad-3/dep-1/humasristek)



Kamis 25 September 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Senin 25 Agustus 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Jumat 22 Agustus 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Kamis 21 Agustus 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Rabu 13 Agustus 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
[ Berita lainnya ]