Ristek Headline |
Kamis 02 April 2015
 
 

Ristek TV

open bidding es1

Hasil Seleksi CPNS 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Sabtu 21 Maret 2015
Kemenristekdikti Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 13 Mei 2011
Monitoring Kegiatan Riset Insentif Peningkatan Kemampuan Peneliti Dan Perekayasa (PKPP) Di Kemendiknas.
Print PDF Facebook Twitter Email

Kamis (12/5), Kementerian Pendidikan Nasional sebagai tuan rumah, melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan Riset Insentif Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa (PKPP) Kementerian Riset dan Teknologi di Lt.19 Gedung E, Kemendiknas, Jakarta.

Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Balitbang Kemdiknas, Hendarman, saat pembukaan acara tersebut memaparkan hasil evaluasi akhir Riset Insentif PKPP 2010. Ia mengatakan, pada umumnya hasil evaluasi baik dan saat ini akan dipaparkan kegiatan yg sedang berlangsung di tahun 2011. Terucap pula permohonan agar dana penelitian  serta tunjangan penelitian lebih ditingkatkan lagi dan segera terealisasi”, ujar Hendarman. 

Sementara itu, Wisnu Sardjono,  Asdep Penyedia dan Pengguna didampingi Anny Sulaswatty KaBiro Hukum dan Humas Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) menjelaskan bahwa pada 2010 yang lalu, monev dilakukan oleh masing-masing lembaga penerima insentif dan hasilnya dilaporkan ke KRT, akan tetapi sejak 2011 KRT langsung melaksanakan monev”, jelas Wisnu.

"KRT akan mempertimbangkan kegiatan yang dinilai baik untuk ikut mengisi puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang akan diselenggarakan pada 10 Agustus 2011 mendatang di Puspiptek Serpong,” Ujar Anny menambahkan.

Dalam monev tersebut, diminta 4 peneliti utama Kemendiknas  untuk mempresentasikan kegiatan Riset Insentif  PKPP yang sedang dilaksanakan pada 2011. Keempat peneliti utama yang presentasi yaitu  Nur Berlian Venus Ali, dengan judul “Studi Efektivitas Bantuan Operasional Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan Dasar”; JM Tedjawati dengan judul kegiatan “Pengembangan Model Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Daerah Pesisir”; dan I Gde Wayan Soken Bandana dengan judul kegiatan “Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali Dalam Wacana Seremonial Kematian: Studi Linguistik Antropologi”, serta diakhiri oleh Sugiyono yang mengangkat topik ”Akomodasi bahasa masyarakat perkotaan di indonesia”.

Terdapat 17 judul kegiatan  Riset Intensif PKPP di kemendiknas pada 2010 sedangkan pada tahun ini terdapat 21  judul kegiatan yang melibatkan 83 peneliti. Kegiatan monitoring  ini dihadiri oleh para peneliti utama dan atau wakil peneliti penerima insentif riset untuk kegiatan terkait dari seluruh Indonesia.

Dialog para peserta dalam monev yang dipandu oleh Ardiansyah dari Puslitjak, Balitbang Kemendiknas tersebut menghasilkan berbagai saran, masukan serta harapan dari para peserta terkait pengelolaan administrasi, publikasi hasil riset dengan keterbatasan jurnal nasional  terakreditasi berikut penilaian credit cum nya, serta pembiayaan manajemen pengelolaan kegiatan riset insentif setiap lembaga.

Dari sisi KRT, Hasil Monitoring kegiatan 2011 yang baru berjalan ini dinilai perlu berbagai penekanan, dimintakan agar penelitian mempunyai orientasi pada output yang  terkuantifikasi, ruang lingkup yang jelas, publikasi seperti yang selalu didengungkan oleh Menristek disetiap arahannya dengan istilah “Fokus, Lokus dan News”, pesan Anny diakhir diskusi.

Tim Monev Insentif PKPP Ristek direncanakan akan melakukan monitoring sejenis  untuk kelompon Kemendiknas yang berada di Bali dan Sulawesi Selatan dalam waktu dekat.(ad-jp/dep-3/as/humasristek)



Minggu 29 Maret 2015
Kuasai Iptek untuk Kembangkan Diri yang Tangguh
Jumat 27 Maret 2015
Kemenristekdikti-Pemprov DKI: Penerapan dan Pengembangan Agribisnis Peternakan Sapi Terpadu
Kamis 26 Maret 2015
Kerjasama Kemenristekdikti dengan Polres Nganjuk
Rabu 25 Maret 2015
Pelantikan Sekjen Kemenristekdikti
Senin 23 Maret 2015
Menristekdikti Resmikan Pembangunan Science Technopark di Kabupaten Kaur
Sabtu 21 Maret 2015
Kemenristekdikti Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi
Jumat 20 Maret 2015
Menristekdikti Hadiri Pembukaan 9th Agrinex Expo 2015
Sabtu 14 Maret 2015
Menristekdikti Panen Benih Padi Sidenuk
Rabu 11 Maret 2015
Menristekdikti Hadiri Dies Natalis UNS ke-39
Selasa 10 Maret 2015
Menristekdikti Hadiri Serah Terima Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRCP) di Univeristas Indonesia
[ Berita lainnya ]