Ristek Headline |
Jumat 29 Mei 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

surat
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 26 Mei 2015
Konferensi Pers tentang Ijazah Palsu

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 15 April 2011
Pengembangan Industri Hilir Karet Untuk Implementasi Kegiatan Sida Sumsel 2011
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam rangka optimalisasi dan sinergi kegiatan Sida Sumsel 2011 maka dilangsungkan rapat koordinasi Balitbangda, Dinas Perindustrian, DRD Sumsel dan Kementerian Ristek.  Kementerian Ristek  dihadiri oleh Asdep Iptek Industri Kecil Menengah, Santoso Yudo W, dan Asdep Budaya dan Etika, Vemmie Diana Koeswara, serta beberapa wakil dari Asdep Iptek Masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan  pada Hari Selasa 12 April 2011 lalu yang dilanjutkan dengan kunjungan ke Talang Kedondong Sentra UKM cenderamata basis karet dan Talang Jambe sebagai lokasi pengembangan industri hilir karet (serberet=serabut karet) serta Ogan Hilir sebagai lokus speklok.

Pada kesempatan tersebut, Asdep Iptek Industri Kecil Menengah, Santoso Yudo Warsono, mengatakan bahwa Kebijakan Sida di Sumsel sudah berjalan dengan  baik yang ditunjukkan dengan adanya kebijakan yang mendukung sistem Inovasi Daerah, implementasi sida berbasis karet telah dilakukan pada Tahun 2010.
“Oleh karena itu, pada tahun 2011 akan ditekankan pada pengembangan/pendalaman industri hilir karet yang sudah ada,” jelas Santoso.

Sementara itu, Asdep Budaya dan Etika, Vemmie Diana Koswara, mengatakan bahwa  inovasi teknologi seharusnya memperhatikan kesiapan  dan memperhatikan budaya atau karakter masyarakat dalam menerima inovasi. 

“Sebab itu, dalam pengembangan industri hilir di Talang Jambe akan disinergikan dengan kegiatan dari Asdep Budaya dan Etika dalam rangka mempersiapkan masyarakat  menerima teknologi dan menjadikan masyarakat kreatif dan inovatif,” kata Vemmie.

Menurut Kepala Balitbangda Sumsel, Ekowati Retnaningsi, permasalahan yang mendesak untuk segera diatasi pada kegiatan Sida dalam pengembangan industri hilir cendera mata berbahan karet adalah kurangnya bahan baku lateks cair dan pemasaran produk tersebut.   Sehubungan dengan itu, maka pada tahun  2011, pengadaaan dan peningkatan kapasitas produksi  Ball Mill (alat untuk memproduksi lateks cair) yang selama ini tergantung pada  alat yang ada di Baristand dengan kapasitas 0.5 kg/hari. 

Selain itu, akan dilakukan reverse enginering pada ball mill untuk menumbuhkan  IKM yang akan memproduksi ball mill, sehingga kendala bahan baku lateks cair bisa diatasi.  Kendala pemasaran cinderamata bahan karet akan diatasi dianataranya melalui kerjasama dengan koperasi HIPMI.

Pada kunjungan ke Kelurahan Jambe sebagai lokasi kegiatan Sida untuk pengembangan industri hilir karet (serberet),  rombongan KRT diterima  oleh Lurah Jambe Abdul Rahim dan tokoh Masyarakat setempat.

Pada prinsipnya Lurah dan masyarakat Jambe sangat menghargai dan menerima rencana penerapan Sida (pengembangan industri serberet)  di wilayahnya, untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada Rapat koordinasi di  Balitbangda, Vemmie D. Koswara juga melakukan sosialisasi Hakteknas ke-16 Tahun 2011 dan diharapkan partisipasi daerah pada pelaksanaan kgiatan tersebut.  Asdep Iptek IKM/Iptek Masyarakat/Budaya dan Etika. (Ad-4/Dep-5/Ad-5/Dep-1/humasristek)



Rabu 27 Mei 2015
Diskusi "Outlook Pendidikan Tinggi di Indonesia 2016"
Selasa 26 Mei 2015
Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan 2015
Rabu 20 Mei 2015
Identifikasi Kebijakan Peningkatan Investasi Litbang
Rabu 20 Mei 2015
Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107
Selasa 19 Mei 2015
Kemenristekdikti Sepakati Kerja Sama Peningkatan Produksi Sapi Unggul dengan Pemprov Jawa Barat
Jumat 15 Mei 2015
Lulusan Politeknik Harus Kompeten dan Siap Kerja
Jumat 15 Mei 2015
Pemanfaatan Iptek untuk Pertanian dan Peternakan
Sabtu 09 Mei 2015
Presentasi Publik Hasil Pemantauan Teluk Buyat Tahun 2014
Jumat 08 Mei 2015
Roadshow Panitia Hakteknas ke-20 di PT PAL dan ITS
Kamis 07 Mei 2015
Kegiatan Supervisi Pusat Unggulan Iptek
[ Berita lainnya ]