Ristek Headline |
Friday, August 29, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Friday, August 22, 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Friday, April 1, 2011
Fungsi Humas Birokrasi di dalam Komunikasi Masyarakat
Print PDF Facebook Twitter Email

Pemerintah dengan masyarakat memiliki hubungan ikatan yang tidak terpisahkan dari segala sektor. Hal ini terlihat saat terjadi konflik penerapan kebijakan, dimana usaha-usaha pemerintah untuk menstabilkan kondisi hingga membangun kembali dan mempertahankan citra pemerintah, terus menerus melibatkan unsur masyarakat. Sehingga fungsi humas birokrasi mempunyai peran penting dalam menjembatani komunikasi pemerintah dengan masyarakat saat penanggulangan krisis.

Humas, disamping sebagai media yang menghubungkan masyarakat dengan pemerintahnya, juga memiliki peran dibelakang panggung. Humas menjadi penyedia informasi kapanpun, dimanapun, dalam situasi apapun. Namun, untuk mengukur tingkat kepuasan khalayak terhadap kinerja humas masih belum mempunyai tolok ulur yang pasti. 

Untuk itu, guna meningkatkan fungsi dan peran kehumasan di dalam lembaga pemerintahan khususnya Ristek dan LPNK ristek serta untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kinerja humas dalam kesuksesan program Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pada 31 Maret 2011 kemarin diselenggarakan kembali  Forum bulanan Kehumasan Ristek - LPNK mengangkat tema "Humas dalam Birokrasi"

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan humas LPNK-Ristek yang sudah hadir untuk sharing info dan pengalaman mengenai peran Humas dalam KIP.  Bahkan, kebijakan yang diarahkan oleh Menristek bahwa news juga bagian dari target kegiatan selain focus dan locus,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenristek, Anny Sulaswatty didalam paparannya.

Bagaimana sebenarnya agar Humas dapat dipandang eksistensinya? Jika suatu lembaga terbilang jauh dari isu negatif apakah hal tersebut dapat dikatakan sebagai indikator keberhasilan peran Humas? Banyak strategi yang dapat diterapkan dalam menjalankan program-program kehumasan, terutama dalam mengcover pihak media massa selaku penyedia informasi kepada publik, agar opini masyarakat terhadap lembaga positif. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto sebagai pembicara utama.

“Diakui, memang siapapun bisa menjalankan peran sebagai humas. Akan tetapi, humas tetap memerlukan sentuhan-sentuhan komunikasi yang mempunyai kaidah Jaringan dan kecepatan beraksi sangat penting dalam menanggulangi media massa,” ujar Gatot memberikan arahannya.

Selain itu, Gatot juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi isu penting, humas harus setidaknya mengetahui teori komunikasi yang ada. Humas diharapkan dapan lebih berperan dalam mendekatkan diri dengan jurnalis. Sosialisasi ke media massa harus dirancang sedemikian rupa dan extraordinary.

Menanggapi penerapan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Gatot turut memberikan pemahaman mengenai isu-isu seputar pelaksanaan UU KIP. Dimana diantaranya, PPID sebaiknya senantiasa mencermati UU lain yang berkaitan, kompeten, menyediakan fasilitas pelayanan dalam bentuk email, fax, dll, optimal, kooperatif, prosedural, dan sebagainya.

Forum yang diselenggarakan di Gedung II BPPT  lt 1 ini, dihadiri oleh Kepala Bagian Humas Ristek, Wawan Bayu PWS, dan para undangan dari bagian Humas LPNK,- Ristek diantaranya Kepala Bagian Humas BPPT , Lucyana H, Kepala Bagian Humas LIPI, Tjempaka Sari, Kepala Bagian LAPAN, Elly K, Kepala Bagian Humas Bapeten, Aries Setyarto, Kepala Humas PP Iptek TMII, Dedi Sutendi, dan  staf kehumasan masing masing.

Forum Kehumasan Ristek - LPNK bulan depan  disepakati akan mengangkat tema seputar nuklir dan pemanfaatannya dan akan di selenggarakan oleh Humas BATAN. (bhh/aps/md/humasristek)



Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Monday, August 25, 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Friday, August 22, 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Friday, August 22, 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Thursday, August 21, 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Tuesday, August 19, 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Monday, August 18, 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Sunday, August 17, 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Wednesday, August 13, 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
Wednesday, August 13, 2014
Menristek Dapat Pengahargaan Bintang Mahaputra Adipradana
[ Berita lainnya ]