Ristek Headline |
Sabtu 30 Agustus 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 28 Maret 2011
Tim SIDa Sumsel Gandeng HIPMI
Print PDF Facebook Twitter Email

Sistem Inovasi Nasional (SINas) sesungguhnya sangat berkaitan dengan terwujudnya/terimplementasinya Sistem Inovasi Daerah (SIDa).  Salah satu pilot project SIDa, adalah industri karet yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi di Propinsi Sumatera Selatan. Untuk mengembangkan industri karet tersebut telah disusun Road Map Pengembangan Klaster Karet Berbasis Inovasi Teknologi  untuk kurun 2010 - 2014.

Perkembangan implementasi SIDa Sumsel disampaikan oleh Kabalitbangda Sumsel,  Ekowati Retnoningsih, pada acara diskusi pada tanggal 25 Maret 2011 yang lalu bertempat di ruang rapat lt. 23 Gedung II BPPT.  Forum diskusi yang diprakarsai oleh  Asdep Industri Kecil Menengah Kementerian Ristek ini, dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian Riset dan Teknologi yang terkait dengan Pengembangan Sistem Inovasi Daerah  yang tergabung dalam Kelompok Kerja SIDa – Ristek.

Produk turunan karet yang dikembangkan adalah souvenir berbahan karet yang telah diproduksi di Sentra Souvenir di Talang Kedondong Palembang.  Dalam pengembangan sentra ini, tahun 2010 Tim SIDa Sumsel telah bekerja sama dengan HIPMI dan Bank Sumsel  guna menyediakan 50 etalase, 50 banner dan 500 Kg latex cair sebagai modal usaha pengrajin", jelas Ekowati.

Rencana Aksi SIDa Sumsel meliputi 7 (tujuh) komoditas unggulan yaitu Karet, Kelapa Sawit, Kepala, Kopi, Tanaman Obat dan Buah-buahan dimana sampai saat ini, pembahasan konsep SIDa telah menjadi agenda rutin pada Rakor Kepala Bappeda se-propinsi",ujarnya lagi. 

"Dalam rangka pelaksanaan SIDa, Pemerintah Daerah Sumatera Selatan telah mengeluarkan beberapa regulasi, diantaranya Surat Keputusan Gubernur mengenai Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Perubahan Badan Litbang Daerah menjadi Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah, Pembentukan Tim SIDa, Ijin Penelitian dan Serambi Difusi Iptek (Lembaga Intermediasi Teknologi).  Dukungan Pemda juga diwujudkan dengan menaikkan anggaran inovasi dalam APBD Sumsel sebesar 60% pada tahun 2012 nanti", Lanjut Eko.

Pada gilirannya, Santoso memaparkan tentang penyusunan master plan SIDa, didasarkan pada rekomendasi Analysis National Innovation System (ANIS) yang telah dilakukan pada Tahun 2010.  Rekomendasi tersebut antara lain yaitu Regulasi Pro Inovasi, Pusat Transfer Teknologi, Taman Teknologi, Klaster, Penyedia Layananan Inovasi, Lembaga Pendanaan  dan Usaha Kecil dan Menengah.  Pada Tahun 2011 akan dikembangkan adalah Pusat Transfer Teknologi yang akan memanfaatkan database hasil litbang", papar Santoso.

Selanjutnya, kerja sama yang telah dibangun akan dikembangkan dengan beberapa pihak  terkait sebagai penyandang dana, seperti Kamar Dagang dan Industri, Gabungan Pengusaha Karet Indonesia, Bank Sumsel, dan PT. Bukit.

"Konsep pengembangan SINas dan SIDa akan disosialisasikan kepada Balitbang Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Riset dan Teknologi akan mengusulkan model SIDa yang telah diterapkan di Sumsel untuk menjadi salah satu model yang dapat diterapkan di seluruh propinsi di Indonesia.  Selain itu, Ristek juga akan mengusulkan ke Balitbangda Sumsel agar dapat menjadi vocal point pengembangan Sistem Inovasi Daerah", ujar Santoso selaku Asdep Industri Kecil Menengah Kementerian Ristek dalam penghujung pertemuan.(ad-ikm/asn/humasristek).



Senin 25 Agustus 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Jumat 22 Agustus 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Kamis 21 Agustus 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Rabu 13 Agustus 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
Rabu 13 Agustus 2014
Menristek Dapat Pengahargaan Bintang Mahaputra Adipradana
[ Berita lainnya ]