Ristek Headline |
Rabu 22 Oktober 2014
 
 

IQE

Seleksi Calon Kepala LIPI
CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Kamis 16 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 28 Maret 2011
Penajaman Pelaksanaan SPEKLOK di Jepara
Print PDF Facebook Twitter Email

Pada hari Selasa 22 Maret 2011, bertempat di Bumi Perkemahan Pakis Adhi Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara diselenggarakan pertemuan untuk pengembangan tahapan analisis actor dan scenario planning. Pertemuan yang dihadiri antara Balitbangda Prov. Jawa Tengah, Bappeda Jepara, Asdep Iptek Masyarakat Kementerian Ristek, Garuda Food dan masyarakat kelompok tani Suwawal Timur, Lebak, dan Bulungan (SuLeBu) sebagai tindak lanjut hasil dari pelaksanaan FGD kebutuhan Teknologi dengan Kelompok Tani  SuLeBu Jepara yang lalu.

Rangkaian agenda dalam pertemuan ini antara lain  menjaga komitmen pihak Garuda Food untuk terus mensupport para kelompok tani (poktan) kacang tanah SuLeBu Jepara terkait perubahan iklim yang tidak menentu. Hal ini perlu dilaksanakan untuk dapat mengantisipasi yang pada akhirnya mempengaruhi pola tanam bibit kacang tanah yang akan berdampak pula pada jadwal panen raya yang mundur. Selama ini Garuda Food telah membantu para poktan dengan pengadaan bibit kacang tanah sebanyak  1 ton.

Dari diskusi yang dipandu oleh Agus Suryono Kabalitbangda Jateng, pihak Bappeda yang diwakili Anik Susila mengharapkan agar pihak Garuda Food yang diwakili oleh  Edi dan Ary dapat membuatkan SOP bagi poktan SuLeBu baik itu dari segi manajemen maupun untuk proses penanaman sampai dengan panen.

Sedangkan pembicara dari wakil poktan Suwawal Timur mengatakan bahwaberharap agar bibit yang diperoleh, baik dari Garuda Food maupun dari bantuan Bappeda Jepara, haruslah benih benih yang bagus dan sudah dipilah pilah sebelumnya.  DSelain itu diharapkan pula kementerian Ristek melalui program Speklok juga dapat segera merealisasikan hasil TNA yang didapat pada FGD sebelumnya yaitu kebutuhan akan alat perontok tanah pada kacang tanah, alat pensortasi besar kecil kacang tanah dan alat pengering benih.

Untuk alat alat paska panen primer kedepanya akan diperoleh dari litbang yang ada di LPNK Ristek maupun di litbang Pertanian tergantung dari kemudahan masyarakat SuLeBu untuk membuat, menjalankan dan merawatnya. Kementerian Ristek diwakili oleh Ari Hendrarto Saleh kabid Transfer Iptek Masyarakat   akan melakukan penyeleksian dalam menentukan alat yang paling cocok bagi masyarakat SuLeBu Jepara. Pihak Garuda Food sendiri sudah mempunyai alat perontok tetapi hasilnya belum maksimal. Diharapkan pada saat panen raya kacang tanah, sekitar bulan Juli 2011, alat alat paska panen ini sudah dapat difungsikan sehingga para petani lebih cepat dalam memenuhi pasokan kebutuhan Garuda Food, maka diharapkan pada bulan Juni, telah dilaksanakan pelatihan cara membuat alat alat tersebut di kabupaten Jepara.

Untuk itu pak Agus Suryono mengharapkan terus dijalinnya komunikasi yang intens antara Ristek dan Bappeda Jepara demi suksesnya pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di propinsi Jawa Tengah. Diwaktu yang bersamaan, tim Ristek didampingi tim Bappeda Jepara telah melihat lokasi Kura Kura Ocean Park di Jepara, dimana di lantai 2 nya pihak Bappeda Jepara mempunyai rencana untuk diisi dengan alat alat peraga edukatif Iptek. Ditempat ini pula nantinya pada awal bulan Juli direncanakan akan dilaksanakan kegiatan Science for All terkait dengan Hakteknas 2011. (AD-IM)



Senin 20 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia
Kamis 16 Oktober 2014
Rapat Kerja PP-IPTEK 2014: Peran Strategis PP-IPTEK Dalam Mewujudkan SDM Iptek yang Berdaya Saing
Kamis 16 Oktober 2014
RISET-PRO Targetkan Cetak Doktor Handal
Rabu 15 Oktober 2014
Peluncuran Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019
Selasa 14 Oktober 2014
Kotabaru Dicanangkan sebagai Kawasan PKN
Senin 13 Oktober 2014
Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengembangan Sel Punca dan Jaringan
Senin 13 Oktober 2014
PP-IPTEK Adakan Kontes Robot 2014
Senin 13 Oktober 2014
Soft Launching SIDa di Kabupaten Karanganyar
Jumat 10 Oktober 2014
Menristek Hadiri Rapat Pembina Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU)
Kamis 09 Oktober 2014
Menristek Buka Hari Listrik Nasional ke-69
[ Berita lainnya ]