Ristek Headline |
Kamis 17 April 2014
 
 
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 11 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 07 September 2010
Wawancara Menristek : Mudik Pererat Silaturrahim
Print PDF Facebook Twitter Email

Mudik adalah momentum untuk berkumpul dan silaturrahim dengan orang tua dan keluarga besar. Bahkan, bagi masyarakat Indonesia, mudik adalah tradisi yang baik, bukan hanya menjelang Idul Fitri.

Hal itu diungkapkan Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata saat diwawancarai Harian Seputar Indonesia (SINDO) di Kantor Kementerian Riset dan Teknologi, Jakarta, Kemarin. 

Sindo: Ramadhan kali ini adalah untuk pertama kalinya setelah Anda menduduki jabatan sebagai Menristek. Apa yang istimewa dibanding Ramadhan sebelumnya?

Menristek: Sebenarnya, tak ada perbedaan yang berarti dalam kaitan kesibukan saya. Sebelum menjadi menteri, saya terbilang sibuk dengan berbagai aktivitas partai dan dakwah termasuk di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kesibukan selaku menteri selama Ramadhan ini saya rasakan sebagai perpindahan kesibukan sebelumnya, meski dengan bobot dan suasana yang berbeda.

Sindo: Adakah aktivitas ibadah yang berkurang karena masalah tanggung jawab yang bapak emban saat ini?

Menristek: Insya Allah tak ada ibadah yang berkurang akibat kesibukan dan tanggung jawab di Kementerian Riset dan Teknologi. Justru menurut saya aktivitas ibadah dalam artian umum jauh lebih meningkat. Ini karena pemahaman ibadah, menurut saya, ada yang bersifat khusus atau ibadah mahdhoh, dan juga ibadah yang bersifat umum atau ghoiru mahdhoh.  Termasuk memikirkan kemaslahatan bagi bangsa dan Negara, terkait dengan aspek riset dan teknologi, adalah bagian dari ibadah secara umum. Segala kebijakan yang mampu mendorong riset dan teknologi memberi kemanfaatan bagi seluruh lapisan bangsa dan negara, menurut saya termasuk ibadah. Tentu saja, semua itu kita lakukan dengan niat ikhlas karena Allah semata. 


Sindo: Sebagai menteri, apa arti sebuah amanah bagi Anda?

Menristek: Amanah adalah suatu pembebanan, tugas yang bukan saja memiliki dimensi duniawi, tetapi juga memiliki dimensi ukhrowi.  Jadi amanah adalah medan amal untuk beribadah.  Dengan demikian, setiap amanah yang kita pikul, apalagi amanah kementerian yang menyangkut hajat hidup masyarakat banyak, harus kita pertanggungjawabkan di hadapan manusia dan Tuhan.  Karenanya harus kita tunaikan sebaik-baiknya.
 
Sindo: Adakah pengaruh dari spirit Ramadhan kali ini, kebetulan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-65, untuk mengembangkan dunia iptek agar lebih maju lagi di masa akan datang?

Menristek: Spirit Ramadhan saya kira menjadi hal terpenting dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-65. Bila kita tengok 17 Agustus, 65 tahun silam, para pendiri bangsa ini memproklamirkan kemerdekaan bertepatan dengan bulan Ramadhan. Oleh karena itu, momentum Ramadhan saya kira menjadi salah satu pertimbangan para pendiri bangsa ini untuk kemudian memproklamasikan kemerdekaan negara Indonesia. Tak salah kiranya kalau Ramadhan disebut juga sebagai Syahrul Jihad atau bulan perjuangan, sama seperti Agustus yang juga disebut bulan kemerdekaan. Di Ramadhan, kita berjuang untuk menundukkan hawa nafsu guna mencapai keridhoan Illahi. Akhir dari Ramadhan membawa kita menjadi manusia-manusia yang merdeka dari perbudakan hawa nafsu. Semangat seperti inilah yang sejatinya perlu kita  ambil dalam mengembangkan dunia iptek agar lebih maju lagi di masa depan. Kita menyadari bahwa perjuangan menjadikan iptek sebagai budaya bangsa adalah hal yang tidak mudah. Begitu pula untuk menjadikan hasil-hasil iptek dapat dinikmati oleh seluruh lapisan bangsa ini, juga bukanlah perkara mudah. Namun, kalau kita tidak memiliki semangat dan keyakinan bahwa semua itu pasti akan berhasil, tentu semua keinginan tersebut hanya akan menjadi impian belaka, yang tidak akan pernah terwujud.

Sindo: Di akhir bulan Ramadhan, apakah anda mentradisikan mudik?

Menristek: Sebagai momentum untuk berkumpul bersilaturahim kepada orangtua dan keluarga besar, mudik adalah tradisi yang baik dari masyarakat kita, meskipun tidak harus dilakukan pada momen-momen Ramadhan atau Idul Fitri. Mudik adalah bagian dari penghormatan dan kecintaan kepada keluarga yang dianjurkan agama.  Kampung halaman saya sendiri tidak jauh, hanya ke Bandung. Jadi, setiap waktu tanpa dibatasi lebaran pun saya sudah bisa bolak-balik pulang kampung.

Sindo: Biasanya apa yang bapak lakukan selama masa mudik tersebut ?

Menristek: Seperti saya sampaikan tadi, mudik dimaknai sebagai upaya menjalin dan menguatkan tali silaturahim antara kita, keluarga kita dan masyarakat tempat kita dilahirkan atau bertempat tinggal. Karena itu, setiap kali mudik saya biasanya menjalin dan menguatkan tali silaturahim serta saling berkunjung dan mengunjungi. Sekaligus mendidik anak-anak untuk mengenal keluarga besarnya dan mewariskan nilai-nilai silaturahim tersebut.

Sindo: Terkait dengan  mudik, kemacetan di Jalan tidak terhindarkan. Apa solusinya?

Menristek: Saya kira, saya tidak dalam kapasitas untuk memberi solusi atas persoalan kemacetan atau persoalan teknis terkait dengan mudik lebaran. Tentu saja, secara pribadi kita mungkin saja punya pendapat menyangkut mudik. Ketika sangat banyak orang melakukan liburan atau mudik, saya kira kemacetan pasti akan terjadi. Mudik yang sudah menjadi tradisi ini sulit rasanya membatasi atau mengubahnya sedemikian rupa. Hanya saja, kewaspadaan dan kehati-hatian melakukan perjalanan panjang dengan segala persoalannya harus dipersiapkan dengan lebih baik agar segala hal yang tidak kita inginkan dapat dihindari. (sindo,4sept2010/humasristek)



Rabu 16 April 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Rabu 16 April 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Senin 14 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Selasa 08 April 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Selasa 08 April 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Senin 07 April 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Senin 07 April 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Senin 07 April 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Kamis 03 April 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Kamis 03 April 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]