Ristek Headline |
Kamis 25 Desember 2014
 
 

mptn
mptn
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Kamis 18 Desember 2014
Pelantikan 3 Rektor dan 2 Kopertis

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 02 Agustus 2010
SMK Muda Patria Kalasan Jawara KOBOTEK 2010
Print PDF Facebook Twitter Email

Setelah sering menyelenggarakan workshop robotic untuk para pelajar, Minggu (1/8) kemarin Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menggelar kompetisi robotic tingkat pelajar dengan nama KOBOTEK 2010. Kompetisi yang diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pelajar Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya robotic ini dibuka tepat pukul 10.00.

Kompetisi robotic ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMP dan kategori SMK. Masing-masing kategori memiliki kriteria penilaian yang berbeda.

Untuk kategori SMP setiap peserta harus merakit robot menggunakan kit robot dari Fischertechnic. Kecepatan waktu dalam merakit robot merupakan salah satu kriteria yang menjadi penilaian pada kategori ini. Setelah seluruh peserta berhasil merakit robot, masing-masing robot diuji kemampuannya dalam mengumpulkan poin terbanyak dalam satu lintasan. Setiap robot hanya boleh melewati tiga titik poin yang mereka pilih dari enam titik poin yang disediakan. Jika robot menabrak rintangan yang ada pada lintasan, maka poin yang didapat akan dikurangi 50 angka.

Sedangkan untuk kategori SMK robot yang dilombakan harus sudah lulus uji kelayakan dan kesesuaian dengan ketentuan kompetisi terlebih dahulu. Kelayakan dan kesesuaian yang dimaksud antara lain adalah robot yang akan dilombakan harus autonomos, robot tidak dioperasikan dengan remote control dan alat pengendali jarak jauh lainnya, dari segi dimensi robot tidak boleh lebih dari 20 cm baik panjang, lebar ataupun tingginya, sedangkan dari segi berat robot tidak boleh lebih dari 2 kg. Setelah robot lulus uji kelayakan dan kesesuaian maka robot dinyatakan berhak untuk ikut dalam kompetisi.

Ada dua hal yang menjadi kriteria penilaian pada kategori ini, pertama adalah kemampuan robot untuk melewati jalur yang sudah ditentukan pada lintasan, jika robot keluar dari jalur yang telah ditentukan maka robot harus memulai kembali dari check point terahkir yang dilewati. Kriteria kedua adalah kecepatan robot mencapai garis finish.

Setelah melewati persaingan yang cukup ketat, akhirnya didapat tiga orang pemenang dari masing-masing kategori. Untuk kategori SMP, juara pertama diraih oleh Bimo Ichum dari SMPN 49 Jakarta, juara kedua diraih oleh Maulidya Ajeng Yulvia dari SMPIT Nurul Fikri Boarding School, dan juara ketiga diraih oleh Aslam Muhammad dari SMPIT Al Azhar 9.

Sedangkan untuk kategori SMK pemenang dari kompetisi KOBOTEK 2010 ini adalah Arief Kurniawan dan Latief Perdana dari SMK Muda Patria Kalasan Yogyakarta sebagai juara satu dan juara dua, untuk juara ketiga dari kategori ini diraih oleh tim SMKN 56 Jakarta.

Rencananya kompetisi KOBOTEK ini akan kembali diselenggarakan tahun depan, untuk menjaring lebih banyak minat dan bakat pelajar pada bidang robotic.[pp-iptek]

 

 

 

 

 

 

 



Kamis 18 Desember 2014
Pelantikan 3 Rektor dan 2 Kopertis
Kamis 18 Desember 2014
Rapat Tim Koordinasi Nasional Penguatan SIDa
Kamis 18 Desember 2014
Menristekdikti Hadiri Musrenbangnas
Rabu 17 Desember 2014
Penjajagan Kerjasama Interoperabilitas Hasil-Hasil Penelitian antara Kemenristekdikti dengan Universitas Airlangga
Rabu 17 Desember 2014
Teknologi Spasial Open Platform untuk Kota Pekalongan
Selasa 16 Desember 2014
Menristekdikti Serahkan Penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2014
Selasa 16 Desember 2014
Owa Jawa Berhasil Ditangkarkan Oleh Studi Pusat Studi Satwa Primata
Selasa 16 Desember 2014
Penganugerahan Pusat Unggulan Iptek 2014
Senin 15 Desember 2014
Presiden RI Joko Widodo Hadiri Puncak Peringatan Hari Nusantara 2014
Senin 15 Desember 2014
Menristekdikti Resmikan Desa Inovasi Nelayan
[ Berita lainnya ]