Ristek Headline |
Jumat 26 Desember 2014
 
 

mptn
mptn
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Kamis 18 Desember 2014
Pelantikan 3 Rektor dan 2 Kopertis

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


INFO IPTEK
Kamis 17 Juni 2010
Batasi Kecepatan Berkendara Maksimal 80 km/jam, Capai Penurunan Emisi Karbon Dioksida Sebesar 30%
Print PDF Facebook Twitter Email

Sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang terbesar emisi karbon dioksida. Jutaan mesin yang berjalan hilir mudik di jalanan menggunakan bahan bakar fosil, diesel dan bensin.

Hingga kini berbagai usaha telah dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi, mulai dari alternatif bahan bakar organik, perbaikan efisiensi sistem pembakaran dalam ruang bakar, hingga perbaikan aerodinamika bodi kendaraan dan peningkatan unjuk kerja roda.

Semua langkah tersebut di atas merupakan usaha secara teknis untuk mengurangi emisi CO2 yang ditimbulkan kendaraan. Sebagai pengendara ada sebuah cara sederhana yang menurut hasil riset perusahaan konsultan di Belanda bisa dilakukan untuk mengurangi emisi kendaraan dengan hanya membatasi kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

CE Delft melaporkan bahwa kecepatan maksimum 80 kilometer per jam akan mengurangi emisi CO2 hingga 30%. Studi yang dilakukan perusahaan konsultan terkemuka di Belanda tersebut menjelaskan bahwa jika batasan kecepatan maksimum dilakukan menyeluruh di seluruh Belanda dan dilakukan dengan ketat, maka angka 30% tersebut akan tercapai. Sementara jika pelaksanaannya tidak dilakukan dengan ketat, maka pengurangan emisi hanya akan sebesar 8 - 21%.

Dalam hasil riset tersebut juga dijelaskan bahwa riset tersebut didesain khusus untuk Belanda. Artinya jika riset tersebut dilakukan di negara-negara lain dengan metode yang sama, maka akan memberikan hasil yang berbeda. Faktor yang mempengaruhinya adalah batas kecepatan yang berlaku dan jenis kendaraan yang banyak digunakan.

Selain itu juga didapatkan temuan yang menarik dari riset tersebut. Batasan kecepatan yang relatif rendah tersebut akan menambah waktu yang dibutuhkan untuk sebuah perjalanan dengan jarak yang sama. Hal tersebut sedikit demi sedikit akan ''memaksa'' banyak pemilik kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik.

Riset tersebut juga memprediksi bahwa semakin lama orang akan memilih untuk lebih dekat dengan tempat belanja dan kerjanya, yang berarti juga mengurangi jarak tempuh. Dampak positif lain dari pembatasan kecepatan adalah menurunnya polusi udara dan suara, serta meningkatnya keselamatan di jalan raya. (planethijau.com/ humasristek)



Rabu 10 Desember 2014
Drone Buatan Mahasiswa UGM
Jumat 14 November 2014
Arjuna, Mobil Listrik UGM Juara Kompetisi
Kamis 23 Oktober 2014
Rupa-Rupa Modifikasi Pangan Kreasi Mahasiswa
Kamis 16 Oktober 2014
Indonesia Kuasai Teknologi Baterai Lithium
Kamis 16 Oktober 2014
SMPN Surabaya Sabet Dua Juara Robotika Nasional
Kamis 16 Oktober 2014
Prestasi Nasional Mahasiswa FTUI
Kamis 16 Oktober 2014
Mahasiswi Darmajaya Ciptakan Software Pendeteksi Flu Burung
Senin 29 September 2014
2 Pelajar Banjarnegara Ubah Biji Salak Jadi Energi
Jumat 19 September 2014
Siswa SMK Gresik Ubah Air Urin Menjadi Air Bersih
Jumat 19 September 2014
Software dari ITS Bantu Negara Hemat Rp52 M
[ Berita lainnya ]