Ristek Headline |
Kamis 31 Juli 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 16 Juli 2014
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Asdep Jaringan Penyedia Dengan Pengguna dan Menristek

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 16 Juni 2010
Menristek Lantik Asep Karsidi Sebagai Kepala BAKOSURTANAL
Print PDF Facebook Twitter Email

Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) menyelengarakann Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Asep Karsidi sebagai Kepala BAKOSURTANAL menggantikan pejabat  lama R.W. Matindas yang memasuki masa purnabakti, Selasa 15 Juni 2010, pukul 10.00 WIB, bertempat di Auditorium Bakosurtanal Cibinong Bogor. Sebagai saksi pada Pelantikan Kepala BAKOSURTANAL tersebut, diantaranya Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Hudi Hastowo, Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir  (BAPETEN) As Natio Lasman.

Pelantikan Asep Karsidi sebagai Kepala BAKOSURTANAL ini, berdasarkan keputusan Presiden RI no. 64 M/2010 tanggal 8 Juni 2010. Asep Karsidi  sebelumnya adalah pejabat Deputi I Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial pada Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah  bukanlah sekedar acara seremonial belaka, tetapi sesungguhnya merupakan suatu peneguhan akan komitmen, untuk melaksanakan tugas dan amanah yang dipercayakan dengan penuh tanggung jawab dan tentunya sangat berkaitan dengan integritas dan  profesionalitas. “Hal ini bukan saja didorong oleh upaya reformasi internal atau benah diri yang terus dilakukan, tetapi oleh besarnya harapan dan tuntunan akan capaian prestasi yang harus ditunjukkan keseluruh masyarakat”, ujar Menristek Suharna Surapranata pada sambutannya.

Menurut Menristek,  penggantian pejabat merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, terlebih setelah pimpinannya sudah menyelesaikan tugasnya sampai memasuki masa purnabakti. Siapapun pemimpinnya, organisasi harus dapat berjalan baik, dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia. “Oleh karena itu, yang perlu dijaga adalah bagaimana mengoptimalkan sumberdaya manusia yang ada di BAKOSURTANAL ini, agar dapat dikelola dengan baik untuk mendukung roda perjalanan organisasi sendiri. Di sinilah tugas pimpinan, yaitu mengoptimalkan semua potensi personilnya dengan mempertimbangkan pola, budaya, dan kondisi serta komposisi agar dapat berperan dalam mendukung keberhasilan kebijakan operasional yang akan dibuat nantinya”, pesan Menristek.

Reformasi Birokrasi menjadi bagian program kerja dari pimpinan yang baru, tentunya dengan tetap memperhatikan kesinambungan dari apa yang sudah dirintis oleh pimpinan sebelumnya. Reformasi Birokrasi bukan hanya berarti perbaikan remunerasi, tetapi lebih dari itu, bagaimana terus memperbaiki manajemen dan roda kerja organisasi sehingga tujuan-tujuan organisasi dapat tercapai.

Sebagaimana diketahui, Artikel 55 UN Charter menyatakan bahwa pemetaan merupakan pelayanan publik yang mampu memberikan dan menyajikan informasi kebumian baik (wilayah darat dan laut) yang dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan pembangunan suatu negara. Selain dari pada itu fungsi BAKOSURTANAL dalam pembangunan Nasional di bidang Survei dan Pemetaan.

“Mengacu pada keppres 103 tahun 2003, fungsi BAKOSURTANAL adalah pengkajian dan menyusun kebijakan di bidang Survei dan Pemetaan, Pembinaan Infrastruktur data spasial nasional, dan koordinasi kegiatan fungsional. Dalam melaksanakan tugas BAKOSURTANAL  di pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan  instansi pemerintah dibidang Survei dan Pemetaan Nasional. Maka, kepada pejabat yang baru dilantik, diminta tetap berupaya meningkatkan kontribusi  fungsi Bakosurtanal ketika keberadaannya makin dirasakan manfaatnya oleh Bangsa disamping melakukan perbaikan-perbaikan perilaku organisasi mengacu pada RPJMN 2010-2014, Renstra BAKOSURTANAL dan Reformasi Birokrasi”, pinta Menristek.

Menurut Menristek,  pembahasan rencana UU informasi geospasial harus terus mendapat perhatian karena akan memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan Survei Pemetaan/Informasi Geospasial, sedangkan pada implementasinya, upaya sungguh-sungguh untuk membangun  Infrastruktur data geospasial nasional yang merupakan visi BAKOSURTANAL harus diperkuat sehingga pembangunan yang lebih baik dengan tersediannya data informasi geospasial yang berkualitas, dapat diakses dengan mudah”, ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Menristek  menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat lama, R.W. Matindas yang telah menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik sebagai Kepala Bakosurtanal, serta atas keberhasilan Laporan Keuangan BAKOSURTANAL dengan opini WTP dan laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) dengan nilai CC.   Menristek berharap agar terus berkarya untuk bangsa dan negara dimanapun berada sesuai dengan profesi dan keahlian serta pengalaman yang dimiliki.

Akhirnya, Menristek mengatakan tantangan diletakkan pada pundak Asep Karsidi untuk melanjutkan kepemimpinan BAKOSURTANAL guna menghasilkan karya nyata bagi masyarakat dan bangsa”, tegas Suharna mengakhiri sambutannya.

Pelantikan ini dihadiri oleh para pejabat Kementerian, Badan dan Lembaga, Pimpinan Unit Dharmawanita Persatuan BAKOSURTANAL, TNI, Perguruaan Tinggi, Pimpinan Organisasi dan Profesi, Asosiasi Organisasi mitra kerja Bakosurtanal baik Sipil maupun Militer beserta jajarannya dan  undangan lainnya. (mf/humasristek)



Kamis 17 Juli 2014
Menristek Resmikan Workshop Fasilitas Pilot Plant Riset Baterai Lithium
Senin 14 Juli 2014
Menristek Hadiri Peresmian RS Pusat Otak Nasional
Selasa 08 Juli 2014
Sinkronisasi Kebijakan, Program dan Pendanaan Iptek 2015-2019
Senin 07 Juli 2014
Buka Puasa Bersama : Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Pengabdian Kita
Senin 07 Juli 2014
DWP Kemenristek Serahkan Santunan Pendidikan
Jumat 04 Juli 2014
Pengembangan Teknologi Transportasi Multiguna Pedesaan Hasil Konsorsium Riset
Jumat 04 Juli 2014
Peresmian Bio Center Plant dan Ground Breaking Unit Produksi Enzim PT Petrosida Gresik
Kamis 03 Juli 2014
Pengembangan Industri Perdesaan Berbasis Sumber Daya dan Produk Lokal Ternak Ruminansia Kecil dalam Wadah Konsorsium
Selasa 01 Juli 2014
Kemenristek Dorong Penguatan Jaringan Riset dalam Pengembangan Energi Alternatif di Kota Surakarta
Selasa 01 Juli 2014
Indonesia - Iran: Dua Negara Islam Bersahabat yang Berkomitmen untuk Melaksanakan Penelitian dan Produksi Iptek Bersama
[ Berita lainnya ]