Ristek Headline |
Jumat 18 April 2014
 
 
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 11 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 04 Juni 2010
Penyusunan RKA-KL Tahun 2011 Harus Sesuai Renstra
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam rangka persiapan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Riset dan Teknologi (RKA - KL) TA. 2011, perlu adanya persamaan persepsi dalam penyusunan tersebut, karenanya Biro Perencanaan  menyelenggarakan  rapat koordinasi  Persiapan Penyusunan RKA-KL tahun 2011 pada tanggal 3 Juni tahun 2010 di Gd. II BPPT, Ruang Rapat LT. 5 , Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat, dan diikuti oleh para Pejabat Eselon II dan operator RKA-KL dari lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi.
   
Kepala Biro Perencanaan, Farid Binaruno dalam sambutan pembukaan rapat, menyampaikan, agar seluruh Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi harus memiliki  minimal 1 (satu) kegiatan yang mempunyai output terukur, karena kegiatan tersebut nantinya akan berpengaruh pada program kerja selama 5 (tahun) sesuai dengan Renstra Ristek Tahun 2010-2014 dengan lebih baik, terfokus dan terarah.

Persiapan dan Kaidah-kaidah penyusunan RKA-KL 2011 yang mengacu pada  Pendekatan Penganggaran, Pedoman Umum dan Referensi Terkait dan Format dan Sistem Aplikasi RKA-KL, dipaparkan lebih lanjut oleh  Zulfan Adrinaldi Kabag Program dan Anggaran yang sekaligus memandu sesi diskusi.

Dijelaskan mengenai rumusan  Kriteria Output, adalah  barang atau jasa yang dihasilkan dari pelaksanaan sebuah kegiatan untuk mendukung pencapaian outcome program dan/atau outcome fokus prioritas; Mencerminkan sasaran kinerja  Eselon II/Satker sesuai Tugas-fungsi atau penugasan prioritas pembangunan nasional; Merupakan produk utama/akhir yang dihasilkan oleh Eselon II/Satker penanggung jawab kegiatan; Bersifat spesifik dan terukur; Untuk Kegiatan Fungsional sebagian besar output yang dihasilkan berupa regulasi sesuai tugas-fungsi Es. II/Satker; Untuk Kegiatan penugasan (Prioritas Nasional) menghasilkan output  yang mempunyai dampak secara nasional; Setiap Kegiatan bisa menghasilkan output lebih dari satu jenis; Setiap Output didukung oleh komponen input dalam implementasinya; Revisi rumusan output dimungkinkan pada penyusunan RKA-KL dengan mengacu pada Pagu Sementara/Pagu Definitif.

“Apabila merupakan kegiatan penugasan (prioritas nasional) maka outputnya akan mempunyai dampak secara nasional karena kegiatan yang dihasilkan memiliki output yang lebih dari satu jenis dimana setiap output tersebut didukung oleh komponen input”,jelas Zulfan.

Untuk tahun 2011 program yang ada di Kementerian Riset dan Teknologi sesuai hasil Restrukturisasi terdiri dari Program Teknis (Program Peningkatan Kemampuan Iptek Untuk Penguatan Sistem Inovasi Nasional) dan Program Generik (Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur atau Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya).

Zulfan Adrinaldi, diakhir paparannya mengatakan, bahwa hasil akhir dari rapat ini diharapkan bisa menghasilkan persamaan persepsi dalam mendefinisikan Output masing-masing kegiatan dengan berpedomana kepada kebijakan Bappenas dan Kementerian Keuangan dalam merancang kegiatan tahun 2011 sehingga terwujud Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2011 yang sesuai dengan visi misi yang diamanahkan oleh negara. (roren/rch/humasristek)



Rabu 16 April 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Rabu 16 April 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Senin 14 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Selasa 08 April 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Selasa 08 April 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Senin 07 April 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Senin 07 April 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Senin 07 April 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Kamis 03 April 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Kamis 03 April 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]