Ristek Headline |
Sabtu 30 Mei 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

surat
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 26 Mei 2015
Konferensi Pers tentang Ijazah Palsu

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 17 Mei 2010
The Frontiers of Science dan Penutupan Wallacea Young Scientists Meeting 2010
Print PDF Facebook Twitter Email

Ilmuwan muda merupakan harapan dan tumpuan masa depan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas merupakan tempat berkumpulnya para calon ilmuwan muda yang tengah menimba ilmu di berbagai disiplin ilmu. Selain itu, universitas juga merupakan tempat penelitian yang banyak melibatkan para ilmuwan muda. Oleh karena itu, AIPI dan LIPI serta Wallacea Foundation memilih Universitas Khairun (Unkhair), Ternate sebagai tempat dideklarasikannya The Frontiers of Science sekaligus penutupan kegiatan Wallacea Young Scientists Meeting. Acara berlangsung pada Sabtu, 15 Mei 2010 di Kampus Unkhair, Gambesi, Kota Ternate.

Pada sambutannya, Rektor Unkhair, Gufran Ali Ibrahim menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Unkhair sebagai tempat pendeklarasian The Frontiers of Science. Unkhair yang berubah status menjadi universitas negeri sejak 2004 ini memiliki visi yang sangat mendukung kemajuan iptek. Visi yang termuat dalam Renstra Unkhair 2010-2014 adalah “Maju dalam Pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis kepulauan dan kemajemukan untuk kesejahteraan dan kemanusiaan”, ungkap Gufran Ali.

Utusan Khusus Iptek AS, Bruce Albert, berkesempatan menyampaikan kuliah umumnya yang berjudul “Science for Society”. Disampaikan, bahwa seorang ilmuwan harus mencari sebuah misteri dari objek penelitiannya. “Dalam melakukan penelitian seorang ilmuwan harus terbuka terhadap hal baru yang sehingga jika nanti hipotesis atau teorinya terbantahkan sang ilmuwan tidak berhenti melakukan penelitiannya. Ilmuwan diharapkan dapat melakukan penelitian yang  menghasilkan walaupun hanya sedikit”, ujar Bruce.

Pada gilirannya, Deputi Menristek Bidang Pengembangan Sistem Iptek Nasional, Amin Soebandrio menyampaikan,  bahwa  kita harus menyambut baik datangnya Bruce Albert ke Indonesia, khususnya Ternate. “Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah AS – Indonesia sangat memperhatikan kemajuan Iptek Ini merupakan salah satu bentuk kemitraan strategik yang sedang dibangun antara kedua negara”, ujar Amin

Lebih lanjut, perjanjian S&T Indonesia-Amerika yang telah ditandatangani oleh Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata dan Dubes AS untuk Indonesia, Cameron Hume, bulan Maret 2010 lalu, sangat unik dan special, karena sejak ditandatangani sampai dilaksanakannya kegiatan, termasuk Young Scientists Meeting di Ternate ini, berlangsung hanya dalam 2 bulan.

Selain itu, keinginan untuk berdialog langsung antara Utusan Khusus Amerika Serikat dengan para peneliti muda, termasuk para mahasiswa Unkhair, juga merupakan kesempatan yang langka. Menurut Amin, ini akan sangat mendorong para peneliti untuk berani berbicara di forum internasional dan menunjukkan kinerjanya dalam menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat serta meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Lanjut Amin,”Terkait dengan kerjasama iptek AS-Indonesia, Kementerian Riset dan Teknologi sebagai instansi pemerintah yang mengatur kebijakan iptek, menawarkan berbagai kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh para peneliti Indonesia dalam menindak lanjuti kerja sama ini adalah antara lain melalui program insentif penelitian internasional, pengembangan SDM Iptek, BTC atau BIC, dan sebagainya”.

Amin Soebandrio mengingatkan bahwa sebuah pertemuan tidak akan bermakna besar jika tidak ditindaklanjuti oleh hal-hal konkrit. Oleh karena itu, Amin menyambut baik dideklarasikannya Young Scientist Frontiers dan Deklarasi Ternate II oleh para ilmuwan peserta Wallace Young Scientist Meeting.

Pada acara ini dibacakan deklarasi Indonesia Young Scientist Frontiers dan Deklarasi Ternate II yang dibacakan  oleh  wakil peserta Yanri  Wijayanti Subronto dari   Universitas Gadjah Mada. Hal ini menjadi tanda awal dimulainya kerjasama iptek Indonesia – AS yang lebih nyata.

Secara resmi rangkaian kegiatan Young Scientist Meeting di Ternate ditutup oleh Kepala LIPI, Umar A. Jenie. Turut hadir dalam acara ini, Ketua AIPI, Sangkot Marzuki beserta para Anggota AIPI, para Deputi Kepala LIPI, Umar A. Jenie, Dubes Amerika untuk Indonesia, Cameron Hume, Deputi Menristek bidang Sipteknas  Amin Soebandrio, beserta jajarannya,  peserta Wallacea Young Scientist Meeting didampingi pejabat Pemkot Ternate, Rektor, para Pejabat serta Staf Pengajar dan Administrasi Unkhair, serta lebih dari 100 mahasiswa Unkhair lainnya (aipi/mha/humasristek).



Rabu 27 Mei 2015
Diskusi "Outlook Pendidikan Tinggi di Indonesia 2016"
Selasa 26 Mei 2015
Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan 2015
Rabu 20 Mei 2015
Identifikasi Kebijakan Peningkatan Investasi Litbang
Rabu 20 Mei 2015
Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107
Selasa 19 Mei 2015
Kemenristekdikti Sepakati Kerja Sama Peningkatan Produksi Sapi Unggul dengan Pemprov Jawa Barat
Jumat 15 Mei 2015
Lulusan Politeknik Harus Kompeten dan Siap Kerja
Jumat 15 Mei 2015
Pemanfaatan Iptek untuk Pertanian dan Peternakan
Sabtu 09 Mei 2015
Presentasi Publik Hasil Pemantauan Teluk Buyat Tahun 2014
Jumat 08 Mei 2015
Roadshow Panitia Hakteknas ke-20 di PT PAL dan ITS
Kamis 07 Mei 2015
Kegiatan Supervisi Pusat Unggulan Iptek
[ Berita lainnya ]