Ristek Headline |
Rabu 03 September 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 31 Maret 2010
KRT dan BMBF Dukung Penguatan Sistem Inovasi
Print PDF Facebook Twitter Email

Pelatihan Sistem Inovasi Nasional (SINAS) dan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) merupakan kegiatan yang penting dalam membantu proses penguatan sistem inovasi di Indonesia. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada para peserta untuk dapat memonitor, mengevaluasi dan memoderatori penguatan sistem inovasi nasional dan sistem inovasi daerah. Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek, Idwan Suhardi saat membuka pelatihan tersebut di Jakarta, 30 Maret 2010.

Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan BMBF Jerman dan dilaksanakan dari tanggal 30 Maret sampai dengan 1 April 2010 di Jakarta. Peserta pelatihan berjumlah 41 orang, antara lain  berasal dari beberapa KRT dan Kementerian lainnya, LPNK Ristek, BI, KUMK, DRN, Pemda dan DRD

Dalam training ini pihak Jerman memberikan bantuan tenaga ahli sebagai trainer, sementara  para ahli sistem inovasi dari Indonesia juga akan dilibatkan sebagai co-trainer. Menurut Santosa Yudo, pelatihan ini bertujuan untuk: Membentuk kesepahaman pola pikir (mindset) mengenai SINAS dan SIDA; Membangun SINAS dan SIDA untuk peningkatan daya saing nasional; Menyusun master plan SINAS dan SIDA; dan Meningkatkan kemampuan dari para manajer inovasi, khususnya di lembaga-lembaga intermediasi, untuk menunjang tumbuh berkembangnya inovasi.

Sasaran yang akan dicapai adalah untuk: Kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program bersama dalam menyusun regulasi dan insentif yang terkait R & D, pembentukan institusi serta jaringan kerja lintas kementerian; Kemampuan dan keterampilan membuat Master Plan SINAS dan SIDA; Kemampuan dan keterampilan profesionalitas Manager Inovasi sebagai motivator untuk tumbuh kembangnya inovasi; Terbentuknya Steering Committee (SC) untuk SINAS sebagai sarana koordinasi dan komunikasi. Secara ideal, Steering Committee SINAS diketuai oleh Presiden RI dan SINAS Indonesia dipetakan melalui kolaborasi lintas kementerian kunci dan lembaga pemerintah setingkat kementerian dalam mendorong R&D dan inovasi di industri.

Menurut Prakoso, Kepala Bidang Urusan Difusi dan Diseminasi Iptek, selama pelatihan para peserta kan mendapatkan 3 modul pelatihan yaitu: Modul 1: Main Elements and Success Factors of a National Innovation System,  untuk  meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para pejabat publik dalam mengevaluasi, merencanakan, dan mengimplementasikan Sistem Inovasi Nasional; Modul 2: Regional Innovation Potential Analysis (RIPA) as Basis for Tailor-made R&D Policy, untuk Penguatan Sistem Inovasi Daerah; dan Modul 3: Training Approach for Innovation Managers untuk meningkatkan profesionalitas para intermediator dan difokuskan dalam konteks usaha kecil-menengah.

Lebih lanjut Prakoso mengatakan bahwa setelah pelatihan ini, para peserta akan kembali ke instansinya masing-masing untuk mengimplentasi Sistem Inovasi Nasional dan Sistem Inovasi Daerah dan menurut rencana pada bulan Oktober 2010, para peserta pelatihan akan melakukan pertemuan kembali untuk mengevaluasi hasil di masing-masing instansi. (humasristek/ss/mhA)



Kamis 25 September 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Senin 25 Agustus 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Jumat 22 Agustus 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Kamis 21 Agustus 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Rabu 20 Agustus 2014
Open Source Software Flagship Meeting: Pemanfaatan dan Pengembangan Open GIS
Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
[ Berita lainnya ]