Ristek Headline |
Wednesday, April 23, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Saturday, February 6, 2010
Keindahan Ilmu Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Print PDF Facebook Twitter Email

Menaechmus berkata kepada Alexander  :
“Wahai raja, sepanjang negeri ini ada jalan untuk raja dan jalan untuk warga negara biasa, tetapi pada Geometri terdapat satu jalan untuk semuanya”.

Pembukaan Seminar Nasional Matematika 2010 yang diselenggarakan oleh Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia bekerjasama dengan forum MIPAnet (Jaringan Nasional Kerjasama Pendidikan Tinggi Bidang MIPA), merupakan kegiatan yang tahunan yang telah berjalan selama 15 tahun. Kegiatan ini pada awalnya merupakan Seminar Matematika Bersama UI-UNPAD, dalam rangka peningkatan akan kecintaan terhadal pengetahuan tentang Ilmu Matematika.

Matematika memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, baik untuk menjawab permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, maupun untuk pengembangan Iptek serta pemanfaatannya pada aplikasi di bidang indutri. Sebagai alat yang dapat membantu untuk memecahkan berbagai masalah kehidupan manusia, Matematika juga merupakan bahasa universal yang dapat manyatukan produk yang mampu membagikan,  mengungkapkan keindahan itu terutama pada kalang generi muda serta pelajar dan memahami sebuah Matematika, Sabtu 06 Januari 2010 FMIPA UI di Depok.

Seperti yang disampaikan oleh Dirut Jiwasraya, Hendrisman Rahim mengatakan Matematika sebagai disipilin ilmu, tentunya memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari  bagi kebanyakan manusia. Selanjutnya Matematika sering dianggap abstrak dan tidak terlihat secara langsung manfaatnya. Hal ini mungkin saja terjadi karena pemahaman yang masih terbatas atau manusia lebih mengenal sebagai manfaat karya ilmu terapan lain yang sebenarnya menbungkus Matematika di ilmu tersebut di dalamnya.

Dengan Matematika harus mampu memberikan jawaban atas permasalahan, maka ilmu matematika harus dapat diangkat dengan tidak bemberikan kesan menakutkan dan sulit. Dengan Seminar ini diharapkan bagaimana keindahan pembelajaran Matematika ini mampu memberikan kontribusi, dan bisa dinikmati mahasiswa dan pelajar. Disini peran para peneliti, akedemisi dalam membangun pendidikan dalam segala bidang, juga pada kader-kader kedepan  dan memberikan kesederhanaan dan keindahan yang sangat penting didalam pelajaran Matematika.

Wakil Rektor UI, Sunardji mewakili Rektor UI mengatakan harapan agar kiranya hasil dari seminar ini dapat terumuskannya strategi kerjasama riset antar Universitas, terjalinanya riset, peneliti dan stakeholders MIPA khususnya bidang matematika. Selain itu  juga diperolehnya informasi mengenai perkembangan penelitian terbaru di bidang sains di Indonsesia, terbentuknya interaksi dan komunikasi yang intentif antar peneliti sains secara nyata di Indonesia.

Seminar ini kedepan harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa, permasalahan pengguna, dengan memperhatikan tiga koponen tentang pengguna : Pemerintah, Industri, dan Masyarakat juga masyarakat arsitek, masyarakat komunitas Matematika  ujar Menristek, Suharna Surapranata didalam pengarahannya.

Selanjutnya Suharna Surapranata mengatakan menjadi bangsa yang mengusai Iptek harus bisa menempatkan inovasi sebagai urat nadi kehidupan  bangsa. Jadi bisa menjadi manusia berinovasi pada rumah-rumah kreativitas innovation. Diharapkan bentuk sinergi antara tiga komponen ini dari Universitas, Kalangan Intelektual, Kalangan Litbang dapat  melakukan pendekatan kepada Pegusaha untuk membantu mengembangakan ilmu Matematika ini didalam perusahaannya.

Selain itu Harapan Menristek Sinergi tersebut bisa menyelaraskan guna untuk mendayagunakan, juga merumuskan peran sentral ilmu Matematika dimasa depan.(humasristek/MF).



Tuesday, April 22, 2014
PP-IPTEK Rayakan Ke-23 Tahun Eksistensinya Dalam Pembudayaan Iptek
Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK
Tuesday, April 22, 2014
Sosialisasi Kode Etik Penelitian di Universitas Jember
Tuesday, April 22, 2014
Free Access Jurnal Ilmiah Internasional bagi LPNK-RISTEK
Monday, April 21, 2014
Peningkatan Kapasitas SDM Iptek Melalui Program Jenesys 2.0
Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
[ Berita lainnya ]