Ristek Headline |
Kamis 23 Oktober 2014
 
 

IQE

Seleksi Calon Kepala LIPI
CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Kamis 16 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 18 Januari 2010
Dukungan Energi untuk Pemkab OKUT, Rote Ndao, TTU dan Lebak
Print PDF Facebook Twitter Email

Khusus di Bidang Energi, Kebijakan Kementerian Riset dan Teknologi memfokuskan programnya dalam perumusan kebijakan pengembangan, penerapan dan pendayagunaan Energi Baru Terbarukan, seperti penelitian dan pengembangan Tenaga Panas bumi, Tenaga surya, Fuel Cell, dan bahan bakar nabatii; bahan bakar hidrogen, serta teknologi efisiensi energi sesuai dengan amanah yang tertuang dalam U.U Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi dan Perpres Nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Dala rangka pelaksanaan Program 100 hari dibidang energi dan bertepatan dengan rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata melakukan serah terima aset kepada 4 Pemerintah Kabupaten yaitu Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Lebak, serta kepada kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Acara serah terima ini dilaksanakan pada 17 Januari 2010 di Lapangan KONI, Martapura, OKUT dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, Bupati OKU Timur Herman Deru, Bupati Rote Ndao, Lens Haning dan Bupati Timor Tengah Utara, Gabriel Manek.

Bupati OKUT dalam sambutannya mengatakan “Sinergi antara program pembangunan pusat dan daerah dirasakan mutlak kita perlukan dalam rangka menciptakan sistem pembangunan terpadu dan terarah yang menyentuh ke setiap lapisan masyarakat, Kab OKU Timur telah menindaklanjuti dengan melakukan kerja sama pembangunan dengan Kementerian Negara Riset dan Teknologi yaitu melalui pembangunan energi alternatif berupa pembangunan pabrik biodiesel”.

Lebih Lanjut, Bupati OKU Timur mengharapkan agar pabrik ini akan dapat membantu mengatasi ketergantungan masyararakat terhadap migas. Hal ini dikarenakan persediaan Minyak Bumi semakin menipis dan perbedaan antara produksi dan kebutuhan semakin jauh tertinggal.

Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata pada kesempatan ini mengatakan, kegiatan ini merupakan program pengembangan kebijakan  penerapan dan pendayagunaan Energi Baru Terbarukan, seperti penelitian dan pengembangan Tenaga Panas bumi, Tenaga surya, Fuel Cell, dan bahan bakar nabatii; bahan bakar hidrogen, serta teknologi efisiensi energi yang telah dikuasai anak bangsa. Lebih lanjut ujar Menristek mengatakan Kementerian Negara Riset dan Teknologi akan senantiasa siap membantu Pemerintah daerah seluruh Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan di bidang Riset dan Teknologi.

Asisten Deputi Urusan Perkembangan Rekayasa, Agus R Hoetman pada kesempatan itu mengatakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur telah dibangun instalasi pabrik pengolah biji jarak dan biodiesel yang berbahan baku minyak jarak (crude jatropa oil) dan CPO (crude palm oil) kapasitas 6 ton per hari, serta di Kabupaten Lebak dibangun instalasi Pabrik Bietanol dengan kapasitas 1000 liter per hari. Pengembangan dan pembangunan instalasi   pabrik dilakukan   dengan mempertimbangkan     sumber alam dan energi yang ada.

Lebih lanjut Agus R Hoetman mengatakan guna mendukung dan mewujudkan program desa mandiri energi pada program 100 hari, Kementerian Riset dan Teknologi beserta LPND Ristek telah mengembangkan dan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid-PLTH (Surya-Bayu-Diesel) dengan memanfaatkan sumber potensi energi panas matahari dan angin yang dikombinasikan dengan pembangkit diesel yang dapat menggunakan bahan bakar minyak jarak/kosambi. Bahan bakar minyak jarak/kosambi dihasilkan melalui pengolahan dengan instalasi pabrik pengolah yang dibangun disekitar pembangkit PLTH tersebut telah dikembangkan dan dibangun di Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Seluruh hasil pengembangan dan kemampuan teknologi dalam pembangunan instalasi pabrik dan pembangkit listrik merupakan hasil karya peneliti Indonesia dibidang energi yang disinergikan dengan industri manufaktur nasional. Hal tersebut juga merupakan bentuk sinergi Kemitraan antara Pemerintah Pusat (Kementerian Riset dan Teknologi) dengan Pemerintah Kabupaten. Seluruh instalasi pabrik bahan bakar nabati (BBN) dan pembangkit listrik yang telah dibangun merupakan 'stimulan' bagi Pemerintah Kabupaten untuk terus membangun wiiayahnya guna tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Kemampuan yang sudah dicapai oleh para peneliti anak bangsa juga harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat agar pemanfaatannya betul-betul untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Dengan Pembangunan pabrik ini selanjutnya pemerintah daerah diharapkan mendukung didalam penyediaan bahan baku dari pabrik seperti biji jarak dan CPO serta kemampuan untuk operasioanalnya. (humasristek/ss)



Senin 20 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia
Kamis 16 Oktober 2014
Rapat Kerja PP-IPTEK 2014: Peran Strategis PP-IPTEK Dalam Mewujudkan SDM Iptek yang Berdaya Saing
Kamis 16 Oktober 2014
RISET-PRO Targetkan Cetak Doktor Handal
Kamis 16 Oktober 2014
Workshop Inkubasi Bisnis Teknologi
Rabu 15 Oktober 2014
Peluncuran Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019
Selasa 14 Oktober 2014
Kotabaru Dicanangkan sebagai Kawasan PKN
Senin 13 Oktober 2014
Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengembangan Sel Punca dan Jaringan
Senin 13 Oktober 2014
PP-IPTEK Adakan Kontes Robot 2014
Senin 13 Oktober 2014
Soft Launching SIDa di Kabupaten Karanganyar
Jumat 10 Oktober 2014
Menristek Hadiri Rapat Pembina Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU)
[ Berita lainnya ]