Ristek Headline |
Senin 04 Mei 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

Panggilan CPNS 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 22 April 2015
Menristekdikti Menghadiri KAA 2015

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 08 Januari 2010
Iptek dalam Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan
Print PDF Facebook Twitter Email

Peran perempuan didalam kehidupan masyarakat sangat penting, karena dari seorang perempuan, lahir generasi penerus. Banyak kalangan menilai perempuan mesti mendapatkan peran lebih besar dalam kehidupan masyarakat. Di sisi lain, ada kalangan yang memandang perempuan mestinya hanya berperan dalam ranah domestik atau kehidupan rumah tangga saja.

“Untuk lebih meyakinkan bahwa perempuan juga memiliki potensi yang akan berguna pada pembangunan masyarakatnya, mestinya tak ada diskriminasi terhadap perempuan. Bahkan di dalam Alqur'an juga dinyatakan bahwa tak ada pembedaan antara perempuan dan laki-laki. Penilaian yang berbeda didasarkan pada tingkat keimanannya,’’ ujar Maliki di sela-sela acara Seminar Internasional Cendekiawan Muslim ke-2 di Jakarta, yang lalu.

“Kita semua berperan serta dalam mewujudkan berbagai  kebijakan menuju kesejahteraan masyarakat” tegas Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Suharna Surapranata. dalam arahannya pada seminar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan tema: “Peranan Iptek dalam Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan", bertempat di Ruang Komisi Utama Lt 3 Gd 2 BPPT, J. M.H.Thamrin No.8 Jakarta Pusat.

Partisipasi perempuan dalam pembangunan bangsa dari tahun ke tahun semakin ditingkatkan. Banyak keterlibatan perempuan dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan pembangunan. Dalam kabinet Indonesia Bersatu II. Di dalam Islam kita mengenal pepatah ibu adalah sekolah bagi anaknya, sehingga ibu yang cerdas akan mampu membentuk generasi yang cerdas pula. Generasi yang cerdas pada akhirnya akan melahirkan bangsa yang cerdas. Peningkatan kecerdasan dapat diperoleh melalui ilmu pengetahuan dan dukungan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

Penyelenggara acara seminar ini adalah Majelis MAAI yang merupakan organisasi  ilmuwan muslimah Internasional yang berfungsi sebagai wadah pertemuan ilmuwan muslimah dari berbagai macam bidang. MAAI didirikan pada tahun 1997 dalam kongres pertama Perserikatan Wanita-wanita Islam Internasional (IMWU) di Khartoum.

Visi dari MAAI adalah Muslimah tauladan dalam iman, ilmu pengetahuan, taqwa serta akhlaq dalam menciptakan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia. Sedangkan misi MAAI menghimpun ilmuan muslimah di seluruh dunia, untuk memperbaiki dan meningkatkan peran intelektual mereka dalam studi, riset, penyebaran dan penerapan ilmu mereka untuk turut menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat, negara, dan dunia.

Hadir sebagai  pembicara, Kepala Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi-BATAN, Zaenal Abidin serta Ilmuwan Muslimah BPPT selaku Ketua Divisi dalam Himpunan Polimer Indonesia, Eniya Listiani Dewi, dengan moderator, Rika Andriati, Kepala Bidang Kendali Roket, LAPAN serta para  anggota MAAI yang terdiri dari para ilmuwan muslimah dengan latar belakang bidang pendidikan yang beragam serta  undangan terkain lainnya.

Pada pembahasan yang dibawakan oleh Zaenal abidin menyampaikan paparan  mengenai “Nuklir dan kesejahteraan. Nuklir” sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang  menjadi topik pembahasan yang cukup banyak dibicarakan atau bahkan ditentang karena dipersepsikan sebagai bidang teknologi yang membahayakan. Sebenarnya pemanfaatan nuklir dapat menjangkau ke bidang yang luas untuk kesejahteraan manusia.

Diantaranya dalam bidang kesehatan: dapat digunakan untuk diagnose dan terapi kanker bahkan ada Ilmu Kedokteran Nuklir yang merupakan cabang ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka untuk mempelajari perubahan fisiologi, anatomi dan biokimia, sehingga dapat digunakan untuk tujuan diagnostik, terapi dan penelitian kedokteran. Dalam bidang pertanian diantaranya didapatkan padi variatas unggul.

Dalam bidang hidrologi (teknik perunut radioisotop) telah dapat memecahkan berbagai masalah, yaitu: Penentuan gerakan sedimen di pelabuhan dan daerah pantai, dapat melacak zat pencemar, menentukan kebocoran dam/bendungan, menentukan arah gerakan air tanah, mengetahui hubungan antar sumur-surnur minyak, menentukan debit air sungai, untuk studi geothermal dan teknik gauging dan sebagainya.

Pembahas selanjutnya, Eniya Listiani berkesempatan menyampaikan materinya dengan tema “Plastik, Antara Manfaat dan Mudharat”. Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, rnenjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005.

Saat ini penggunaan plastik yang berlebihan telah menimbulkan permasalahan lingkungan karena plastik merupakan bahan yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Dan penggunaan plastik yang tidak pada tempatnya menimbulkan masalah kesehatan, Oleh. karena itu perkembangan. teknologi polimer atau plastik belakaugan ini diarahkan ke plastik ramah Lingkungan dan biodegradable.

Seminar ditutup dengan “harapan dapat meningkatkan wawasan perempuan khususnya ilmuwan muslimah tentang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pemanfaatan nuklir untuk kesejahteraan dan pemanfaatan plastik. antara manfaat dan mudharatnya”.ujar Irid Agoes.(humasristek)



Selasa 28 April 2015
Peragaan Iptek Keliling (PIK) Tanjung Jabung Timur
Senin 27 April 2015
Diskusi Hilirisasi Hasil Litbang Iptek di Batam
Rabu 22 April 2015
Menristekdikti Hadiri Peringatan KAA ke-60
Kamis 16 April 2015
Kemenristekdikti Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo ke-4
Kamis 16 April 2015
Plagiat di Dunia Pendidikan Tinggi Perlu Diberantas
Kamis 16 April 2015
Panen Kedelai Kemenristekdikti bersama Polres dan Pemkot Banjarbaru
Selasa 14 April 2015
Tantangan Para Rektor untuk Tingkatkan Publikasi dan Riset
Senin 13 April 2015
Presiden RI Hadiri NIF 2015
Minggu 12 April 2015
Menristekdikti Jalan Sehat bersama BSN
Rabu 08 April 2015
DWP Kemenristekdikti Selenggarakan Seminar Kanker Serviks
[ Berita lainnya ]