Ristek Headline |
Sabtu 30 Mei 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1

surat
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 26 Mei 2015
Konferensi Pers tentang Ijazah Palsu

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 04 Desember 2009
Pelatihan Software Radio Frekuensi (RF) Planning pada WiMAX
Print PDF Facebook Twitter Email

Untuk mengoptimalkan jaringan WiMAX  dapat dilakukan melalui berbagai cara termasuk di dalamnya perencanaan Radio Frekuensi (RF Planning). Pengaturan CPE (Subscriber Station) dan Base Station (BS) yang terencana dapat melalui bantuan perangkat lunak (software). Dengan menggunakan software ini fungsi jaringan WiMAX khususnya RF Planning bisa dirancang dan dianalisa pemakaiannya pada kawasan Puspiptek Serpong, demikian diungkapkan Jeni Ruslan dalam sambutannya ketika membuka pelatihan RF Planning Tools di Gedung TMC Puspiptek Serpong.

 

Software yang digunakan untuk pelatihan ini adalah  Mentum Planet 5.0 yang merupakan perangkat lunak terbaru dari Mentum pada plattform WiMAX dengan fitur-fitur andalannya seperti membuat  perencanaan penempatan  jaringan WiMAX di sebuah kota dan melihat efektifitas serta efisiensinya. Pelatihan ini lansung diberikan oleh Mark Delongs, Direktur Mentum Wilayah Asia Pasifik.

 

Hari pertama pelatihan, peserta diperkenalkan dengan user interface dan juga penggunaan fitur-fitur utama di pada Software RF Planning. Diawali dengan  instalasi, proyek baru, kostumisasi, konfigurasi serta menampilkan desain. Lalu para peserta diajak untuk melihat bagaimana hasil analisa dari desain yang telah dibuat. Pada hari pertama ini para peserta yang membawa notebook diberikan kesempatan untuk menginstal Software RF Planning secara gratis untuk digunakan selama 2 (dua) minggu.

 

Pada hari kedua, peserta diajarkan fitur-fitur yang lebih advance, seperti bagaimana mengatasi masalah gangguan yang diakibatkan konflik-konflik pemancar RF. Lalu peserta diberikan latihan untuk membuat desain sendiri dengan supervisi dari pelatih.

 

Perangkat Lunak RF Planning memungkinkan keakuratan desain karena kemampuannya untuk melakukan kostumisasi terhadap berbagai faktor, seperti misalnya jaringan, keadaan lingkungan dan jenis antena. Keefektifitasan Perangkat lunak RF Planning ini sudah teruji dengan digunakannya perangkat lunak ini oleh berbagai operator telekomunikasi di 90 negara. Sedangkan di  Indonesia telah digunakan oleh beberapa operator telekomunikasi seperti Telkom,Telkomsel dan Smart. Software ini mendukung WiMAX  pada 802.16d (fixed) maupun 802.16e (mobile) dan terintegrasi dengan Geografi Informasi System (GIS) dan Google Earth

 

Diharapkan pelatihan ini dapat membantu optimalisasi penggunaan perangkat WiMAX yang sudah terpasang di Puspiptek dan juga untuk memudahkan perencanaan WiMAX di masa yang akan datang. Pelatihan berlansung dari tanggal 2-3 Desember 2009, diikuti oleh 15 peserta dari Pusat Telekomunikasi dan Informatika BPPT, Puspiptek, IDWIBB, Telkom dan Kementerian Riset dan Teknologi . (datin)



Rabu 27 Mei 2015
Diskusi "Outlook Pendidikan Tinggi di Indonesia 2016"
Selasa 26 Mei 2015
Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan 2015
Rabu 20 Mei 2015
Identifikasi Kebijakan Peningkatan Investasi Litbang
Rabu 20 Mei 2015
Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107
Selasa 19 Mei 2015
Kemenristekdikti Sepakati Kerja Sama Peningkatan Produksi Sapi Unggul dengan Pemprov Jawa Barat
Jumat 15 Mei 2015
Lulusan Politeknik Harus Kompeten dan Siap Kerja
Jumat 15 Mei 2015
Pemanfaatan Iptek untuk Pertanian dan Peternakan
Sabtu 09 Mei 2015
Presentasi Publik Hasil Pemantauan Teluk Buyat Tahun 2014
Jumat 08 Mei 2015
Roadshow Panitia Hakteknas ke-20 di PT PAL dan ITS
Kamis 07 Mei 2015
Kegiatan Supervisi Pusat Unggulan Iptek
[ Berita lainnya ]